4 Master Jedi Yang Seharusnya Melatih Anakin Skywalker

in ,
Maste jedi Anakin skywalker
Qui-Gon, Anakin, Obi-Wan | Disney

Berikut adalah 4 master jedi yang seharusnya melatih Anakin Skywalker di franchise film Star Wars.

Terlepas Obi-Wan Kenobi adalah sosok master jedi yang mumpuni dan super sabar dalam melatih Anakin Skywalker, sayangnya Anakin dan Obi-Wan kerap berselisih. Yang mana akhirnya, membuat Anakin berubah haluan ke sisi gelap dan menjadi sosok villain terkejam di galaksi, Darth Vader.

Anakin Skywalker Obi Wan Hayden Christensen Ewan Mcgregor 42cea8a
Anakin Skywalker & Obi-Wan Kenobi | Radio Times

Sekali lagi memang bukan salah Obi-Wan tapi di saat yang sama, Obi-Wan juga bisa kita katakan gak berhasil dalam menunaikan wasiat master-nya dulu, Qui-Gon Jinn. Sehingga membuat kita kini berandai-andai kalau saja misalkan Anakin dilatih oleh master jedi lainnya.

Sangat memungkinkan 4 master jedi ini tidak hanya jauh lebih keren dalam melatih Anakin Skywalker, namun juga mengajarkannya untuk lebih optimis sehingga, gak jatuh ke sisi gelap.

4. Qui-Gon Jinn

Mungkin Qui-Gon adalah memang nama terakhir yang harus kita anjurkan untuk melatih Anakin. Bagaimana tidak? Darth Vader dan seluruh kekacauan galaksi di trilogi orisinilnya, pada dasarnya berawal dari Qui-Gon yang main yakin dan positif saja dengan Anakin.

Spesifiknya ketika di Star Wars Episode 1: The Phantom Menace (1999), ketika rombongan Qui-Gon tiba di Tatooine (rumah planet Anakin), Qui-Gon tiba-tiba merasakan getaran force yang super kuat.

Dan ternyata setelah diselidiki, force tersebut dimiliki oleh Anakin. Nah setelah Qui-Gon memutuskan untuk membawa dan melatih Anakin untuk menjadi ksatria Jedi, seluruh master jedi yang duduk di dewan jedi (jedi council) merasa sangat keberatan kalau Anakin dilatih menjadi Jedi.

Menurut banyak master terutama Yoda, masa depan Anakin masih sangat buram / tidak jelas. Sehingga berpotensi sangat berbahaya. Namun Qui-Gon tetap bersikeras. Dan ketika akhirnya Qui-Gon tewas di tangan Darth Maul, ia berwasiat ke Obi-Wan untuk melatih Anakin.

JANGAN LEWATKAN •
5 Jedi Terkuat Di Seluruh Universe Star Wars

Karena ia memiliki firasat kuat kalau Anakin adalah satu-satunya yang nanti akan membawa keseimbangan seluruh force lagi ke seluruh galaksi. Dan secara teknis emang terbukti ramalan Qui-Gon ini. Sayang banget memang ia tewas.

Coba kalau ia gak tewas kala itu, Qui-Gon akan melatih Anakin dan dijamin jauh lebih minim konflik daripada Anakin dengan Obi-Wan. Hal ini karena seperti yang kita lihat dalam The Phantom Menace, Qui-Gon sangat sabar dan bahkan kebapakan terhadap Anakin kecil.

Makanya juga kala itu ibunda Anakin Shmi, merelakan saja untuk pergi bareng Qui-Gon. Dengan minimnya konflik, dijamin Anakin akan jauh lebih nurut dan iapun gak akan terjerembab ke sisi gelap.

3. Plo Koon

Master Jedi underrated ini juga merupakan seorang pilot yang handal. Ia juga merupakan sosok komando pasukan klon yang sangat peduli terhadap anak buah klon-nya. Intinya ia memiliki sifat yang sangat baik atau sisi terang (light side).

JANGAN LEWATKAN •
Star Wars: Rise of Skywalker Dapat Sebutan yang Berbeda di Jepang

Dan ia juga memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Anakin. Dengan semua karakteristik ini plus mengingat, Anakin juga pilot handal, bukan gak mungkin jika Koon bisa menjadikan hubungan antara master dan padawan seperti layaknya hubungan kawan dekat atau ayah anak.

Sehingga, kalaupun tiba-tiba Anakin lagi kumat (baca: marah-marah gak sabaran) atau tercium potensi sisi gelap di dalam tubuhnya, Koon akan membimbingnya dengan penuh kesabaran dan kebijakan layaknya seperti Qui-Gon dulu.

2. Mace Windu

Nah kalau sama si sosok master gokil ini, bisa berakhir dua kemungkinan. Bakalan terhindar atau bisa juga tetap terjerumus juga ke sisi gelap.

Karena sejak pertama ketemu Anakin (bahkan pas masih dia kecil), Windu terlihat sudah gak begitu suka dengan Anakin. Hal ini karena ia melihat sosok Anakin yang gak stabil sama sekali. Dan sosok yang gak stabil, umumnya memang gampang terjerumus ke sisi gelap.

JANGAN LEWATKAN •
Film Superhero Mulai Menguasai Kategori Kids' Choice Awards

Tapi terlepas demikian, ia menghormati Qui-Gon, Obi-Wan, dan Yoda yang sudah melampuhijaukan Anakin menjadi Jedi. Selain itu ia juga terkadang terlihat kasihan / peduli ke Anakin.

Nah atas kesifatan tersebut dan mengingat Windu sangat strict dengan aturan-aturan force, maka ia bisa menjadi guru killer yang baik bagi Anakin. Walau mungkin nantinya akan beberapa kali bentrok, namun setidaknya Windu akan segera mendeteksi dan membelokkan Anakin dari sisi gelap.

1. Ki-Adi Mundi

Sosok yang sering gue bilang “jedi pala lonjong” ini, adalah seorang Cerean. Dan ras Cerean dikenal dengan angka kelahirannya yang tinggi. Alhasil ia adalah satu-satunya master jedi yang duduk di kursi dewan jedi yang sudah memiliki istri dan anak.

Nah kalau kita ingat ketika Anakin sedang di-tes oleh Mundi dan master lainnya di The Phantom Menace, Mundi yang juga merasakan rasa takut / cemas tinggi di diri Anakin, dengan sangat kebapakannya, menanyakan ke Anakin, apakah ia sedang kangen banget dengan ibunya?

JANGAN LEWATKAN •
Pemeran Kylo Ren Ungkap Identitas dari Rey di Last Jedi

Nah berdasarkan kesifatan yang ia perlihatkan tersebut, dijamin kalau ia menjadi guru Anakin, Mundi akan lebih dari bisa untuk tetap mempertahankan Anakin di sisi terang terlepas, sifat Ani yang sangat keras dan super emosional itu.

Itulah tadi 4 master jedi yang seharusnya melatih Anakin Skywalker daripada Obi-Wan Kenobi. Bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini guys?