MovieMovie List

Inilah 6 Pemeran Robin di Adaptasi Live-Action Batman Sejauh Ini

Berikut adalah 6 pemeran Robin di adaptasi live-action Batman sejauh ini. Debut pertama kali melalui komik Detective Comics #38 yang dipublikasikan pada bulan April 1940, karakter sidekick Batman, Robin menjadi salah satu karakter DC terpopuler.

Selain karena memiliki skill tarung unik dan cerita latar yang sangat emosional, sosok Robin selalu sukses memberikan kesegaran bagi pembacanya. Hal ini tentu karena sosok dan feel-nya yang terlihat dan terasa sangat muda (youthful).

pemeran robin live-action batman
Currant Walters sebagai Jason Todd aka Robin (Titans) | DC Universe

Dan hal inipulalah yang kita rasakan ketika melihat sosoknya dihidupkan di layar lebar atau layar kaca. Nah semenjak tampil perdana pada tahun 1943, terhitung sejauh ini sudah ada 6 aktor pemeran Robin baik dalam layar kecil maupun layar lebarnya.

Nah berikut adalah urutan kronologis 6 pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman sejauh ini tersebut. Seusai pernyataannya, urutan kronologis, maka daftar ini hanya bersifat informasional terkait aktor pemeran Robin dari yang pertama hingga terkini.

Jadi dengan kata lain, daftar ini bukanlah daftar ranking aktor pemeran Robin dari yang terburuk hingga terbaik. Kalau sudah jelas mari kita mulai saja pembahasannya ini oke.

Aktor Pemeran Robin Live-Action

1. Douglas Croft (Batman, 1943)

Pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman yang paling pertama adalah Douglas Croft (Kings Row). Croft memerankan sosok Robin pertama, yaitu Dick Grayson. Ia tampil dalam film serial Batman yang rilis pada tahun 1943.

Loh film serial? Film apa seri bos? Nah jadi film ini ditayangkan di layar lebar tapi memiliki 15 episode. Ya mungkin kalau melihat konsep ini sekarang agak aneh. Tapi ya begitulah beberapa konsep film layar lebar pada era ini.

Selected for you
Christian Bale Mau Memerankan Batman Lagi Asalkan Syaratnya Terpenuhi

Croft menjadi Robin dari Batman yang diperankan oleh Lewis Wilson (There’s Something About a Soldier). Walau sosok Robin-nya tidak memiliki nilai tambah menarik apapun alias biasa-biasa saja, namun tak memungkiri Robin Croft harus kita hormati. Hal ini tentunya karena ialah sosok aktor pertama yang memerankan Robinnya.

2. John Duncan (Batman and Robin, 1949)

Pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman selanjutnya adalah John Duncan (Spartacus). Ia memerankannya dalam film serial, Batman and Robin. Serupa seperti film Batman 6 tahun sebelumnya, Batman and Robin juga memiliki 15 episode (chapters).

Duncan juga seperti Croft memerankan Robin versi Dick Grayson. Sosok Batmannya diperankan oleh Robert Lowery (I Shot Billy the Kid). Duncan sebenarnya oke-oke saja juga dalam memerankan Robinnya.

Namun melansir GameRant, sayangnya Batman and Robin tidak laku keras. Karena seluruh produksi filmnya dianggap terlihat sangat “murahan”.

3. Burt Ward (Batman, 1966)

Nah inilah mungkin sosok Robin jadul yang familiar bagi kita-kita. Pasalnya seri TV Batman yang tayang dari tahun 1966-1968 ini memanglah hit nan fenomenal banget. Bahkan kamu yang generasi 2000an pun, pastinya tahu juga dengan seri ini.

Adalah aktor Burt Ward (Virgin High) yang menjadi sosok The Boy Wonder-nya. Ia tentunya menjadi Robin dari Batman-nya Adam West (Family Guy).  Salah satu faktor mengapa sosok Robin-nya begitu dikenang adalah juga karena konsep seri Batman yang lebih komikal dan komedik.

Alhasil gak heran jika dalam memerankan Robinnya, Ward memasukkan unsur komedinya juga. Salah satu ciri khas komedik Robin Ward adalah dengan menambahkan kata “Holly” dalam beberapa kalimat seruannya.

Selected for you
George Clooney Yakin Batman nya Tidak Akan Tampil di The Flash DCEU

Untuk lebih jelasnya langsung kamu dengar dan saksikan sendiri kata “Holly-Holly” tersebut berikut ini.

4. Chris O’ Donnell (Batman Forever, Batman & Robin)

Nah apabila Burt Ward Batman jadul yang paling dikenal, Chris O’ Donnell (Scent of a Woman) mungkin adalah aktor Robin moderen yang masih dikenal dan diingat banget hingga detik ini.

Dia debut pertama kali sebagai Dick Grayson dari Bruce Wayne-nya Val Kilmer (The Doors) di Batman Forever (1995). Nah sebenarnya O’ Donnell ketika menjadi Robin dalam Batman Forever ia masih berusia 24-25 tahun.

Alias, usia tersebut sudah lumayan “tua” untuk memerankan Robin. Tapi semuanya itu tidak begitu terlihat (terkecuali tampilan fisiknya memang). Pasalnya O’ Donnell sukses menampilkan kesan youthful dari karakter Robinnya.

Malah kalau menurut gue, karakternya seperti remaja baper banget. Hal ini terlihat ketika dalam debutnya, ia ngebet (baca: maksa) banget untuk membantu Batman.

Nah baper nan whiny-nya ini kian menjadi ketika ia kembali memerankan Robin dalam film selanjutnya, Batman & Robin (1997). Lebih spesifiknya dalam film ini, sosok Robinnya ditampilkan kesal banget karena selalu diatur-atur oleh Batman (George Clooney).

Kekesalan dan kecengengan Robinnya ini alhasil membuat karakter dan film Batman & Robin sebagai adaptasi live-action terburuk sejauh ini. Walau demikian, setidaknya O’ Donnell sudah memberikan kontribusi besar pada kisah dan karakter tersebut.

5. Brenton Thwaites (Titans, 2018)

Pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman selanjutnya adalah Brenton Thwaites (Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales).

Thwaites juga memerankan sosok Dick Grayson. Dan berhubung gue sudah nonton serinya sampai awal episode musim keduanya, maka bisa gue katakan kalau Thwaites adalah aktor Robin sempurna sejauh ini.

Selected for you
4 Villain Batman Yang Ternyata Juga Kerabat Dekatnya

Pasalnya Robin atau lebih tepatnya, Dick versinya benar-benar seperti karakter Dick dewasa yang kita lihat dalam komik maupun seri/film animasinya. Thwaites sangat sempurna dalam memerankan Dick yang sedang bersiap untuk bertransisi dari Robin ke Nightwing.

Sosok Robinnya jauh lebih dewasa dalam bersikap dan lebih bijak. Juga karena konsep serinya yang lebih kelam dan dewasa, alhasil Robin versinya pun juga jauh lebih sadis. Namun kerennya pada saat yang sama, Thwaites tetap sukses menampilkan sisi Dick yang playboy itu.

Pokoknya kalau kamu ingin melihat sosok Robin live-action yang mendekati baik versi komik dan seri animasinya, langsung deh saksikan performa Thwaites dalam Titans ini.

6. Curran Walters (Titans, 2018-2019)

Nah inilah pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman yang paling teranyar. Lebih jauhnya lagi, inilah satu-satunya Robin yang bukan versi Dick Grayson di daftar ini. Ya Waters (20th Century Women) memerankan Robin versi Jason Todd.

Dia melakukan debutnya sebagai Robin dalam episode 6 musim pertama seri Titans yang berjudul Jason Todd yang tayang pada tanggal 16 November 2018. Dan ketika debut sama seperti Thwaites, Walters langsung mencuri perhatian.

Dia sukses banget memerankan sosok Todd remaja yang masih labil, suka mengeluarkan kutipan konyol, tapi pada saat yang sama juga memiliki tendensi sadistis. Dan ya lagi-lagi seperti Dick-nya Thwaites, Jason-nya Walters juga seperti dalam komik dan juga seri/film animasi DC-nya.

Namun sayang menjelang akhir-akhir musim keduanya ia tewas dan pada awal musim 3, ia Todd kembali hidup dengan menggunakan identitas antihero barunya, Red Hood.

Oke guys. Itulah tadi 6 pemeran Robin dalam adaptasi live-action Batman sejauh ini. Semoga pembahasannya ini bermanfaat ya!

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications