MovieMovie List

5 Film Yang Membuat Kita Klaustrofobia Sendiri Ketika Menyaksikannya

Faktanya banyak banget film yang bertemakan atau membuat kita klaustrofobia sendiri ketika menyaksikannya. Mungkin beberapa dari kamu bertanya, apa sih klaustrofobia?

Melnasir KBBI, klaustrofobia adalah rasa takut akan terkurung pada suatu tempat (ruangan) yang sempit dan tertutup. Dan biasanya ketika menyaksikannya kita terasa sempit dan sesak sendiri juga.

Dan faktanya, lumayan banyak film yang sukses membuat kita seperti ini. Namun dari semua berikut adalah 5 yang benar-benar banget dalam membuat kita klaustrofobia-nya.

5. Misery (1990)

Selain membuat klaustrofobia gak karuan, kitapun juga merasa super kagum sendiri ketika menyaksikan film ini.

Pasalnya kedua aktor utamanya: Kathy Bates (Dolores Claiborne) dan James Caan (The Godfather), benar-benar keren gila dalam film ini. Bahkan, Bates pun mendapatkan Oscar atas perannya.

Film ini mengisahkan novelis Paul Sheldon (Caan) yang mengalami kecelakaan mobil. Ia diselamatkan oleh wanita bernama Annie Wilkes (Bates). Awalnya semuanya terlihat biasa saja. Tapi lama kelamaan terungkap kalau Annie adalah fans obsesif  Sheldon.

Wilkes memang menyembuhkan Sheldon tapi pada saat yang sama, ia juga ingin agar Sheldon tetap bersama dia saja di rumahnya. Dan parahnya, rumah Wilkes gak ketahuan lokasinya. Akhirnya untuk beberapa waktu, Sheldon pun terperangkap dengan si psycho ini.

4. The Descent (2005)

Mungkin kalau kamu yang fans horor, sudah menyaksikan film ini. The Descent mengisahkan trio Sarah (Shauna Macdonald), Juno (Natalie Mendoza), dan Beth (Alex Reid) yang melakukan hiking ke sebuah gua pegunungan.

Singkat kata agar gak spoiler sana sini, ketiganya terperangkap dalam gua dan ketiganya pun berusaha mati-matian untuk bisa lolos dari dalam gua tersebut.

Walau awalnya kisah The Descent terlihat biasa saja, namun sebenarnya film ini memiliki cara pengungkapan twist yang keren banget. Pokoknya kamu harus menyaksikannya sampai habis untuk bisa merasakan experience gokilnya.

Pokoknya dari awal sampai menjelang ending kamu bakalan merasa seperti terperangkap juga bersama mereka. Klaustrofobia banget deh.

3. Repulsion (1965)

Rilis tahun 1965, Repulsion adalah salah satu film awal nan jadul yang membuat kita benar-benar klaustrofobia banget.

Film yang merupakan bagian pertama dari Apartment Trilogy karya Roman Polanski (Rosemary’s Baby) ini menampilkan Catherine Deneuve (The Midwife) sebagai Carol Ledoux.

Ledoux adalah sosok yang memiliki fobia dengan pria. Nah suatu hari ia yang tinggal dalam apartemen kakak perempuannya, harus sendirian dalam apartemen-nya. Karena, si kakak harus menjalani kencan romantis.

Sendirian dan dengan fobianya, iapun mulai mengalami  halusinasi dimana banyak tangan-tangan pria yang mencoba meraihnya. Iapun benar-benar terasa seperti terperangkap dalam apartemen-nya.

Untuk ukuran film tahun 1965, film ini sangat simpel namun tetap membuat audiens-nya tegang gak karuan.

2. Hush (2016)

Setelah sukses memukau kita melalui film Oculus (2013), sutradara Mike Flanagan kian memukau kita dengan debut film Netflix nya ini.

Hush mengisahkan seorang novelis wanita, Maddie Young (Kate Siegel). Karena ingin mendapatkan ketenangan dalam bekerjanya, iapun tinggal sendirian dalam sebuah kabin di tengah hutan.

Ketenangannya terusik ketika seorang pembunuh bertopeng (John Gallagher Jr.) mulai membunuh para tetangganya. Namun sayangnya Maddie gak menyadari ini karena ia mengalami tuna rungu dan tuna wicara.

Tak ayal ketika menyaksikannya, kitapun jadi membayangkan kalau kita dalam posisinya itu. Terperangkan dengan pembunuh dalam tempat tinggalnya tanpa ada yang datang menolong karena kekurangan fisik. WOW ngeri deh.

1. Buried (2010)

Nah inilah film yang secara literal mendefinisikan istilah klaustrofobia nya. Buried mengisahkan pria Amerika Serikat yang bekerja di Irak bernama Paul Conroy (Ryan Reynolds).

Semenjak pembukaan film, kita sudah menyaksikan Conroy berada dalam ruang yang super gelap dan sempit banget. Dan dalam ruangan sempitnya, ia hanya memiliki ponsel, korek api, senter, botol minum kecil (flask), glowstick, pena, dan pensil.

Apa ruangan sempit yang gue maksud? Silahkan nonton sendiri deh. Intinya melalui film ini kita akan terus penasaran bagaiamana Paul nantinya bisa lolos dari ruangan ini hanya dengan mengandalkan seluruh peralatan itu saja.

Performa Reynolds benar-benar keren sehingga membuat kita juga merasa sesak gak bisa nafas sendiri ketika menyaksikannya. Benar-benar definisi film klaustrofobia yang sangat sempurna. Dari 5 film ini, yang manakah yang ingin atau sudah kalian saksikan?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.