Ranking Ulang 6 Aktor Batman Dari Yang Campy Hingga Yang Badass

in ,
aktor batman
Aktor Batman | flickfetish

Yuk mari kita ranking ulang 6 aktor pemeran superhero ikonik DC, Batman dari yang campy hingga yang badass.

Sama hal-nya seperti rekan sekaligus terkadang “temen berantem” superhero-nya, Superman, sosok Batman di layar lebar, telah diperankan oleh sekiranya 8 aktor berbeda.

Walau demikian, hanya 6 yang benar-benar populer dan dikenang hingga detik ini. Nah dari 6 aktor Batman ini.

Yuk mari kita ranking ulang penampilan 6 aktornya ini dari yang campy nan konyil hingga yang benar-benar sukses menghidupkan kegelapan dan badass nya si ksatria kegelapan.

6. George Clooney (Batman & Robin, 1997)

A635011eca30b11e8162eebb0f697775ca2b98fcc9c537c2a4270d3e5413f78d 1
George Clooney | Cinemablend

Mungkin banyak dari kita yang langsung malas untuk membahas lagi sosok aktor pemeran Dr. Doug Ross di seri E.R ini ketika membicarakan soal Batman.

JANGAN LEWATKAN •
Zack Snyder Ternyata Benar: Ben Affleck Adalah Batman yang Sempurna

Ya bagaimana gak? Dari seluruh aktor yang pernah memerankan Batman, Batman-nya Clooney adalah yang paling gak banget. Maksudnya mau campy seperti seniornya, Adam West, namun yang ada ya gak cocok.

Campy (kenorakan nya) malah membuat kita mengucapkan sejuta sumpah serapah. Wajah dan karisma Clooney memang tampang dan bisa memikat banyak wanita.

Tapi yeah ini Batman. Karekater yang walau tampan dan kaya raya, namun banyak menympan luka yang sangat mendalam.

5. Adam West (Batman, 1966)

Telemmglpict000036097758 Trans Nvbqzqnjv4bqqvzuuqpflyliwib6ntmjwzzn5pl1cxchn4sdox48q6o
Adam West | The Telegraph

Mungkin bagi kamu yang generasi sekarang atau paling tidak 2000an, mengenal aktor senior (alm) Adam West melalui peran voice-over nya sebagai Mayor Adam West di seri komedi animasi gokil, Family Guy.

Namun, bagi kita-kita yang generasi sebelum-sebelumnya, pertama kali mengetahui sosoknya sebagai aktor Batman populer pertama. Ia memerankan Batman di seri hit Batman di tahun 1966.

JANGAN LEWATKAN •
Gotham: Seri Origin Batman Yang Salah Start

Walau memang konsep program Batman-nya sangat campy dan super friendly ke anak-anak, tapi West sangat cocok dalam memerankan karakter Batman-nya ini. Bahkan hingga akhir hayatnya, image Batman masih sangat kuat ketika orang-orang mendengar namanya.

4. Val Kilmer (Batman Forever, 1995)

aktor batman
Val Kilmer | The Illuminerdi

Awalnya, banyak fanboy Batman yang kurang suka ketika aktor berbakat ini terpilih sebagai pengganti Michael Keaton di sekuel stand alone Batman Returns (1992) ini. Dan banyak dari kitapun yang mungkin hingga saat ini gak suka dengan Batman-nya Kilmer.

Tapi kalau kita tilik lagi, mungkin sejauh ini hanyalah Kilmer yang bisa memerankan Bruce Wayne ketika menjadi Bruce dan Bruce Wayne ketika menjadi Batman dengan seimbang.

Dan faktanya seperti di komik dan seri animasi Batman hit 90an, Batman: The Animated Series, ya memang seperti itulah yang terjadi. Batman dan Bruce Walau satu badan / satu orang, tetap saja merupakan 2 alter ego yang berbeda.

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Hush, Teman Masa Kecil Batman Yang Berubah Menjadi Musuh Bebuyutan

Tapi walau beda, masing-masing ego-nya saling menopang satu sama lain. Alias gak berat sebelah.

3. Ben Affleck (DCEU, 2016-2017)

aktor batman
Ven Affleck | ScreenGeek

Tentunya kita masih ingat banget ketika pertama kali mendengar berita Ben Affleck terpilih untuk memerankan si manusia kelelawar.

Yap, banyak banget dari kita yang langsung protes habis-habisan. Wajar. Selain Affleck adalah aktor yang bagus-bagus saja, juga kita masih trauma dengan kualitas aktingnya sebagai superhero Marvel, Daredevil awal 2000an silam.

Tapi saudara-saudaraku. Ternyata Affleck sukses melenyapkan kecemasan kita tersebut. Affleck pas banget dalam memerankan sosok Bruce Wayne dan Batman nya dengan sangat imbang (hampir 11-12 dengan Kilmer).

Dan rasanya bisa dipahami kenapa Affleck sampai sukses menjadi aktor Batman yang keren, badass, dan yap terbaik. Adalah karena kejeniusan visi Zack Snyder (Man of Steel) dan juga, kejeniusan kedua penulis naskahnya: David S. Goyer & Chris Terrio.

JANGAN LEWATKAN •
Christopher Nolan Bangga Jadi Bagian dari Ledger Heath Joker di The Dark Knight

Melalui visi mereka yang menampilkan Batman di usia 40 tahunan dan sudah beroperasi menjadi pahlawan kota Gotham sekian lama, alhasil membuat Affleck sendiri, bisa langsung luews dna paham dengan perannya ini.

2. Christian Bale (The Dark Knight Trilogy, 2005-2012)

aktor batman
Christian Bale | Den of Geek

Ya, ya silahkan kalian mem-boo gue. Tapi ya ini adalah daftar yang bersifat subyektif / opini. Dan sori-sori jek. Bagi gue, Bale walau keren, bukanlah yang paling atau nomor satunya.

Tapi sekali lagi, Bale adalah sosok Batman yang tidak hanya sukses me-relevansikan kembali kisah dan sosok Batman di layar lebar. Namun juga sukses me-revitalisasi kembali kepopuleran genre superhero di Hollywood.

Bale sukses dalam menampilkan sosok Batman yang se-intimidatif seperti Keaton (bahkan lebih ngeri). Dan ketika menjadi Bruce-nya pun, ia bisa langsung berubah drastis menjadi sosok miliyader playboy muda yang kadang nyebelin.

JANGAN LEWATKAN •
Suicide Squad Akan Hadirkan Cameo Batman? Ini Jawaban James Gunn

Tapi masalahnya disini. Perbedaan alter ego Batman dan Bruce-nya jomplang banget. Seperti yang udah dijelasin di poin Kilmer sebelumnya, Batman dan Bruce memang dua ego yang beda. Tapi keduanya saling MENOPANG.

Jadi ketika Bruce menjadi Bruce, ia masih menampilkan sisi Batmannya dan juga sebaliknya.Nah hal ini gak keliatan banget di Batman-nya Bale. Bruce ya Bruce, Batman ya Batman. Paham kan?

1. Michael Keaton (Batman & Batman Returns, 1989 & 1992)

aktor batman
Michael Keaton | Vanity Fair

Dan inilah yang gue anggep bahkan sampai sekarang, aktor Batman terbaik sepanjang masa. Keaton tidak hanya imbang dalam memerankan Bruce dan Batman, namun ia juga sukses menghidupkan sisi kelam dan tragis dari karakternya ini.

Tentunya kekerenannya ini, juga gak lepas dari visi seklaigus kerjasama keren antara Keaton dengan sutradara langganannya, si nyentrik gothic, Tim Burton. Kalau mau mengatakan sisi gak enaknya dari Batman Keaton, adalah tone karakternya yang terlalu depresif.

JANGAN LEWATKAN •
10 Komik Batman Dengan Alur Cerita Terbaik

Tapi ya pada akhirnya, sesuai sih dengan tone dan konsep kisahnya. Nah, dari 6 aktor Batman ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?