MovieMovie List

5 Film Horor Hit Yang Diproduksi Dengan Budget Sangat Rendah

Ternyata 5 film horor hit nan legendaris ini diproduksi dengan jumlah budget yang sangat rendah loh!

Walau genre film horor tidak semegah seperti genre action atau superhero, namun bukan berarti budget produksi atau pembuatannya lebih sedikit. Justru banyak film horor (apalagi yang nge-hit), memiliki budget pembuatan yang sangat mahal.

Tapi di saat yang sama, banyak juga film horor hit, yang justru diproduksi dengan budget yang sangat rendah alias gak sampai berpuluh-puluh juta atau bahkan bermiliyar-miliyar.

Dan berikut adalah 5 diantara sekian banyak film horor hit yang memiliki budget / biaya pembuatan sangat rendah tersebut.

5. Halloween (1978, $325.000)

2c928d31f52658c5 1200x675 1
Halloween | WhatCulture

Bukan hanya hit, film horor yang mempopulerkan pembunuh bertopeng, Michael Myers ini, juga sukses menjadi film horor yang paling ikonik. Bahkan bisa dikatakan, cetak biru bagi genre slasher horror moderen.

Dan siapa sangka pencapaian gokil yang diraih oleh film ini, hanya membutuhkan budget sebesar $325.000 saja? Yap kamu gak salah baca. Dan jangan keliru guys. Bahkan di dekade 70an, budget sebesar itu masih dianggap budget pembuatan film yang sangat rendah.

4. The Texas Chainsaw Massacre (1974, $300.000)

Hooperobit2 Videosixteenbyninejumbo1600
The Texas Chainsaw Massacre | The New York Times

Pelopor slasher horror sebelum disempurnakan oleh Halloween. Dan seperti rekannya tersebut, nyatanya The Texas Chainsaw Massacre, hanya menghabiskan dana yang gak perlu mahal-mahal.

Cukup $300.000, dan film ini sudah sukses menjadi pelpor slasher horror sekaligus, menciptakan karakter horor ikonik sepanjang masa, Leatherface.

3. Open Water (2003, $130.000)

film horor budget rendah
Jaws | Roger Ebert

Mungkin masih banyak dari kita yang gak pernah dengar film ini. Open Water pada esensinya, sama seperti film horor legendaris, Jaws (1975). Alias, mengisahkan teror ikan hiu.

Namun gak seperti Jaws yang menghabiskan dana pembuatan sampai $9 juta, Open Water memiliki budget produksi yang sangat rendah.Yaitu hanya $130.000. Tapi walau sangat rendah biaya produksinya, terbukti kalau Open Water gak kalah keren dan asyiknya dari Jaws.

Banyak audiens dan kritikus yang memberikan komen super positif terhadap film ini. Wah jadi penasaran nih. Nonton ah!

2. Night of the Living Dead (1968, $114.000)

film horor budget rendah
Night of the Living Dead | The Criterion Collection

Film-film atau seri-seri bertemakan horor zombie sekarang, tak memungkiri, menghabiskan budget berjuta-juta bahkan bermiliyar-miliyar.

Tapi tidak demikian dengan salah satu pionir genre karya sineas legendaris, George A. Romero ini. George hanya membutuhkan budget sebesar $114.000 untuk memproduksi film zombie ikonik ini.

Dan gokilnya, hanya dengan modal segitu serta efek spesial dan make-up seadanya, Romero sukses membuat Night of the Living Dead, cetak biru dari genre film atau seri zombie-nya.

1. The Blair Witch Project (1999, $60.000)

film horor budget rendah
The Blair Witch Project | Consequence of Sound

Yap kamu gak salah baca. ENAM PULUH RIBU. Itulah total budget yang dihabiskan oleh penyempurna genre horor “found-footage” ini.

Namun gokilnya, budget yang sangat rendah binti murah meriah tersebut, sukses membuat The Blair Witch Project, film horor “found-footage” terbaik sepanjang masa. Tanpa film ini, Paranormal Activity dan film-film sejenis, mistahil bisa populer kala itu.

Itulah tadi 5 film horor hit yang memiliki total budget produksi yang sangat rendah nan murah meriah. Bagaimana nih pendapatmu dengan kelima fakta finansialnya ini?

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.