Ranking Ulang 5 Film Star Wars Era Disney

in ,
Star Wars Trilogi Baru Disney
Star Wars Trilogi Disney | Medium

Seperti kita ketahui memasuki pertengahan 2010an, rilisan film-film Star Wars era Disney dirilis. Dan tak dipungkiri, reaksinya sangat beragam.

Ada yang gak suka, ada juga yang straight membencinya. Namun walau bagaimanapun reaksinya, ya semuanya sudah terjadi (sudah dirilis). Dan kini seluruh rilisan filmnya, telah menjadi bagian seharah franchise-nya.

Sebelumnya gue udah ranking ulang ke-11 rilisan film Star Wars-nya. 11 film itu termasuk rilisan 6 episode orisinilnya.

Nah sekarang gue akan ranking ulang khusus 5 film Star Wars rilisan era Disney-nya. Dan perlu diingat peringkat ini bersifat SUBYEKTIF.

5. Star Wars Episode 9: The Rise of Skywalker (2019)

Apakah perlu gue jelasin lebih jauh disini? Rasanya gak perlu bukan? Hampir semua fanboy Star Wars, sepakat The Rise of Skywalker adalah rilisan SW terburuk dari era Disney.

Hampir semua arc cerita yang telah dibangun di 2 film sebelumnya menjadi terbuang begitu saja. Oke, adegan pertarungan angkasa di bagian finale keren banget. Tapi secara narasi, ancur banget deh.

Dan sangat terlihat hal ini dikarenakan clash-nya visi dua sutradara. Yaitu, sutardaara The Last Jedi, Rian Johnson dengan sutradara film ini, J.J Abrams. Dan gue sebagai fanboy veteran, merasa sangat kesal dan malu menjadi fanboy gara-gara film ini.

4. Solo: A Star Wars Story (2018)

Alden Ehrenreich (Hail, Caesar!) sukses menunjukkan bahwa ia mampu memerankan sosok ikonik Han Solo. Dan aktor-aktor lainnya pun juga tampil keren. Ada Darth Maul (Ray Park) pula juga yang tampil.

JANGAN LEWATKAN •
Sebastian Stan Rayakan Ulang Tahun Bucky Barnes di MCU

Lalu apa kekurangannya? Ya film ini benar-benar filler yang dipaksakan saja. Dan juga dibuat karena ingin men”sapi-perahkan” karakter Solo yang sudah melegenda.

Padahal latar belakang dia sebelum kita bertemu dengannya di Star Wars Episode 4: A New Hope (1977), sudah cukup. Dan juga kisah hidupnya sebelum trilogi orisinil, memang lebih baik memang menjadi misterius saja. Tapi ya pada akhirnya uang berbicara bukan?

3. Star Wars Episode 8: The Last Jedi (2017)

Jujur “hubungan” gue dengan satu-satunya film Star Wars arahan Johnson ini kompleks banget. Kayak hubungan sama mantan begitu he..he.

Ketika pertama kali menyaksikan, gue suka banget. Gue bahkan sampai memberikan rating sempurna. Lalu setelah menyaksikan lagi, terasa kalau film ini berantakan sebenarnya.

Namun ketika Solo dan Rise of Skywalker rilis, gue pun mengapresisasi kembali The Last Jedi. Walau memang beberapa aspek gue gak suka, tapi satu aspek yang gue suka disini adalah plot keterkaitan Rey (Daisy Ridley) dengan Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Kylo Ren aka Ben Solo (Adam Driver).

JANGAN LEWATKAN •
Sinopsis Dan Jadwal Tayang Maleficent: Mistress of Evil

2. Star Wars Episode 7: The Force Awakens (2015)

Dari ketiga trilogi filmnya. Ya yang palimh the best ya pembukanya ini. Semuanya masih simpel, segar, dan pengenalan kontinuitas yang super baru bagi dua atau tiga generasi fanboy-nya.

Selain itu adegan pembunuhan Kylo terhadap ayahnya yang ngetop itu, sukses menjadi salah satu momen paling emosional di sejarah franchise-nya.

1. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

The Force Awakens memang film terbaik di trilogi utamanya. Tapi sayang, secara keseluruhan justru adalah spin-off pertamanya ini yang paling keren.

Bukan masalah gue memang lebih suka cerita old skul-nya. Tapi ya memang keren filmnya. Kisah penyambungannya menuju A New Hope gak terasa dipaksakan atau terpaksa dibuat seperti Solo.

Filmnya terasa memang harus dibuat untuk menjelaskan keunggulan yang didapatkan pasukan pemberontak (Rebel Alliance) di film Star Wars pertama tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Raup $11 Miliar Di Tahun 2019, Disney Pecahkan Rekor!

Belum lagi adegan 5-7 menit terakhir Darth Vader (Spencer Wilding & James Earl Jones) itu sangat badass banget.

Maka gak heran jika Rogue One menempati posisi puncak di daftar ini. Bagaiamana guys? Setujukah dengan susunan daftarnya ini?