MovieMovie List

20 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton!

Setidaknya sekali dalam seumur hidup, kamu harus menonton 20 rekomendasi film terbaik sepanjang masa berikut ini.

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa selalu menjadi topik yang menarik. Apalagi, rangkaian film tersebut menampilkan kualitas cerita, sinematografi, dan penampilan aktor-aktornya yang pastinya tidak perlu kita ragukan lagi.

Dafunda Movie kali ini akan memberikan beberapa judul film terbaik yang harus kamu tonton dari berbagai genre. Ada pula film trilogi yang harus kamu tonton ketiganya agar mendapatkan pengalaman yang lebih terasa.

Oleh karena itu, berikut ulasan singkat rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang harus kamu tonton sekali seumur hidup.

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton (1-5)

1. The Shawshank Redemption (1994)

rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah
IMDb/The Shawsank Redemption

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang pertama ialah The Shawsanks Redemption. Film ini menduduki peringkat 1 dalam IMDb Top 250 Movies, menjadikannya salah satu film terbaik sepanjang masa. Meskipun film jadul pada era 90-an, The Shawshank Redemption adalah film yang harus kamu tonton.

Sejak masuk penjara, Andy Dufresne berkenalan dengan sesama narapidana yang luar biasa. Dia kemudian bertujuan untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah dan menemukan siapa pelaku sebenarnya. Mampukah dia melakukan itu?

Sinopsis The Shawshank Redemption

Pada tahun 1947, setelah mendapat peradilan atas pembunuhan istri dan selingkuhannya, Andy Dufresne mendapat vonis hukuman penjara seumur hidup di Shawshank State Penitentiary.

Di penjara tersebut, ia berteman dengan narapidana lain bernama Ellis “Red” Redding, yang juga menjalani hukuman seumur hidup di sana.

Red kemudian memberikan kepada Andy poster-poster besar aktris seperti Rita Hayworth, Marilyn Monroe, dan Raquel Welch. Andy bekerja di laundry penjara dan menjadi target gangster “The Sisters,” yang memiliki ketua bernama Bogs.

Dua tahun kemudian, Andy mengetahui bahwa kepala petugas penjara, Byron Hadley, memiliki masalah dengan pajak warisannya.

Dengan pengalaman sebagai seorang bankir, Andy memberikan saran kepada Hadley untuk mengatasi masalah tersebut. Sarannya membuat Hadley menghajar Bogs bersama dengan kelompok “The Sisters,” yang hampir membunuh Andy.

Setelah itu, Andy mendapatkan kepercayaan untuk mengelola keuangan penjara Shawshank. Saran dan keterampilannya sangat berguna dan ia mendapatkan perlakuan istimewa dari penjaga penjara.

Andy mulai mengirim surat kepada pemerintah negara bagian untuk meminta dana renovasi perpustakaan penjara.

Tipe Detail
JudulThe Shawsank Redemption
SutradaraFrank Darabont
GenreDrama
Rating IMDb9,3/10

2. The Godfather (1972)

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah The Godfather. Film ini benar-benar berkelas.

Mulai dari plot yang terstruktur dengan baik, alur cerita yang selalu menarik, dan performa akting para pemeran yang sangat memukau, membuat film mafia terbaik ini sangat pantas berada di posisi puncak.

Selain itu, detail-detail seperti properti dan musik dalam film ini juga membantu menyempurnakan tema film.

Jika The Shawshank Redemption tidak ada, kemungkinan besar film ini yang akan berada di peringkat teratas. Dua jempol tampaknya tidak cukup untuk memberikan penghargaan kepada karya luar biasa dari sutradara Francis dan penulis novelnya, Mario Puzo.

Sinopsis The Godfather

Pada tahun 1945 di Kota New York, Vito Corleone mengadakan pesta pernikahan yang megah untuk putrinya.

Selain putrinya, Vito memiliki seorang anak angkat bernama Tom Hagen yang bekerja sebagai pengacara dan berperan sebagai penasihat keluarga. Kedua putranya, Sonny dan Michael, juga hadir bersama dengan keluarga dan pasangan mereka.

Pesta tersebut juga hadir, Johnny Fontane, anak baptis Vito yang merupakan seorang penyanyi terkenal dan sedang mencoba masuk ke industri film dengan bantuan keluarga Mafia.

Tom dikirim untuk bertemu dengan produser film dan membicarakan kemungkinan Johnny untuk berakting dalam film tersebut. Tentu saja, setiap masalah keluarga Corleone hadapi biasanya menggunakan kekerasan untuk menyelesaikannya.

Hal yang sama terjadi pada produser film itu, di mana dia terbangun dengan kepala kuda kesayangannya yang sangat berharga berada di sampingnya dengan darah yang tumpah.

Masalah muncul ketika Solozzo, seorang pengedar narkoba, menawarkan kerjasama dalam melindungi bisnis narkobanya dan berbagi keuntungan.

Vito menolak tawaran tersebut karena dia menganggap bisnis baru ini berbahaya, berbeda dengan bisnis judi dan organisasi buruh yang telah mereka jalani sebelumnya. Vito curiga terhadap Solozzo dan mengirim anak buahnya untuk menyelidiki.

Tipe Detail
JudulThe Godfather
SutradaraFrancis Ford Coppola
GenreDrama, Crime
Rating IMDb9,2/10

3. The Dark Knight (2008)

Rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah selanjutnya adalah sang superhero kegelapan, The Dark Knight.

Kalau kamu seorang pecinta film superhero penuh aksi, film ini sangat pas buat kamu. The Dark Knight menampilkan adu ketegangan antara Batman dan antagonis utamanya, Joker.

Cerita bermula dari pengungkapan seorang akuntan mafia yang cerdik yang membahayakan kelangsungan usaha ilegal para pemimpin mafia.

Merasa dirugikan, mereka memilih untuk berkolaborasi dengan Joker. Sejak keputusan itu, kekacauan di kota Gotham semakin tidak terkendali. Selain melawan Joker, Batman juga harus melawan semua kejahatan yang terjadi.

Film ini bisa dibilang merupakan film superhero dengan rating tertinggi hingga artikel ini ditulis. Rating The Dark Knight hanya kalah dari dua film teratas di IMDb. Tak hanya itu, film ini juga berhasil meraih Oscar.

Sinopsis The Dark Knight

The Dark Knight adalah sekuel dari Batman Begins yang menceritakan perjuangan Batman, polisi, dan jaksa penuntut dalam melawan kejahatan terorganisir di Gotham City, ulah Joker yang menyebabkan kekacauan.

Film ini meraih kesuksesan di box office dan berpengaruh pada film-film superhero modern lainnya.
Kisah seru ini bermula dengan aksi Joker (Heath Ledger) yang mencuri dan memanipulasi para penjahat agar saling membunuh dan meninggalkan uang hasil curian kepada Joker.

Kejahatan Joker semakin meningkat dan membuat kota Gotham dalam kegelisahan. Batman (Christian Bale), yang ingin melihat Gotham damai, mulai menghancurkan para penjahat.

Tidak sendirian, Batman bekerja sama dengan jaksa wilayah, Harvey Dent (Aaron Eckhart), untuk mencari Joker sebagai otak di balik semua kejahatan. Mereka berhasil menghentikan Joker, tetapi dalam prosesnya, Dent meninggal dunia.

Hal ini membuat Batman menjadi buronan polisi karena dianggap sebagai penyebab kematian Dent. Apa yang sebenarnya terjadi? Temukan jawabannya dalam film The Dark Knight.

Tipe Detail
JudulThe Dark Knight
SutradaraChristopher Nolan
GenreDrama, Crime, Action
Rating IMDb9,0/10

4. Schindler’s List (1993)

Selama Perang Dunia II, Nazi Jerman menduduki Polandia, dan Oskar Schindler, seorang pengusaha, merasa simpati terhadap para pekerja Yahudi setelah menyaksikan perlakuan kejam yang dilakukan Nazi terhadap mereka.

Film drama sejarah ini dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada, yang disutradarai oleh Steven Spielberg, seorang sineas Yahudi.

Film Schindler’s List menampilkan Liam Neeson, Ralph Fiennes, dan Ben Kingsley. Film ini menggunakan teknik presentasi hitam-putih untuk menghadirkan nuansa kelam yang sutradara inginkan.

Tentu saja, film ini meraih banyak penghargaan dan ulasan yang sangat memuji kualitas film yang diadaptasi dari novel Schindler’s Ark karya Thomas Keneally yang terbit pada tahun 1982.

Sinopsis Schindler’s List

Mengisahkan situasi yang Yahudi hadapi di bawah tekanan rezim Nazi di Jerman. Pada tahun 1939, kehidupan para penduduk Yahudi sangat sulit dan mereka merasa teraniaya.

Namun, ada seorang pengusaha Nazi yang memiliki niat baik untuk membantu mereka mencapai kehidupan yang lebih layak.

Pengusaha tersebut adalah Oskar Schindler, yang membangun sebuah pabrik dan mempekerjakan orang-orang Yahudi, dengan bantuan akuntan bernama Itzhak Stern. Namun, terdapat rahasia dan rencana tersembunyi di balik tindakan baik Oskar tersebut.

Tipe Detail
JudulSchindler’s List
SutradaraSteven Spielberg
GenreDrama, Biographic
Rating IMDb9,0/10

5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Semua pasti setuju jika The Lord of the Rings: The Return of the King masuk ke dalam daftar rekomendasi film terbaik sepanjang masa.

Film ini bisa kita katakan film yang nyaris sempurna. Melanjutkan kisah dari film kedua, pertempuran kali ini berlokasi di Minas Tirith, Gondor.

Jika film kedua menampilkan pertempuran di Helm’s Deep dan serangan ent di Isengard, maka The Return of the King menampilkan pertempuran epik untuk mempertahankan Minas Tirith.

Trilogi ini terkenal dengan pertempuran hebat berskala besar, dengan jumlah prajurit mencapai puluhan ribu, serta efek khusus dan musik latar yang mewah.

Film ini juga tidak hanya fokus pada adegan peperangan, tetapi juga memiliki plot yang mendalam. Pertempuran dan kisah-kisah di dalamnya juga sangat menyentuh.

Sinopsis The Lord of the Rings: The Return of the King

Isengard, yang merupakan basis Saruman, telah berhasil hancur. Gandalf, Aragorn, Gimli, Legolas, dan Raja Theoden, yang memenangkan pertempuran di Helm’s Deep, akhirnya tiba di tempat itu. Mereka bertemu kembali dengan Pippin dan Merry, dua Hobbit yang berhasil membujuk Treebeard untuk melawan Saruman.

Saat itu, Pippin menemukan bola palantir milik Saruman, tetapi Gandalf dengan cepat mengambilnya dan menyimpannya di balik jubahnya.

Namun, Pippin tetap penasaran dan diam-diam mengambil bola palantir dari Gandalf. Pippin langsung memegangnya tanpa berpikir panjang dan merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Ternyata, Pippin terlihat oleh Sauron, yang mengira bahwa Pippin adalah Hobbit yang memegang Cincin Satu. Namun, di sisi lain, Pippin berhasil mengetahui rencana Sauron untuk menyerang Minas Tirith, ibu kota Gondor.

Kemudian, Gandalf membawa Pippin ke Minas Tirith untuk memperingatkan Denethor, penguasa Gondor setelah kematian raja.

Namun, Denethor tidak peduli dan bahkan sedikit gila setelah kehilangan putranya, Boromir. Ia menolak untuk meminta bantuan Rohan karena tahu bahwa Aragorn akan datang bersama mereka dan ia tidak ingin sang raja yang sah merampas kekuasaannya.

Sementara itu, Gandalf dan yang lainnya sibuk mempertahankan Minas Tirith, Frodo dan Sam semakin mendekati Gunung Doom.

Namun, persahabatan mereka terancam karena Gollum yang licik dan hampir saja menyebabkan Frodo terbunuh oleh laba-laba raksasa.

Misi menghancurkan Cincin Satu tinggal beberapa langkah lagi, akankah mereka mampu mengalahkan Sauron dan menyelamatkan Middle Earth?

Tipe Detail
JudulThe Lord of the Rings: The Return of the King
SutradaraPeter Jackson
GenreDrama, Adventure, Action
Rating IMDb9,0/10

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton (6-10)

6. Inception (2010)

rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah
IMDb/Inception

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa berikutnya ini ada sang bintang film terkenal, Leonardo Di Caprio. Dia berperan sebagai Dominic Cobb, seseorang yang memiliki kemampuan untuk memasuki mimpi orang lain dan mencuri informasi penting dari mereka. Keahlian uniknya ini, mengantarkannya pada sebuah misi yang sangat kompleks.

Dia mendapat tugas untuk memasukkan gagasan ke dalam otak seorang CEO. Di tengah berbagai hambatan yang berisiko, apakah dia bisa menyelesaikan tugasnya? Film ini juga memiliki plot twist yang membuatmu terheran-heran.

Sinopsis Inception

Dimulai dengan kemunculan Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri profesional yang memiliki metode unik dalam menjalankan aksinya.

Dom mempunyai kemampuan langka untuk memasuki mimpi seseorang dan mengambil rahasia dari alam bawah sadarnya. Tentu saja, hal ini menimbulkan kecemasan bagi banyak agen pertahanan.

Mendengar kabar tersebut, perusahaan spionase terkenal di seluruh dunia segera bekerja keras untuk menciptakan teknologi berbagi mimpi yang dikenal sebagai Inception, dengan tujuan menangkap dan menggagalkan upaya Dom.

Agen-agen yang ditugaskan kemudian mulai melakukan penyelidikan yang melibatkan banyak tingkat mimpi yang rumit hingga misi mereka selesai.

Tipe Detail
JudulInception
SutradaraChristopher Nolan
GenreSci-Fi, Adventure, Action
Rating IMDb8,8/10

7. Interstellar (2014)

rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah
British GQ/Interstellar

Film-film yang berlatar ruang angkasa selain memberikan visual yang epik, juga selalu mampu menciptakan rasa kagum, termasuk Interstellar. Film ini berfokus tentang mengenai bumi yang semakin tidak ramah untuk ditinggali.

Film ini merupakan produksi dari beberapa rumah produksi ternama, antara lain Paramount Pictures, Warner Bros. Pictures, Legendary Pictures, Syncopy, dan Lynda Obst Production.

Selain Matthew McConaughey, film dengan genre science fiction/mystery ini juga menampilkan aktor dan aktris terkenal lainnya, seperti Anne Hathaway, Jessica Chastain, Mackenzie Foy, Ellen Burstyn, John Lithgow, Michael Caine, David Gyasi, Wes Bentley, Casey Affleck, dan Timothee Chalamet.

Film ini merupakan garapan sutradara Christopher Nolan, yang juga menjadi penulis skenario bersama Jonathan Nolan. Interstellar (2014) berhasil meraih 44 penghargaan dan mendapatkan nominasi di penghargaan lainnya.

Beberapa penghargaan yang berhasil film ini raih termasuk Best Achievement in Visual Effects di Academy Awards 2015 (Oscar), Best Special Visual Effects di Bafta Awards 2015, dan Movie of the Year di AFI Awards 2015.

Sinopsis Interstellar

Pada tahun 2067, Bumi mengalami masalah seperti badai pasir dan hama tanaman yang menyebabkan kelangkaan makanan. Joseph Cooper, seorang mantan pilot NASA yang sekarang menjadi petani jagung, tinggal bersama dua anaknya, Tom dan Murphy, dan ayah mertuanya, Donald.

Setelah badai pasir, Cooper menemukan sesuatu yang aneh di kamar Murphy, yaitu variasi gravitasi yang diterjemahkan menjadi koordinat.

Bersama Murphy, Cooper pergi ke titik koordinat tersebut dan ternyata itu adalah markas rahasia NASA yang dipimpin oleh Prof. John Brand.

Profesor tersebut menjelaskan misi mereka untuk mencari lokasi di planet lain agar dapat dihuni oleh manusia. Setelah munculnya wormhole di sekitar planet Saturnus 48 tahun yang lalu, mereka mengirim 12 relawan untuk menemukan planet tersebut.

Namun, hanya tiga relawan yang mengirimkan laporan yang menjanjikan. Cooper diminta untuk menerbangkan tiga ilmuwan untuk mengumpulkan data dari ketiga relawan tersebut.

Bagi Cooper, meninggalkan kedua anaknya tidaklah mudah, terutama setelah kematian ibu mereka.

Namun, sebagai tanggung jawabnya sebagai warga negara, Cooper memilih untuk pergi. Mereka melewati wormhole dan sampai di galaksi lain untuk mengunjungi planet pertama. Cooper, Brand, dan Doyle memasuki planet yang penuh dengan lautan dan ombak yang tinggi.

Tipe Detail
JudulInterstellar
SutradaraChristopher Nolan
GenreSci-Fi, Adventure, Drama
Rating IMDb8,7/10

8. The Silence of the Lambs (1991)

Rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah
IMDb/The Silence of the Lambs

Ini adalah salah satu film terbaik sepanjang masa yang sangat menarik untuk ditonton. Film ini berfokus pada kisah seorang agen muda FBI, Clarice Starling (Jodie Foster), yang mendapat tugas untuk membantu menangkap seorang pembunuh berantai yang memiliki kebiasaan menguliti korban-korbannya.

Sebelumnya, dia perlu mencari tahu petunjuk dari Hannibal Lecter, seorang tahanan yang juga psikopat. Lecter, yang juga seorang psikopat, memberikan bantuan yang signifikan dalam kasus ini.

Sinopsis The Silence of the Lambs

Clarice Starling diberhentikan sementara dari akademi untuk menerima tugas khusus mewawancarai Hannibal Lecter.

Dalam upayanya untuk memahami cara berpikir Hannibal, Clarice berharap bisa menemukan petunjuk untuk mengejar seorang pembunuh berantai yang dikenal sebagai Buffalo Bill, yang terkenal karena menguliti para korbannya yang semuanya perempuan.

Hannibal, yang merasa dibohongi, awalnya menolak untuk bekerja sama dengan Clarice. Namun, setelah mengalami gangguan dari seorang tahanan lain, Hannibal setuju untuk membantu asalkan dia dapat dipindahkan ke penjara lain.

Ketika putri seorang senator diculik dan FBI meminta bantuan Hannibal, dia menambahkan syarat baru. Selain pemindahan, dia juga ingin menukar informasi yang dia miliki dengan profil pribadi Clarice.

Film horor psikologis karya Jonathan Demme ini dianggap sebagai adaptasi terbaik dari novel karya Thomas Harris.

Keunggulan film ini tidak hanya pada plot cerita yang menarik, tapi juga pada akting luar biasa dari Anthony Hopkins dan Jodie Foster.

Dalam film ini, Hannibal Lecter, seorang pembunuh berantai dan kanibal, membantu FBI dalam mencari tahu cara berpikir Buffalo Bill sebelum korban bertambah.

Pertarungan psikologis antara Hannibal dan Clarice sangat menegangkan dan mempengaruhi pikiran dan mental penonton.

Berhasilnya FBI menemukan pelaku pembunuhan berkat analisis dan catatan dari Hannibal yang diinterpretasikan oleh Clarice.

Tipe Detail
JudulThe Silence of the Lambs
SutradaraJonathan Demme
GenreCrime, Thriller, Drama
Rating IMDb8,6/10

9. Fight Club (1999)

Rekomendasi film terbaik selanjutnya adalah Fight Club yang rilis pada tahun 1999. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh Edward Norton, Brad Pitt dan Helena Bonham Carter.

Fight Club menceritakan cinta segitiga antara pekerja di klub pertarungan ilegal, penjual sabun pemilik klub dan seorang wanita bernama Marla Singer.

Sinopsis Fight Club 

Pada tahun 1996, seorang penulis bernama Chuck Palahniuk menerbitkan sebuah novel yang berjudul “Fight Club”, yang kemudian menarik perhatian sutradara David Fincher untuk diadaptasi menjadi film.

Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Edward Norton, dan Helena Bonham Carter. Dengan durasi 139 menit, film ini menceritakan tentang upaya untuk menciptakan sebuah kelompok bertarung.

Film dimulai dengan seorang narator (Edward Norton) yang menderita insomnia setelah hidupnya hancur.

Dalam upaya untuk pulih, ia bertemu dengan seorang penjual sabun bernama Tyler (Brad Pitt) yang memiliki pengalaman hidup yang mirip dengannya.

Keduanya menjadi teman dan membentuk sebuah klub bawah tanah yang disebut klub bertarung.
Mereka mengundang pria-pria yang merasa bosan dengan hidup mereka. Di klub ini, mereka dapat melampiaskan kemarahan mereka dengan saling berkelahi.

Klub ini menjadi sangat sukses, namun semuanya berantakan ketika seorang wanita bernama Marla (Helena Bonham Carter) datang. Apa yang dilakukan oleh wanita tersebut sehingga merusak klub dan persahabatan antara narator dan Tyler?

Tipe Detail
JudulThe Silence of the Lambs
SutradaraJonathan Demme
GenreCrime, Thriller, Drama
Rating IMDb8,6/10

10. Saving Private Ryan (1998)

Meskipun Saving Private Ryan masih menunjukkan ciri khas film-film Spielberg yang ringan dan dapat dinikmati oleh semua kalangan sebagai tontonan hiburan, film ini tetap memiliki pesan dan makna yang mendalam.

Nuansa film ini lebih gelap daripada film-film Spielberg lainnya. Jika membandingkan dengan War Horse, yang juga merupakan film perang, Saving Private Ryan jelas lebih berbobot dan lebih gelap.

Film ini mencoba mengeksplorasi beberapa aspek dan pertanyaan yang sering muncul dalam medan perang. Hal yang paling jelas adalah pertanyaan tentang nilai kehidupan setiap individu di medan perang.

Sinopsis Saving Private Ryan

Kapten John F. Miller adalah seorang anggota tentara Amerika Serikat yang tergabung dalam 2nd Ranger Batallion. Ia turut berperang bersama ribuan tentara lainnya di Pantai Omaha pada tahun 1944.

Beberapa hari kemudian, Miller diberi perintah untuk mencari seorang prajurit bernama James Francis Ryan dan membawanya pulang ke keluarganya.

Perintah ini diberikan karena tiga saudara Ryan telah gugur di medan perang dan ibu mereka hanya memiliki James sebagai satu-satunya anak yang masih hidup. Miller setuju dengan perintah tersebut dan membawa tujuh orang rekannya dalam misi pencarian Ryan.

Mereka bergerak menuju wilayah Neuville dan siap menghadapi banyak rintangan dan bahaya dalam perjalanan mereka. Apakah mereka akan berhasil menemukan Prajurit Ryan?

Tipe Detail
JudulSaving Private Ryan
SutradaraSteven Spielberg
GenreWar, Drama
Rating IMDb8,6/10

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton (11-15)

11. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump menjadi film drama romantis yang masuk dalam daftar ini. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini merupakan adaptasi dari novel karya Winston Groom. Mendapat arahan dari sutradara Robert Zemeckis, Forrest Gump berhasil memborong 6 piala Oscar pada masanya.

Sinopsis Forrest Gump

Mengisahkan kehidupan seorang pria bernama Forrest Gump, yang memiliki IQ di bawah rata-rata. Forrest dibesarkan dengan penuh kasih oleh ibunya, meskipun sejak kecil ia sering menjadi korban perundungan oleh teman-temannya yang menganggapnya bodoh.

Forrest memiliki sahabat bernama Jenny, yang tetap bersamanya sampai mereka dewasa. Ibunya hampir menyerah dalam mendidik Forrest karena kecerdasannya yang terbatas.

Meskipun hidup dengan keterbatasan, Forrest berhasil melanjutkan pendidikannya dan lulus dari perguruan tinggi berkat kemampuannya dalam berlari.

Kemampuan ini diperolehnya saat ia sering dikejar oleh teman-temannya saat pulang sekolah.
Setelah lulus, Forrest mendaftar ke militer dan dikirim ke Vietnam.

Di sana, kemampuan berlari cepatnya sangat berguna dalam perang. Ia bahkan mendapatkan medali kehormatan kongres atas jasanya.

Forrest Gump menghabiskan waktunya mencari Jenny, sahabat masa kecilnya. Suatu hari, ia akhirnya bertemu Jenny dan melamarnya.

Namun, Jenny menolaknya tanpa alasan yang jelas. Meski begitu, Jenny menunjukkan cinta terpendamnya dengan tidur bersamanya dan pergi tanpa jejak di pagi hari.

Mendengar hal itu, Forrest merasa sedih dan memutuskan untuk mengelilingi Amerika Serikat selama lebih dari tiga setengah tahun. Ia menjadi terkenal di televisi dan surat kabar.

Berkat kepopulerannya, Jenny mengirimkan surat kepadanya, meminta Forrest untuk datang ke rumahnya.

Tipe Detail
JudulForrest Gump
SutradaraRobert Zemeckis
GenreDrama, Romance
Rating IMDb8,8/10

12. The Lion King (1994)

Film “The Lion King” sangat cocok untuk ditonton bersama dengan keluarga. Merupakan sebuah film animasi musikal yang berasal dari Amerika Serikat.

Film ini dirilis pada tahun 1994 oleh Walt Disney Feature Animation dan dibawakan oleh Walt Disney Pictures.

Sutradara dari film ini adalah Roger Allers dan Rob Minkoff, sedangkan Don Hahn bertindak selaku produser. Cerita film ini diadaptasi dari drama Hamlet karya William Shakespeare.

Film “The Lion King” mengisahkan tentang Simba, anak dari Raja Mufasa, yang terpaksa melarikan diri dari kerajaan setelah pamannya, Scar, melakukan pembunuhan terhadap Mufasa.

Simba kemudian tumbuh dewasa dalam pengasingan dan harus mencari cara untuk kembali ke kerajaan serta merebut takhta yang semestinya menjadi miliknya.

“The Lion King” dirilis pada tanggal 15 Juni 1994 dan pada saat itu menjadi film animasi dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

Sinopsis The Lion King

Film “The Lion King” dimulai dengan Mufasa, Raja Pride Lands, mengajar Simba, putranya, tentang tanggung jawab menjadi seorang raja. Mufasa juga memperingatkan Simba untuk berhati-hati terhadap Scar, saudaranya yang jahat.

Scar berencana untuk membunuh Mufasa dan mengambil takhta untuk dirinya sendiri. Dia membujuk Simba untuk bermain di dekat tepi jurang, di mana Simba jatuh dan pingsan. Scar melihat kesempatan ini untuk membunuh Mufasa.

Simba merasa bersalah atas kematian ayahnya dan melarikan diri dari Pride Lands. Kemudian dia diasuh oleh dua hyena, Timon dan Pumbaa, yang mengajarkannya untuk hidup tanpa beban.

Beberapa tahun kemudian, Simba bertemu dengan Nala, teman masa kecilnya. Nala meyakinkan Simba untuk kembali ke Pride Lands dan mengambil alih takhta yang seharusnya menjadi haknya.

Tipe Detail
JudulThe Lion King
SutradaraRoger Allers
Rob Minkoff
GenreDrama, Animation, Adventure
Rating IMDb8,5/10

13. Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980)

Rekomendasi film terbaik selanjutnya datang dari franchise Star Wars. Film ini merupakan sekuel dari trilogi Star Wars yang terkenal dan telah menjadi salah satu film yang paling berpengaruh di seluruh dunia.

Fokus utama film ini adalah tentang seorang pahlawan yang harus menghadapi kekuatan jahat dan mencari cara untuk mengalahkan mereka. Film ini membawa pesan bahwa kebaikan akan selalu berhasil melawan kejahatan.

Akting dalam film ini sangat luar biasa. Mark Hamill, Harrison Ford, dan Carrie Fisher memainkan peran mereka dengan sangat baik dan mampu menghidupkan karakter mereka secara brilian.

Sinematografi juga menakjubkan dengan pengambilan gambar yang menarik dan mengagumkan. Musik yang dikomposisi oleh John Williams sangat indah dan efek khususnya juga luar biasa.

Sinopsis The Empire Strikes Back

Sekuel dari Star Wars: A New Hope (1977) ini berlatar 3 tahun setelah hancurnya Death Star oleh Luke Skywalker (Mark Hamill) di akhir filmnya.

Dengan situasi yang kurang lebih sudah sedikit aman ini, alhasil pasukan Rebel Alliance pun memindahkan markas mereka dari planet Yavin IV ke planet es, Hoth.

Namun ketenangan mereka kembali terusik ketika Darth Vader (David Prowse & James Earl Jones) mengirim beberapa probe droids (droid pelacak) untuk melacak markas baru Rebel Alliance dan juga sosok Luke.

Pihak kekaisaran melalui probe droids-nya tersebut akhirnya mengetahui dan menghancurkan Hoth.

Untunglah ketika markas mereka hancur, Luke dan seluruh pasukan kekaisarannya berhasil lolos. Melihat ini, Vader lantas kian “panas” saja untuk mencari dan menangkap Luke.

Sementara Luke sendiri pasca hancurnya Hoth, diutus oleh force ghost Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness) untuk melanjutkan latihannya menjadi Jedi dengan Master Yoda (Frank Oz) di Planet Dagobah.

Tipe Detail
JudulStar Wars: Episode V – The Empire Strikes Back
SutradaraIrvin Kershner
GenreAction, Fantasy, Adventure
Rating IMDb8,7/10

14. The Usual Suspects (1995)

Tak lengkap rasanya rekomendasi film terbaik jika tidak ada dari genre thriller atau mendebarkan. The Usual Suspects merupakan film misteri yang dibuat oleh Bryan Singer dan Christopher McQuarrie.

Film yang dibintangi oleh Benicio del Toro ini menceritakan tentang sekelompok kriminal yang selamat dari pembantaian di sebuah kapal. Dalang dari semua ini adalah seorang penguasa jahat yang misterius.

Sinopsis The Usual Suspects

Setelah pembajakan truk di New York, lima penipu ditangkap dan dibawa bersama untuk diinterogasi. Karena tidak ada dari mereka yang bersalah, mereka merencanakan operasi balas dendam terhadap polisi.

Operasi ini berjalan dengan baik, tetapi kemudian pengaruh seorang penjahat legendaris bernama Keyser Söze sangat terasa.

Masing-masing dari mereka pernah melakukan kesalahan pada Söze pada titik tertentu dan ditebus kembali sekarang.

Pekerjaan balas dendam ini menyebabkan 27 orang tewas dalam ledakan kapal, tetapi pertanyaan sebenarnya muncul sekarang, siapa sebenarnya Keyser Söze?

Tipe Detail
JudulThe Usual Suspects
SutradaraBryan Singer
GenreCrime, Drama, Mystery
Rating IMDb8,5/10

15. The Matrix (1999)

The Matrix

Rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah yang harus tonton berikutnya adalah The Matrix. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak muda yang masuk ke dunia komputer.

Keanu Reeves dan Laurence Fishburne harus berhadapan dengan kejahatan kontroler. The Matrix diarahkan oleh Wachowski Bersaudara dan menjadi salah satu film aksi terbaik di dunia.

Sinopsis The Matrix

Thomas A. Anderson adalah pria yang menjalani dua kehidupan. Pada siang hari ia adalah seorang programmer komputer biasa dan pada malam hari seorang hacker dikenal sebagai Neo. Neo selalu mempertanyakan realitasnya, tetapi kebenarannya jauh di luar imajinasinya.

Neo menemukan dirinya ditargetkan oleh polisi ketika ia dihubungi oleh Morpheus, seorang hacker komputer legendaris yang dicap sebagai teroris oleh pemerintah.

Morpheus membangkitkan Neo ke dunia nyata, gurun yang porak-poranda di mana sebagian besar umat manusia telah ditangkap oleh ras mesin yang hidup dari panas tubuh manusia dan energi elektrokimia dan yang memenjarakan pikiran mereka dalam realitas buatan yang dikenal sebagai Matrix.

Sebagai pemberontak melawan kontroler, Neo harus kembali ke Matrix dan menghadapi para agen: program komputer super-kuat yang ditujukan untuk menghabisi Neo dan seluruh pemberontakan manusia.

Tipe Detail
JudulThe Matrix
SutradaraLana Wachowski
Lilly Wachowski
GenreAction, Sci-Fi
Rating IMDb8,7/10

Baca Juga:

Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton (16-20)

16. The Green Mile (1999)

The Green Mile akan membawa kita ke dalam skenario di mana Paul dan teman-temannya perlu memenuhi permintaan terakhir John.

Selanjutnya, bagaimana pria berkulit hitam tersebut menjelaskan bahwa memiliki karunia yang luar biasa tidak menjamin kebahagiaan hidupnya.

Semua ini tersaji dengan begitu mengharukan. Salah satu momen yang membuat kita terharu adalah ketika kita akhirnya tahu alasan Paul meneteskan air mata saat menonton film klasik Top Hat di awal film.

Buat kalian para penonton, bersiaplah, karena bagian terakhir film ini akan menjadi ‘ujian mental’ banget.

Sinopsis The Green Mile

Pada tahun 1999, Paul Edgecomb, seorang lansia, tinggal di panti jompo di Louisiana. Dia sering membawa roti jagung dingin dan berjalan-jalan di bukit.

Suatu hari, saat mereka sedang menonton TV, salah satu penghuni panti jompo mengganti saluran dan menemukan film klasik berjudul Top Hat. Tanpa diduga, Paul menjadi emosional dan menangis.

Melihat hal ini, sahabatnya, Elaine, mendekatinya dan mereka berbicara tentang apa yang dirasakan Paul. Dia menceritakan tentang masa ketika dia bekerja sebagai sipir penjara pada tahun 1935.

Paul adalah ketua sipir di penjara Cold Mountain yang dikenal dengan sebutan Green Mile. Di sana, dia bertemu dengan John Coffey, seorang tahanan kulit hitam yang dituduh melakukan perkosaan dan pembunuhan terhadap dua anak perempuan kulit putih.

Namun, fakta mengejutkan dari kasus ini adalah bahwa John ditemukan sedang melindungi kedua anak perempuan itu dan mengaku bahwa seharusnya dia bisa menyelamatkan mereka. Namun, pada masa Great Depression, keberadaan seorang pria kulit hitam tidak menguntungkan John.

Tipe Detail
JudulThe Green Mile
SutradaraFrank Darabont
GenreCrime, Drama, Fantasy
Rating IMDb8,6/10

17. Spirited Away (2001)

Mungkin ini satu-satunya anime yang masuk ke daftar rekomendasi film terbaik sepanjang sejarah. Sejauh ini, Spirited Away adalah satu dari dua film anime yang pernah meraih piala Oscars.

Spirited Away berhasil memenangkan gelar Best Animated Feature di Oscars ke – 75. Film ini mengalahkan Ice Age, Lilo & Stitch, Spirit: Stallion of the Cimarron, dan Treasure Planet.

Nah, berkat film ini juga lah nama Studio Ghibli terangkat dan semakin terkenal di negara barat. Film karya Hayao Miyazaki ini menceritakan tentang petualangan seorang gadis bernama Chihiro yang terperangkap di dunia roh.

Prestasi dari film ini tak hanya sampai di situ saja, Spirited Away sempat memegang rekor sebagai film terlaris di Jepang selama 19 tahun hingga pada akhirnya dipatahkan oleh film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train.

Sinopsis Spirited Away

Seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro dan orang tuanya sedang dalam perjalanan menuju rumah baru mereka.

Ayahnya yang biasanya suka memilih jalan pintas malah membuat mereka tersesat dan menemukan sebuah terowongan misterius.

Ayah dan ibunya turun dari mobil dan pergi ke terowongan tersebut, dan Chihiro yang pada awalnya tidak ingin ikut, akhirnya mengikutinya karena takut. Setelah sampai di ujung terowongan, mereka menemukan sebuah desa yang kosong, tetapi ayah Chihiro mencium aroma makanan dari desa tersebut.

Mereka pun mengikuti aroma makanan itu dan menemukan sebuah kedai makanan yang tidak ada pemiliknya. Sementara ayah dan ibunya makan, Chihiro menjelajahi desa tersebut dan menemukan sebuah pemandian air panas dan bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Haku. H

aku memperingatkan Chihiro untuk pergi sebelum matahari terbenam. Meskipun merasa aneh dengan peringatan itu, Chihiro mengikutinya. Namun, sebelum Chihiro pergi, hari sudah mulai gelap. Makhluk aneh mulai muncul dan ketika Chihiro kembali ke kedai, orang tuanya telah berubah menjadi babi.

Chihiro mencoba pergi, tetapi terjebak oleh sebuah danau besar. Di sana, dia melihat banyak monster dan menyadari bahwa ini mungkin hanyalah sebuah mimpi.

Ketika berharap terbangun, tubuh Chihiro mulai menghilang dan dia semakin takut. Chihiro bersembunyi dan akhirnya ditemukan oleh Haku, yang kemudian menjelaskan cara bertahan di dunia roh kepada Chihiro.

Tipe Detail
JudulSpirited Away
SutradaraHayao Miyazaki
GenreAnimation, Adventure, Family
Rating IMDb8,6/10

18. The Pianist (2002)

Rekomendasi film terbaik selanjutnya memiliki latar ketika rezim Nazi berkuasa. Adrien Brody mencapai prestasi luar biasa dengan menjadi pemenang Oscar termuda untuk kategori Best Actor melalui film ini.

Film tersebut berdasarkan pada autobiografi seorang pianis Yahudi asal Polandia, Wladyslaw Szpilman, yang hidup selama penjajahan Jerman di Polandia dalam periode perang.

Penampilan Brody sangat memukau dalam menggambarkan seorang pianis yang bertahan hidup di tengah perang.

Dia berhasil memperlihatkan tekanan dan stres yang sangat realistis yang membuat penonton merasa terlibat dalam kisah Szpilman, dan merasa khawatir saat dia dalam kondisi berbahaya.

Kesedihan tidak hanya dirasakan saat melihat Szpilman bertahan hidup, tetapi juga saat menyaksikan perlakuan brutal dari tentara Jerman.

Setiap tokoh yang meskipun tak banyak mendapat durasi banyak, tetap bisa mendapatkan perhatian yang cukup.

Misalnya, tokoh Wilm Hosenfeld yang muncul di bagian akhir cerita. Perilakunya menarik simpati dan kekaguman, membuktikan bahwa tidak semua orang dalam kumpulan orang jahat adalah jahat.

Sinopsis The Pianist

Wladyslaw Szpilman, seorang pianis yang berasal dari Polandia dan keturunan Yahudi, sedang tampil di sebuah stasiun radio di Warsawa pada bulan September 1939.

Pada saat itu, Nazi meledakkan stasiun radio tersebut dalam invasi mereka ke Polandia.

Setelah itu, Szpilman segera pulang ke rumahnya untuk bergabung dengan keluarganya. Dia mendapatkan kabar bahwa Britania Raya dan Perancis telah mendeklarasikan perang terhadap Jerman.

Meskipun begitu, harapan Szpilman akan kemerdekaan Polandia dalam waktu dekat terbukti tidak terwujud karena pasukan Britania Raya dan Perancis tidak pernah datang ke Polandia.

Perlawanan rakyat Polandia hanya berlangsung selama satu bulan. Keadaan semakin memburuk ketika Soviet juga ikut menginvasi wilayah lain di Polandia, sementara Nazi menguasai Warsawa dan mendirikan kantor operasi militernya di sana.

Kehidupan orang-orang keturunan Yahudi menjadi semakin sulit karena Nazi melarang mereka memiliki pekerjaan dan memaksa pemilik usaha untuk menutup bisnis mereka.

Selain itu, Nazi juga memerintahkan orang Yahudi untuk mengenakan ban lengan dengan gambar bintang David sebagai tanda pengenal khusus.

Mereka juga dilarang memiliki uang lebih dari 2.000 zloty, berjalan di trotoar, dan menggunakan fasilitas umum.

Pada bulan November 1940, Szpilman dan keluarganya dipaksa pindah dari rumah mereka ke Ghetto, sebuah kamp untuk orang Yahudi di Warsawa.

Kapasitas tempat tersebut jauh melebihi jumlah penghuninya, sehingga para penduduk Ghetto harus hidup dalam kondisi yang sangat menyedihkan.

Tipe Detail
JudulThe Pianist
SutradaraRoman Planski
GenreBiography, Music, Drama
Rating IMDb8,5/10

19. Avengers: Infinity War (2018)

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa selanjutnya ini bertema superhero lagi selain The Dark Knight yang berada di urutan ketiga tadi.

Russo Brothers sangat memahami cara menampilkan momen-momen yang akan tetap dikenang dalam waktu yang lama, mulai dari munculnya karakter dan aksi menarik yang bisa merangsang tepuk tangan yang gemuruh, hingga rasa terkejut saat melihat para pahlawan kita berada dalam bahaya yang belum pernah mereka hadapi sebelumnya.

Dengan bantuan pengaturan kamera dari Trent Opaloch, yang telah bekerja sama dengan Russo Brothers sejak The Winter Soldier, berbagai gambar ikonik berhasil diciptakan.

Namun, sejak awal, tantangan terbesar adalah menggabungkan banyak karakter dengan berbagai cerita yang berbeda. Dan duo penulis skrip, Christopher Markus dan Stephen McFeely, menyanggupi tantangan itu.

Sinopsis Avengers: Infinity War

Film ini dibuka dengan melanjutkan adegan mid-credit dari film Thor: Ragnarok (2017). Kalau masih ingat di adegan mid-credit tersebut, Thor (Chris Hemsworth) dan Loki (Tom Hiddleston) yang sedang berada di dalam kapal bersama warga Asgard lainnya, tiba-tiba dihadang oleh kapal besar lain di hadapan mereka.

Singkat kata, kapal besar tersebut adalah kapal besar milik Thanos. Tujuan villain berjulukan The Mad Titan tersebut menghalau kapal duo bersaudara Asgard tersebut adalah untuk mengambil salah satu Infinity StoneSpace Stone.

Dalam prosesnya tersebut Thanos sukses mengalahkan Hulk (Mark Ruffalo) serta membunuh Loki dan Heimdall (Idris Elba). Ia pun sekali lagi sukses memiliki Infinity Stone berwarna biru tersebut.

Setelahnya Thanos dan rombongan berinisiatif ke bumi untuk mengambil beberapa Infinity Stone lain yang memang kebetulan dimiliki oleh beberapa karakter superhero Marvel-nya.

Dua di antaranya adalah Time Stone yang dimiliki oleh Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan Mind Stone yang dimiliki oleh Vision (Paul Bettany).

Untunglah Bruce Banner yang merupakan alter-ego Hulk sudah pulang ke bumi lagi sebelum rombongan Thanos datang. Sehingga ia bisa memperingatkan Strange dan menghubungi rekan Avengers-nya, Iron Man (Robert Downey Jr.).

Namun terbukti bahwa Strange, Hulk, Stark, dan Peter Parker aka Spider-Man (Tom Holland), masih belum cukup kuat untuk melawan Thanos cs.

Untunglah superhero-superhero lain yang sedang berada di tempat berbeda mengetahui akan hal ini. Bahkan tim Guardians of the Galaxy yang berada di angkasa pun tahu akan invasi yang Thanos lakukan.

Alhasil dari masing-masing lokasinya seluruh superhero Marvel ini mengerahkan seluruh kekuatan dan pengorbanan mereka demi mengalahkan Thanos untuk selama-lamanya.

Tipe Detail
JudulAvengers: Infinity War
SutradaraAnthony Russo
Joe Russo
GenreAction, Adventure, Sci-Fi
Rating IMDb8,4/10

20. Gone Girl (2014)

rekomendasi film terbaik sepanjang masa
IMDb/Gone Girl

Rekomendasi film terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Gone Girl. Film yang diperankan oleh Ben Affleck ini pasti akan membuatmu puas menontonnya.

Ketika istrinya menghilang secara mendadak, Nick meminta bantuan kepada polisi untuk membongkar kasus tersebut.

Di sepanjang film, kamu akan terlibat dalam memecahkan misteri tentang lokasi Amy (Rosamund Pike). Di akhir film, kenyataan sebenarnya tentang apa yang terjadi akan membuatmu terkejut.

Sinopsis Gone Girl

Nick Dunne adalah seorang mantan jurnalis yang kehilangan pekerjaannya dan memutuskan untuk pindah ke kampung halamannya di Missouri bersama istrinya, Amy Dunne. Namun, sebenarnya Amy lebih suka tinggal di Kota New York.

Pada hari ulang tahun pernikahan kelima mereka, Amy tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Nick melaporkan kejadian ini kepada polisi dan Detektif Rhonda mulai menyelidiki kasus ini. Detektif Rhonda menemukan noda darah dan mencurigai Nick sebagai pembunuh Amy.

Bukti-bukti juga menunjukkan bahwa rumah tangga Nick dan Amy sedang mengalami masalah keuangan. Nick dianggap sebagai tersangka utama dan kasus ini menjadi berita yang ramai di media.

Namun, sebenarnya Amy sengaja menghilang dan memalsukan kematiannya sebagai balas dendam atas perselingkuhan Nick dengan Andie Fitzgerald. Amy bersembunyi di tempat yang jauh dari rumah dan mengubah penampilannya.

Tipe Detail
JudulGone Girl
SutradaraDavid Fincher
GenreDrama, Misteri, Thriller
Rating IMDb8,4/10

Apakah Kamu Setuju dengan Rekomendasi Film Terbaik dari Kami?

Demikianlah 20 rekomendasi film terbaik sepanjang masa yang harus kamu tonton. Jika film favoritmu masuk dalam daftar ini jangan lupa komen di bawah, ya!

Bagikan juga artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga tidak ketinggalan.


Referensi: IMDb

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks