Film InternationalMovieMovie List

11 Film Romantis Terbaik Karya Nicholas Sparks, Bikin Baper!

Sedang mencari film romantis karya dari Nicholas Sparks? Kamu bisa cek artikel ini karena Dafunda memiliki list film karya Nicholas Sparks.

Nicholas Sparks adalah seorang penulis yang terkenal dalam genre film romantis. Karya-karyanya yang manis dan penuh romansa telah mendapatkan banyak pengakuan dan menjadi favorit bagi banyak orang. Selama karirnya, Sparks telah menerbitkan 18 novel, dengan 11 di antaranya diadaptasi menjadi film. Dengan demikian, dalam kesempatan ini, Dafunda akan membagikan daftar film romantis yang merupakan karya dari Nicholas Sparks.

Film romantis merupakan salah satu genre film yang mengisahkan tentang kisah cinta antara dua tokoh utama. Film ini sering kali menampilkan cerita yang manis dan mengharukan, dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh pasangan protagonis. Penonton akan merasakan momen romantis dan terbawa perasaan melalui adegan-adegan yang menggetarkan hati, seperti pertemuan pertama, percakapan yang mendalam, dan adegan ciuman yang penuh gairah.

Berikut Film Romantis Terbaik Karya Nicholas Sparks

Dari keseluruhan 20 novel yang telah diterbitkan, sebanyak 11 judul telah diadaptasi menjadi film. Berikut adalah daftarnya.

1. Message in a Bottle

Message-in-a-bottle
Message-in-a-bottle | Nicholas Sparks

Film “Message in a Bottle” pertama kali dirilis pada 12 Februari 1999 dan merupakan adaptasi pertama dari novel romantis karya Nicholas Sparks. Novel ini diterbitkan pada bulan April 1998 dan merupakan novel kedua karya Nicholas Sparks.

Cerita film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Garrett yang menulis surat untuk istrinya yang telah meninggal, dan kemudian memasukkannya ke dalam sebuah botol. Surat tersebut kemudian ditemukan oleh seorang wanita bernama Theresa.

Meskipun film ini mendapatkan rating yang buruk, namun berhasil mendapatkan nominasi di berbagai kategori dalam ajang penghargaan Blockbuster Entertainment Awards, termasuk Favorite Actor, Favorite Actress, Favorite Supporting Actor, dan Favorite Supporting Actress.

2. A Walk to Remember

A-walk-to-remember
A-walk-to-remember | Nicholas Sparks

Film “A Walk to Remember” dirilis pada tanggal 25 Januari 2002, sedangkan novelnya sudah terbit sejak bulan Oktober 1999 dan berhasil masuk dalam daftar bestseller selama 10 bulan. Terdapat perbedaan yang signifikan antara film dan novel ini, yaitu pada setting waktu.

Jika dalam novelnya, cerita berlatar pada tahun 1950-an, maka dalam versi filmnya, setting waktu diubah menjadi tahun 1990-an. Hal ini dilakukan oleh produser film untuk memberikan kesan cerita yang lebih modern.

Film ini dibintangi oleh Mandy Moore yang memerankan karakter Jamie dan Shane West yang memerankan karakter Landon. Cerita film ini mengisahkan tentang Jamie, seorang anak pendeta yang kemudian jatuh cinta pada Landon, seorang anak populer di sekolahnya.

Nicholas Sparks, penulis novel ini, mengakui bahwa karakter Jamie terinspirasi dari pengalaman pribadinya, dimana adik kandungnya meninggal karena kanker.

3. The Notebook

The-notebook
The-notebook | Nicholas Sparks

The Notebook adalah novel pertama yang ditulis oleh Nicholas Sparks pada bulan Oktober 1996. Setelah satu minggu terbit, novel ini langsung masuk ke dalam daftar New York Times Bestseller. Nicholas Sparks mengungkapkan bahwa cerita inti dari The Notebook terinspirasi oleh kisah kakek dan nenek dari istrinya.

Ketika pertama kali bertemu dengan mereka, keduanya telah menikah selama 60 tahun. Pada tahun 2004, novel ini diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Rachel McAdams. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta Allie dan Noah yang terhalang oleh perbedaan status mereka.

4. Nights in Rodanthe

Nights-in-rodanthe
Nights-in-rodanthe | Nicholas Sparks

Nights in Rodanthe adalah sebuah film yang menceritakan kisah dua orang, Adrianne dan Paul, yang merupakan seorang ibu tunggal dan ayah tunggal. Mereka bertemu di sebuah penginapan dekat pantai di Rodanthe dan perlahan-lahan merasa nyaman satu sama lain.

Film ini dirilis pada tanggal 26 September 2008, sedangkan novelnya diterbitkan pada bulan September 2002. Karakter Adrianne diperankan oleh Diane Lane dan karakter Paul diperankan oleh Richard Gere.

5. Dear John

Dear-john | film romantis Nicholas Sparks
Dear-john | Nicholas Sparks

Kemudian ada Dear John, sebuah film yang dibintangi oleh Channing Tatum sebagai John dan Amanda Seyfried sebagai Savannah. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Savannah dan John, namun karena John adalah seorang tentara, mereka terpaksa menjalani hubungan jarak jauh dan berkomunikasi melalui surat.

Film ini dirilis pada tanggal 5 Februari 2010, sementara novelnya sendiri diterbitkan pada bulan Oktober 2006. Novel ini terinspirasi oleh pengalaman sepupu penulisnya, Nicholas Sparks, yang bernama Todd Vance.

6. The Last Song

The-last-song | film romantis Nicholas Sparks
The-last-song | Nicholas Sparks

Novel pertama Nicholas Sparks yang diselesaikan setelah menyelesaikan naskah filmnya adalah The Last Song. Novel ini diterbitkan pada bulan September 2009, sementara filmnya dirilis pada tahun 2010.

The Last Song juga menjadi film pertama yang naskah filmnya ditulis oleh Nicholas Sparks. Film ini menampilkan Miley Cyrus sebagai Ronnie dan Liam Hemsworth sebagai Will. Selain berperan dalam film ini, Miley Cyrus juga menyumbangkan suara dalam original soundtrack dengan lagu berjudul When I Look at You dan I Hope You Find It.

7. The Lucky One

The-lucky-one | film romantis Nicholas Sparks
The-lucky-one | Nicholas Sparks

Film “The Lucky One” dirilis pada tanggal 20 April 2012, sementara novelnya telah diterbitkan pada bulan September 2008. Film ini menampilkan Zac Efron sebagai pemeran Logan dan Taylor Schilling sebagai pemeran Beth.

Cerita film ini mengisahkan tentang seorang mantan tentara bernama Logan yang berhasil selamat dari ledakan dan menemukan sebuah foto seorang wanita. Logan menganggap bahwa foto tersebut membawa keberuntungan, dan akhirnya ia memutuskan untuk mencari wanita yang ada dalam foto tersebut.

8. Safe Haven

Safe-haven | film romantis Nicholas Sparks
Safe-haven | Nicholas Sparks

Film Safe Haven dirilis pada Hari Valentine tahun 2013, sementara novelnya diterbitkan pada September 2010. Film ini menampilkan Josh Duhamel sebagai Alex dan Julianne Hough sebagai Katie.

Ceritanya mengisahkan tentang Katie yang melarikan diri dari suaminya yang kasar dan kemudian bertemu dengan Alex, seorang ayah tunggal dengan 2 anak. Masa lalu mereka yang sulit membuat mereka merasa nyaman saat bersama.

9. The Best of Me

The-best-of-me | film romantis Nicholas Sparks
The-best-of-me | Nicholas Sparks

Film The Best of Me disutradarai oleh Michael Hoffman dan dirilis pada tanggal 17 Oktober 2014. Sementara itu, novelnya diterbitkan pada bulan Oktober 2011. Novel The Best of Me menduduki peringkat 2 dalam daftar Top 10 secara keseluruhan di Publishers Weekly.

Film ini mengisahkan kisah Dawson dan Amanda, yang merupakan pasangan kekasih saat mereka masih SMA, namun kemudian berpisah dan akhirnya bertemu kembali saat keduanya dewasa. Keduanya adalah cinta pertama satu sama lain.

10. The Longest Ride

The-longest-ride | film romantis Nicholas Sparks
The-longest-ride | Nicholas Sparks

Film The Longest Ride disutradarai oleh George Tillman Jr, dirilis pada tanggal 10 April 2015. Novelnya sendiri telah terbit sejak bulan September 2013. Dalam film ini, Scott Eastwood memerankan karakter Luke, sementara Britt Robertson memerankan karakter Sophia.

Scott Eastwood berhasil meraih nominasi Choice Movie Actor: Drama di acara Teen Choice Awards. Selain itu, film ini juga mendapatkan beberapa nominasi seperti Choice Movie: Drama, Choice Movie Actress: Drama, dan Choice Movie: Breakout Star di Teen Choice Awards serta Favorite Dramatic Movie di People’s Choice Awards.

11. The Choice

The-choice | film romantis Nicholas Sparks
The-choice | Nicholas Sparks

Novel berjudul “The Choice” karya Nicholas Sparks diterbitkan pada bulan September 2007. Ceritanya mengisahkan tentang seorang dokter hewan bernama Travis yang merasakan jatuh cinta pada tetangga barunya, Gabby yang juga seorang mahasiswi kedokteran.

Pada tanggal 5 Februari 2016, novel ini diadaptasi menjadi film dengan pemeran utama Benjamin Walker sebagai Travis dan Teresa Palmer sebagai Gabby.


Demikianlah rekomendasi film Romantis karya Nicholas Sparks yang sangat populer. Silakan berbagi pengalaman menonton film Nicholas Sparks mana yang telah kamu saksikan.

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks