Film Onward Dilarang Tayang di Negara Timur Tengah Karena Mengandung Konten LGBT

in , ,
Onward Box Office
Onward | Pixar

Onward dijadwalkan tayang diseluruh dunia akhir pekan ini. Namun di beberapa negara Timur Tengah telah membuat pengumuman untuk melarang penayangan film ini karena mengandung konten lesbian.

Film Disney/Pixar adalah rilis terbesar di dunia akhir pekan ini dan kemungkinan akan mendominasi box office. Onward sudah mengumpulkan $ 2 juta di Amerika Utara pada preview Kamis malam. Tapi karena sejarah anti-LGBTQ di beberapa negara Timur Tengah, pendapatan Onward akan sedikit berkurang.

Onward Emangnya Menceritakan Tentang LGBT?

Trailer Onward
Onward | Pixar

Jika dilihat dari Plot utama, film Onward tidak berfokus pada karakter LGBTQ. Film ini menceritakan tentang dua kakak beradik yang berpetualang mencari sebuah mantra. Mantra itu nantinya digunakan untuk membangkitkan ayah mereka yang mati selama 24 jam sehingga mereka dapat bertemu dengannya.

Dalam perjalanan mereka, kedua kakak beradik ini bertemu dengan seorang polisi bermata satu yang bernama Specter, disuarakan oleh Lena Waithe. Dalam sebuah percakapan, Specter mengatakan bahwa “Girlfriend’s Daughter”, yang secara tidak langsung menyiratkan bahwa dia adalah seorang lesbian.

Nah karena dianggap mengandung “konten dan referensi” lesbian, beberapa Negara timur tengah ini melarang penayangan Onward.

Onward Dilarang Tayang di 4 Negara

Karakter Lesbian Onward
Specter di Film Onward | Pixar

Variety melaporkan film Onward saat ini dilarang tayang di empat negara Timur Tengah, diantaranya adalah Kuwait, Qatar, Oman, dan Arab Saudi. Onward juga disensor di Rusia dengan menggantikan kata “girlfriend” menjadi “partner”.

Ironisnya kedua aktor film ini, Chris Pratt dan Tom Holland (yang berperan sebagai saudara) menyatakan mereka “jatuh cinta” selama wawancara promosi untuk film tersebut.

Karakter LGBTQ Pertama di Animiasi Disney/Pixar

Specter menandai karakter LGBTQ terbuka untuk pertama kalinya dalam film Disney / Pixar. Penambahan Specter juga ditolak di perbatasan Amerika dan mereka memprotes film tersebut.

Terlepas dari itu semua, kemunculan Specter menandakan jika Disney mungkin sudah siap untuk memasukkan karakter LGBTQ yang lebih menonjol di film masa depan.

Bagikan jika kamu suka