MovieMovie List

10 Film Horor Psikologis Terbaik, Tinggalkan Kesan Tiada Akhir!

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film horor psikologis terbaik yang tak hanya menyeramkan, tapi juga meninggalkan kesan psikologis.

Bagi yang ingin mendalami genre horor psikologis, ini dia 10 rekomendasi film horor psikologis terbaik yang pasti akan menggugah keingintahuanmu. Bersiaplah untuk menantang batas keberanian dan kemampuan berpikirmu dengan daftar film ini.

Menyaksikan film horor psikologis ibarat berenang di lautan misteri yang luas. Genre ini membawa penonton untuk memikirkan dan menjelajahi sisi-sisi gelap psikologi manusia, seringkali memberikan dampak yang kuat dan pertanyaan yang bertahan lama setelah cerita selesai.

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik

10. The Lighthouse – 2019

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Image: IMDb/Lighthouse

The Lighthouse menceritakan kisah dua orang yang menjaga mercusuar di Maine selama abad ke-19 dan terjebak dalam insanity.

Dengan penggunaan sinematografi hitam putih yang estetis, Willem Dafoe dan Robert Pattinson, sebagai dua karakter utama, menghadirkan akting yang luar biasa dan menawan.

Film ini berhasil menggabungkan unsur horor psikologis dengan brilian, menyajikan sebuah pengalaman yang akan selalu penonton ingat.

9. The Devil’s Backbone – 2001

The-devils-backbone
Image: IMDb/The Devil’s Backbone

Rekomendasi film horor psikologi terbaik selanjutnya ialah The Devil’s Backbone. Film garapan sutradarai Guillermo del Toro ini berlangsung di sebuah panti asuhan yang terletak jauh dari keramaian, di masa akhir Perang Sipil Spanyol.

Tempat ini menjadi rumah bagi anak-anak yang berasal dari keluarga berideologi kiri, yang menanti berakhirnya konflik sambil berurusan dengan penampakan hantu dan terungkapnya misteri yang menyeramkan.

Dengan suasana yang suram dan penggambaran politik yang tajam, film ini berhasil menciptakan narasi yang mendalam dan menyentuh.

8. Perfect Blue – 1997

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Image: Prime Video/Perfect Blue

Selanjutnya kita beralih ke animasi Jepang. Satoshi Kon, seorang sutradara terkenal di dunia animasi Jepang, merupakan otak di balik pembuatan Perfect Blue.

Film ini menceritakan kisah seorang artis pop yang memutuskan untuk merambah ke industri akting dan berakhir menghadapi gangguan psikis yang mendalam.

Berkat animasinya yang memukau dan cerita yang kompleks, Perfect Blue juga telah menjadi sebuah karya penting bagi pecinta genre animasi dengan elemen horor psikologis.

7. Men – 2022

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Men

Rekomendasi film horor psikologis terbaik selanjutnya adalah Men yang rilis tahun 2022. Jika kamu tertarik dengan film-film horor psikologis bertema surealisme, kamu harus menonton Men.

Film garapan sutradara Alex Garland ini berkisah tentang pengalaman Harper (Jessie Buckley) yang menghadapi trauma dan kesedihan.

Berlatar di pedesaan Inggris yang terlihat tenang, Harper berada dalam keadaan yang aneh dan menyeramkan di mana dia bertemu dengan karakter-karakter pria—semuanya diperankan oleh Rory Kinnear—yang secara misterius juga membahayakan nyawanya.

6. Jacob’s Ladder – 1990

Warriors Of Virtue
Image: Carolco Pictures

Jacob’s Ladder menceritakan kisah tentang seorang veteran Amerika, Jacob Singer (Tim Robbins), yang menghadapi serangkaian pengalaman misterius dan halusinasi yang berkaitan dengan masa dinasnya di Vietnam.

Kejadian-kejadian ini terus mengganggu dia saat mencoba untuk menemukan kebenaran di baliknya. Film ini, meskipun tidak terlalu sukses ketika pertama kali tayang, telah menarik sebuah kelompok penggemar yang setia dan menjadi inspirasi untuk berbagai karya lain, termasuk seri video game Silent Hill.

5. Possessor – 2020

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Image: IMDb

Rekomendasi film horor psikologis terbaik selanjutnya adalah Prosessor. Terinspirasi oleh karya-karya awal ayahnya, David Cronenberg, Brandon Cronenberg menciptakan sebuah film yang sangat mengejutkan, yaitu Possessor.

Cerita film ini berpusat pada karakter Tasya Vos (Andrea Riseborough), seorang assassin yang memanfaatkan teknologi untuk menguasai pikiran dan tubuh orang lain demi menyelesaikan misinya.

Dengan sebuah kejutan di akhir cerita, Possessor menyajikan sebuah pengalaman yang menantang dan memicu pemikiran.

4. Mother! – 2017

Mother
Image: IMDb/Mother!

Mother!, sebuah karya dari Darren Aronofsky, merupakan perpaduan menawan antara elemen-elemen horor psikologis, komedi gelap, dan nuansa spiritual.

Cerita film berfokus pada kehidupan pasangan suami istri (Jennifer Lawrence dan Javier Bardem), yang hidup terisolasi di sebuah rumah. Kedamaian dan kedekatan hubungan mereka mulai terganggu setelah kedatangan tamu misterius yang meminta tempat berteduh.

3. Hereditary – 2018

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Image: IMDb

Rekomendasi film horor psikologis terbaik selanjutnya adalah Hereditary. Film ini akan membuatmu merasa tidak nyaman sepanjang cerita.

Toni Collette, dalam perannya sebagai Annie Graham, seorang artis yang berjuang melawan kesedihan atas meninggalnya ibunya sambil mengerjakan diorama yang merefleksikan kehidupan keluarganya.

Ari Aster, sebagai sutradara, menciptakan narasi yang membuat penonton bertanya-tanya apakah kejadian aneh dalam film tersebut merupakan kenyataan atau hanya ilusi dari keluarga Graham yang dirundung nasib buruk.

2. Beau is Afraid – 2023

Beau-is-afraid
Image: IMDb

Selain karya Hereditary, Ari Aster menghadirkan sebuah film horor psikologis lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni Beau Is Afraid.

Dalam film ini, menceritakan tentang Beau Wassermann (Joaquin Phoenix), seorang lelaki yang mengalami kematian ibunya secara tiba-tiba dan harus menghadapi rasa takut terbesarnya ketika ia berusaha kembali ke rumah.

Film ini mengeksplorasi dinamika hubungan antara ibu dan anak dengan pendekatan yang unik dan penuh misteri.

1. The Others – 2001

Rekomendasi Film Horor Psikologis Terbaik
Image: IMDb

Film “The Others” merupakan perpaduan antara cerita rumah hantu dan suspense yang meningkat secara bertahap.

Diperankan oleh Nicole Kidman sebagai Grace, yang bersama kedua anaknya menetap di sebuah rumah yang terletak terpencil di Isle of Jersey, Inggris.

Kemunculan tiga pembantu baru menjadi titik awal terjadinya peristiwa-peristiwa supernatural yang mengejutkan, menjebak para penonton dalam sebuah misteri yang penuh kejutan sampai ke akhir film.

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks