10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik, Alur Cerita dan Grafik yang Memukau!

Rekomendasi Film Animasi Terbaik

Film animasi merupakan sebuah kesenangan di masa kecil setiap orang. Bagi anak-anak, melihat sesuatu yang menakjubkan pasti bisa membuat mereka menghayalkan seperti apa dunia yang menyenangkan. Selain itu film animasi juga tidak hanya untuk anak-anak saja, ada beberapa film yang memiliki cerita kompleks dan emosi yang layak ditonton oleh orang dewasa. Buat kamu yang ingin tahu, kami akan membagikan rekomendasi film animasi terbaik menurut Dafunda.

Apa itu Film Animasi?

Film Animasi adalah film yang dibuat dengan cara menggerakkan gambar. Jenis film ini biasanya menggunakan animasi komputer 2D dan 3D. Stop motion menjadi salah satu tekni yang sering digunakan untuk membuat film animasi.

Oleh karena itu, film animasi menjadi genre film yang cocok untuk ditonton bersama keluarga (kecuali Sausage Party). Kali ini kami akan membagikan rekomendasi film animasi terbaik menurut kami. Simak ulasannya di bawah ini.

10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Menurut Dafunda Community

1. The Lion King – 1994

Rekomendasi Film Animasi Terbaik The Lion King

The Lion King merupakan film animasi Disney yang mungkin paling diingat oleh banyak orang. Bercerita tentang anak singa, Simba yang harus bersiap untuk menjadi raja hutan dan berhadapan dengan musuh yang tidak menyukainya. Film ini disutradarai oleh Roger Aliers dan Rob Minkoff, Matther Broderick, Jeremy Irons dan James Earl Jones menyumbangkan suaranya untuk karakter utama. The Lion King saat ini sudah dibuatkan live actionnya dan akan tayang 2019. Pasti kamu sudah tidak sabar menunggu live-action dari rekomendasi film animasi terbaik pertama ini.

Sinopsis The Lion King

Seorang pangeran singa muda diusir dari harga dirinya oleh pamannya yang kejam, yang mengklaim dia membunuh ayahnya. Sementara paman memerintah dengan cakar besi, pangeran tumbuh di luar Savannah, hidup dengan filosofi: Jangan khawatir selama hari-harimu. Tapi ketika masa lalunya menghantui dia, pangeran muda harus memutuskan nasibnya: Akankah dia tetap dikucilkan atau menghadapi iblis-iblisnya dan menjadi apa yang dia butuhkan?


2. Kimi no na wa. – 2016

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Kimi No Nawa

Berbicara tentang film animasi terbaik, Jepang menjadi penyumbang terbanyak untuk saat ini. Animasi Jepang atau yang biasa disebut anime saat ini sudah sangat mendunia. Tahun 2016 lalu, Kimi no na wa (Your Name) menjadi film animasi terbaik yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu.

Film ini mengisahkan tentang cinta beda ruang dan waktu. Seorang gadis muda bertukar tubuh dengan seorang pemuda dari Tokyo di dalam tidur mereka. Sebuah komet lalu jatuh dan sang gadis meninggal dunia, oleh karena itu pemuda ini harus mencari tahu hingga mengulang waktu. Diproduksi oleh Comixwave, Kimi no na wa disutradarai oleh Makoto Sinkai yang benar-benar ahli dalam membuat film animasi.

Sinopsis Kimi no na wa

Mitsuha adalah putri walikota sebuah kota pegunungan kecil. Dia gadis sekolah menengah yang tinggal bersama saudara perempuannya dan neneknya dan tidak ragu-ragu membiarkannya diketahui bahwa dia tidak tertarik pada ritual Shinto atau membantu kampanye pemilihan ayahnya.

Sebaliknya dia bermimpi meninggalkan kota yang membosankan dan mencoba peruntungannya di Tokyo. Taki adalah anak SMA di Tokyo yang bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia dan bercita-cita menjadi seorang arsitek atau seniman. Setiap malam dia bermimpi aneh di mana dia menjadi … seorang gadis SMA di kota pegunungan kecil.


3. Coco – 2017

Coco

Coco merupakan film animasi yang dipadukan dengan musikal. Film ini menceritakan tentang seorang musisi muda miguel yang mendapat pertentangan dari keluarganya untuk bermain musik. Tanpa sengaja, dia mengambil gitar dan memasuki dunia kematian. Dia harus mencari kakek buyutnya, seorang penyanyi legendaris untuk bisa kembali ke dunia manusia.

Sinopsis Coco

Terlepas dari larangan musik generasi sebelumnya, Miguel bermimpi menjadi seorang musisi ulung seperti idolanya, Ernesto de la Cruz. Putus asa untuk membuktikan bakatnya, Miguel menemukan dirinya di Tanah Mati yang menakjubkan dan penuh warna mengikuti rantai peristiwa misterius. Sepanjang jalan, ia bertemu penipu menawan Hector, dan bersama-sama, mereka memulai perjalanan luar biasa untuk membuka kisah nyata di balik sejarah keluarga Miguel.

4. Spirited Away – 2001

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Spirited Away

Sen to Chihiro no kamikakushi bisa dibilang film animasi terbaik sepanjang masa. Film ini bercerita tentang seorang anak perempuan 10 tahun yang masuk ke dunia yang diatur oleh dewa, penyihir, roh dan manusia yang bisa berubah menjadi hewan buas. 

Sinopsis Spirited Away

Kisah petualangan aneh seorang gadis sepuluh tahun bernama Chihiro, yang menemukan dunia rahasia ketika dia dan keluarganya tersesat dan menjelajah melalui terowongan di sisi bukit. Ketika orang tuanya menjalani transformasi misterius, Chihiro harus menjaga dirinya sendiri saat dia menemui roh-roh aneh, berbagai macam makhluk dan seorang penyihir pemarah yang berusaha mencegahnya kembali ke dunia manusia.


5. WALL-E – 2008

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Wall E

WALL-E merupakan film animasi yang menceritakan tentang robot mungil yang tinggal di Bumi setelah manusia meninggalkan bumi. film ini bisa membuat emosi menggebu-gebu karena ceritanya yang menyayat hati. Film Disney Pixar ini cocok untuk ditonton bersama keluarga.

Sinopsis WALL-E

WALL-E, kependekan dari Waste Allocation Load Lifter Earth-class, adalah robot terakhir yang tersisa di Bumi. Dia menghabiskan hari-harinya dengan merapikan planet, satu bagian sampah pada satu waktu. Tetapi selama 700 tahun, WALL-E telah mengembangkan kepribadian, dan dia merasa sangat kesepian. Kemudian dia melihat EVE, probe yang ramping dan indah dikirim kembali ke Bumi pada misi pemindaian. Smitten WALL-E memulai petualangan terbesarnya saat ia mengikuti EVE di seluruh galaksi.


6. Hotaru no haka – 1988

Hotaru No Haka

Hotaru na haka merupakan film animasi Jepang yang sudah ada sejak tahun 1988. Film ini menceritakan tentang kakak beradik yang berjuang hidup pasca Perang Duni II. Hotaru no haka diadaptasi dari novel karya Akiyuki Nosaka. Ini merupakan salah satu film animasi terbaik yang diproduksi oleh Studio Ghibli.

Sinopsis Hotaru no haka

Kisah Seita dan Satsuko, dua saudara muda Jepang, hidup pada hari-hari yang menurun dari Perang Dunia II. Ketika pengeboman Amerika memisahkan dua anak dari orang tua mereka, kedua saudara itu harus bergantung sepenuhnya pada satu sama lain sementara mereka berjuang untuk berjuang demi kelangsungan hidup mereka.


7. Up – 2009

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Up

Pixar memang sudah terbukti untuk membuat film animasi yang waw. Salah satu film terbaiknya adalah Up. Film ini menceritakan kisah seorang anak pramuka yang melakukan tugas untuk mendapat lencana terakhirnya. Dia harus menjaga seorang kakek tua dan tanpa sengaja rumah yang ditinggali terbang ke wilayah yang belum disentuh dengan banyak balon. 

Sinopsis Up

Carl Fredricksen sebagai bocah lelaki ingin menjelajahi Amerika Selatan dan menemukan Paradise Falls yang terlarang. Sekitar 64 tahun kemudian ia memulai perjalanannya bersama dengan Pramuka bernama Russel dengan mengangkat rumahnya dengan ribuan balon. Dalam perjalanan mereka, mereka bertemu banyak teman baru termasuk anjing yang berbicara dan mengetahui bahwa seseorang memiliki rencana jahat. Carl segera menyadari bahwa penjahat ini adalah idola masa kecilnya.


8. Toy Story – 1995

Toy Story

Kamu ingat dengan mainan yang bisa bicara? Bukan Barbie, tapi Toy Story. Film ini menceritakan Woody dengan sahabat mainan lainnya. Pertualangan hebat dilakukan oleh para mainan yang bisa hidup ini. Tom Hanks dan Tim Allen menyumbangkan suara mereka untuk karakter yang sangat dicintai anak-anak ini. Film keempat dari franchise ini sedang diproduksi dan akan tayang musim panas tahun depan.

Sinopsis Toy Story

Woody, boneka koboi yang baik hati yang dimiliki seorang bocah lelaki bernama Andy, melihat posisinya sebagai mainan favorit Andy terancam ketika orang tuanya membelikannya figur aksi Buzz Lightyear. Lebih buruk lagi, Buzz yang sombong berpikir dia adalah seorang angkasawan yang nyata dalam misi untuk kembali ke planet rumahnya. Ketika keluarga Andy pindah ke rumah baru, Woody dan Buzz harus melarikan diri dari cengkeraman tetangga yang tidak ramah Sid Phillips dan bersatu kembali dengan anak laki-laki mereka.


9. Wolf Children – 2012

Wolf Children

Kembali ke animasi Jepang, ada film Ookami kodomo no Ame to Yuki. Film ini menceritakan perjuangan seorang ibu yang memiliki sepasang anak werewolf. Konflik terjadi saat putranya memilih untuk hidup sebagai serigala mengikuti jejak sang ayah dan putrinya yang ingin beradaptasi dengan sekolah untuk menjadi manusia seutuhnya. Disutradarai oleh Mamoru Hosada dengan naskah miliknya, Wolf Children menjadi salah satu rekomendasi film animasi terbaik dari kami.

Sinopsis Wolf Children

Setelah kekasih werewolf-nya tiba-tiba meninggal dalam kecelakaan saat berburu makanan untuk anak-anak mereka, seorang wanita muda harus menemukan cara untuk membesarkan putra dan putri werewolf yang dia miliki bersamanya sambil menjaga sifat mereka tersembunyi dari masyarakat.

10. Inside Out – 2015

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Inside Out

Manusia memiliki beragam emosi dalam dirinya. Ada marah, sedih, senang, semuanya tertuang lewat film animasi terbaik Inside Out. Bercerita tentang seorang gadis yang baru pindah, film ini memperlihatkan bagaimana emosi bekerja dalam bentuk boneka-boneka lucu. Konflik dengan orang tua sangat berpengaruh dalam keseharian emosi-emosi ini. Inside Out merupakan kolaborasi Pixar dan Disney. Inside Out sangat cocok sebagai penutup dari rekomendasi film animasi terbaik menurut Dafunda.

Sinopsis Inside Out

Tumbuh menjadi jalan yang bergelombang, dan tidak terkecuali bagi Riley, yang tercerabut dari kehidupannya di Midwest ketika ayahnya memulai pekerjaan baru di San Francisco. Seperti kita semua, Riley dipandu oleh emosinya – Joy, Fear, Anger, Disgust and Sadness. Emosi tinggal di Markas Besar, pusat kendali di dalam pikiran Riley, di mana mereka membantu menasihatinya melalui kehidupan sehari-hari.

Ketika Riley dan emosinya berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di San Francisco, kekacauan terjadi di Markas Besar. Meskipun Joy, emosi utama Riley dan yang paling penting, mencoba untuk menjaga hal-hal positif, konflik emosi tentang cara terbaik untuk menavigasi kota baru, rumah dan sekolah.


Apakah Kamu Setuju dengan Rekomendasi Film Animasi Terbaik dari Kami?

Berikan Pendapatmu

Nah, itulah 10 rekomendasi film animasi terbaik yang bisa Dafunda berikan. Kami sudah membuat banyak rekomdasi film dengan genre lainnya.


Referensi: IMDb, Wikipedia

0/5 (0 Reviews)

Mentor

Muhammad Furqan

Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.

Ayo mulai berdiksusi