Review Honest Thief: Pencuri Bank Insyaf Demi Pujaan Hati

in ,
Review Honest Thief
Honest Thief | © Open Road Films

Liam Neeson (Taken) balik lagi menjadi sosok badass di Honest Thief. Dan kini ia, berperan sebagai sosok pencuri bank yang insyaf dan jujur demi meminang pujaan hatinya. 

Wah unik nih. Tapi keren gak filmnya? Nih, langsung saja simak ulasan review-nya berikut ini.

Semua Karena Cinta

Movie 'honest Thief'
Liam Neeson and Kate Walsh | © Open Road Films

Seperti yang sudah dikatakan tadi. Honest Thief mengisahkan karakter Neeson, Tom Dolan yang sangat lihai dalam membobol seluruh brankas bank di seluruh kota  dan negara bagian Amerika Serikat.

Pokoknya dalam melakukan aksinya dia gak pernah ketahuan alias “bersih” banget. Sampai-sampai, ia dijuluki, In-and-Out-Bandit.

Namun saat ia akhirnya bertemu dan jatuh cinta dengan penjaga gudang cantik, Annie Wilkins (Kate Walsh), ia langsung memutuskan untuk “insaf”. Pokoknya ia gak mau jadi maling lagi.

JANGAN LEWATKAN •
Matthew Vaughn Ungkap Bagaimana Trilogi Kingsman Akan Berakhir
Annie Kate Walsh Honest Thief Scaled 1
Jatuh cinta pandangan pertama | © Open Road Films

Nah untuk menunjukkan niatnya ini, iapun menghubungi  kepolisian setempat dan meminta mereka untuk menangkapnya sekalian ia nantinya, mengembalikan seluruh uang curiannya ke FBI.

Namun seperti di film-film sejenis, tentunya walau memiliki niat baik, tetap saja ada halangan besar yang menghadang.

Dan halangan tersebut, justru adalah dari dua agen FBI yang datang untuk menangkapnya:  John Nivens (Jai Courtney) dan Ramon Hall (Anthony Ramos).

Keduanya yang seharusnya menjalankan tugasnya, malah berbelok arah 180 derajat untuk mencuri balik seluruh uang curian milik Tom tersebut. Dan dari sini akhirnya semua kekacauan (chaos) terjadi.

Premis Intruiging Yang Berakhir Biasa

Honest Thief Liam Neeson
Syang premis | © Open Road Films

Dari plot-nya tersebut, mungkin kita akan sedikit mengerenyitkan dahi. Spesifiknya, kita akan merasa aneh dengan perkembangan dari premis utamanya yang notabene, sangat intriguing tersebut.

Dan memang guys. Itulah yang saya rasakan juga.premis “maling bank insyaf” ini sangat beda (fresh) tapi pada akhirnya terasa seperti kebanyakan film atau episode-episode serial police procedural kebanyakan.

JANGAN LEWATKAN •
Dinilai Buruk Oleh Para Kritikus, Men in Black: International Tetap Akan Puncaki Box Office

Ending-nya pun sudah bisa diterka. Tapi untungnya, sutradra Mark Williams (A Family Man), masih oke dalam mengeksekusi seluruh adegan drama dan action yang ditampilkan. Sehingga plot yang super standar ini masih terasa seru.

Honest Thief
Action seru abis! | © Open Road Films

Ya jujur banget. Saya merasa bingung saja, kenapa Williams dan rekan penulisnya, Steve allrich (Bad Karma) tidak memaksimalkan atau membuat beda plot nya yang super generik ini?

Mungkin katakanlah, si Tom ternyata juga mempermainkan agen FBI nya untuk tujuan dia yang lebih licik namun, ketika di depan Annie, dia tampil seperti “malaikat”. Ya agak umum juga, tapi setidaknya jauh lebih oke sih daripada yang dipersembahkan di film ini.

Untung saja sekali lagi, adegan-adegan action-nya masih seru. Kalau tidak, bisa makin boring  lagi ketika menyaksikannya.

Courtney Lebih Cocok Menjadi Antagonis

Honest Thief
Jai Courtney | © Open Road Films

Dan tentunya aspek action nya yang menghibur tersebut, gak lepas dari Neeson yang lagi dan lagi, di usianya yang sudah 68 tahun, tetap gokil nan badass. Ke-intensan khas nya itu benar-benar masih terlihat.

JANGAN LEWATKAN •
5 Aktor Ini Hampir Saja Memerankan si Agen 007, James Bond

Kalau untuk aspek akting dramatis-nya, ya sepertinya tak usah diragukan lagi. Yang mengejutkan saya disini justru Walsh dan Courtney. Saya sangat jarang nonton Grey’s Anatomy apalagi film-film Walsh sebelumnya.

Tapi WOW. Selain masih terlihat menggoda, aktris 53 tahun ini tampil dengan sangat keren disini. Ia sukses menampilkan sosok Annie yang dipenuhi kebingungan tapi juga ingin menampilkan sisi ketangguhannya sebagai pendamping Tom.

Honest Thief
Kate Walsh sebagai Annie | © Open Road Films

Tek-tok aktingnya dengan Neeson pun juga lumayan enak.Dan Courtney, yap setelah menyaksikan perannya disini, saya makin percaya kalau aktor Australia ini memang jauh lebih keren memerankan antagonis.

Sebenarnya di franchise The Divergent, ia sudah menunjukkan ini dengan peran Eric Coulter-nya. Namun sayang kala itu, banyak audiens yang masih kurang notice.

Untunglah di film ini, ia sukses membuat kita greget banget. Sehingga dijamin akan mampu mengukuhkan kalau Courtney sekali lagi, memang pas banget dengan peran antagonis.

JANGAN LEWATKAN •
Film The Big Ugly Rilis Trailer dan Poster Perdana

Sayangnya partner-nya Ramos, tidak sekeren seperti Courtney. Malah kalau boleh jujur, penampilannya di film ini sangatlah annoying. Untung saja sekali lagi, ada Neeson yang menyelamatkan semuanya.

Cocok Banget Untuk Yang Suka Action

Seru banget! | © Open Road Films

Pada akhirnya film yang hingga kini masih ditayangkan di jaringan bioskop XXI ini, ya gak bisa diharapkan film drama action super WOW atau kelas A.

Film ini, adalah film standar drama action yang sudah pernah kita lihat premis dan adegannya sebelumnya.

Tapi memang untuk sebuah fillm yang membuat kita seru-seruan, pelepas kejenuhan, oke banget deh film Honest Thief ini!

Score: 6.5 / 10