Mulan Diboikot oleh Banyak Orang, Ini Tanggapan dari Liu Yifei

in , ,
Trailer Sinopsis Mulan
Disney

Disney memang hanya mengandalkan satu film adaptasi kartun klasik mereka tahun ini, yaitu Mulan. Tapi tampaknya, sebagian besar penikmat film merasa film ini memiliki banyak kontroversi.

Pada Agustus 2019, pemeran utama film Mulan, Liu Yifei membuat kontroversi karena membagikan komentar pro poilis Hong Kong saat kericuhan di Weibo. Dia dianggap memprovokasi dan tidak mengasihani korban kekerasan yang menimpa para demostran.

Bahkan, kejadian ini menjadikan tagar #BoycottMulan trending di Twitter dalam. Disney bahkan diminta untuk mengganti Liu Yifei karena hal ini tidak disukai oleh para penonton. Tapi bagaimana dari sisi Yifei sendiri? Berikut ulasannya.

Yifei Mulai Hati-Hati dalam Berbicara

Mulan Trailer
Disney

Saat diwawancarai oleh THR, Yifei mengatakan, “Aku pikir ini jelas situasi yang sangat rumi dan aku bukan ahli. Aku hanya berharap ini segera teratasi.” Saat ditanya lebih jauh, dia tampak sangat berhati-hati untuk menjawab pertanyaan. “Aku pikir itu hanya situasi yang sangat sensitif.”

Hal yang berhubungan dengan politik memang sering mengancam karir seorang bintang di China. Menurut profesor Akademi Film Hong Kong, kebanyakan dari bintang China memang tidak ingin membagikan pandangan politik mereka secara publik karena akan menjadi boomeran bagi diri sendiri.

Yifei Tetap Dapat Pujian dari Profesional

Poster Karakter Mulan
Disney

Meski kontroversi ini tak bisa dihilangkan dengan cepat, banyak juga para profesional yang memberikan pujian untuk pemeran Mulan ini. Pujian ini lebih mengarah ke performa Yifei dalam film ini. Dari yang diketahui, aktris cantik ini hampir melakukan semua adegan aksi oleh dirinya sendiri.

Sinematografi Mandy Walker mengatakan bahwa film Disney yang dibintangi banyak aktor laga seperti Donny Yen, Jet Lie, dan Gong Li ini akan sukses besar. “Aku sangat percaya diri. Setiap kali saya menonton film, saya menjadi sangat emosional. Bagiku, itu pertanda bagus. Saya tahu materinya dengan baik, tetapi masih memengaruhi saya.”

“Kami memiliki 60 kuda dan 100 orang untuk setiap sisi pertempuran – jadi kami memilikinya secara nyata, yang saya pikir Anda benar-benar dapat mengatakan dalam film bahwa itu bukan hanya ekstensi atau CGI,” kata Walker.

Pejuang yang Diharapkan Sutradara

Tak hanya Walker, sutradara dari film ini, Niko Caro juga mengakui bahwa Yifei merupakan aktris yang sangat profesional. Ia menjelaskan mengapa proses audisi yang sulit oleh sang bintang.

“Karena aku membutuhkan seorang pejuang, dan aku membutuhkan partner. Jadi dia melakukan audisi yang melelahkan ini dan kemudian kami mengirimnya langsung ke pelatih fisik untuk melakukan penilaian fisik yang sama melelahkannya.”

Dalam wawancaranya di Cinema Blend, Caro memberikan sedikit gambaran pelatihan yang dialami oleh pemeran Mulan ini. “Angkat beban, push-up, pull-up, semuanya. Dia cerdas di bagian dramatis audisi, dan di bagian fisik dia tidak pernah berhenti, tidak pernah menyalahkan. Aku tahu pada akhir hari itu bahwa aku menemukan sang pejuang.”

Bagaimana menurutmu tentang film adaptasi Disney ini. Mulan sendiri dijadwalkan rilis pada 25 Maret ini. Untuk jadwal tayang lebih lengkapnya, kami akan bagikan nanti.

Bagikan jika kamu suka