Berita FilmBerita TVFilm IndonesiaMovieTV

Joko Anwar Berbicara tentang Sekuel Nightmares and Daydreams

Karya Joko Anwar terbaru, Nightmares and Daydreams yang dirilis di Netflix, kemungkinan akan memiliki sekuel atau lanjutan cerita.

Joko Anwar mengakui bahwa sekali lagi, cerita dalam karya terbarunya yang berjudul Nightmares and Daydreams, juga menimbulkan banyak pertanyaan. Nah, kemudian, apakah ada kemungkinan untuk sekuel dari serial Nightmares and Daydreams?

Serial Nightmares and Daydreams garapan Joko Anwar secara resmi rilis di Netflix pada tanggal 13 Juni 2024. Banyak penggemar yang telah lama menantikan serial ini karena merupakan salah satu produksi yang tergolong langka di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, serial original Netflix produksi dari Come and See Pictures ini menyoroti isu-isu sosial dengan tambahan elemen fiksi ilmiah yang membuatnya semakin menarik.

Melansir IDN Times, Joko Anwar pun angkat bicara mengenai kemungkinan hadirnya sekuel Nightmares and Daydreams.

1. Sentuhan Sci-Fi namun Begitu Dekat dengan Masyarakat

Sekuel Nightmares and Daydreams
Image: Netflix

Joko Anwar berpendapat bahwa meskipun berada dalam genre sci-fi, cerita dalam serial Nightmares and Daydreams masih berhubungan erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

“Nightmares and Daydreams dimulai dari keresahan, karena aku percaya bahwa yang aku lakukan di serial itu harus jadi cermin agar kita bisa merefleksi apa yang kita hadapi sekarang secara sosial di Indonesia,” kata Joko Anwar seperti yang kami lansir dari IDN Times, Kamis (13/6/2024).

Dalam konteks ini, dia juga menggambarkan bagaimana kemiskinan saat ini telah menjadi sesuatu yang terorganisir secara sistematis.

“Kita bicara soal kemiskinan. Kemiskinan struktural yang paling bahaya banget, karena bukan berarti karakter seperti Panji orang yang tidak mau bekerja keras, tapi ada sesuatu yang sistematis yang membuat mereka tidak bisa keluar dari kemiskinan. Nah, ini yang coba diurai dari Nightmares and Daydreams, walaupun ini science fiction,” lanjut Jokan.

Joko Anwar mengakui bahwa sekali lagi, karyanya juga tidak memberikan jawaban yang definitif atau pasti. Serupa dengan karya-karya sebelumnya, serial Nightmares and Daydreams juga menimbulkan banyak pertanyaan.

“Kalau membuat film, kita tidak membuat pernyataan. Kita tidak mencoba untuk memberikan jawaban. Tapi kita akan memberikan stimulasi kepada penonton agar lebih banyak bertanya, karena bertanya adalah pintu untuk lebih mengerti tentang kehidupan kita,” ujarnya.

2. Kemungkinan Sekuel Nightmares and Daydreams

Sekuel Nightmares and Daydreams
Image: Intip Seleb/Fabbiola Irawan

Setelah itu, Joko Anwar juga mengungkapkan kemungkinan adanya sekuel. Meskipun tidak memberikan jawaban yang pasti, sutradara tersebut berharap bahwa serial Nightmares and Daydreams akan melanjutkan ceritanya di masa depan.

“Kita kepengennya ada. Pertanyaannya, menurut kalian, menarik apa nggak untuk dilanjutkan? Penting nggak? Pengin tahu nggak kelanjutannya? Dan jawabannya, Insya Allah, mudah-mudahan, kalau dari aku,” pungkas Joko Anwar.

3. Sinopsis Nightmares and Daydreams

Sekuel Nightmares and Daydreams
Image: Netflix

Nightmares and Daydreams memiliki tujuh episode yang masing-masing memiliki cerita dan pemain yang berbeda. Yang menarik, meskipun berbeda-beda, semua episode tersebut memiliki keterkaitan sama, yaitu tentang keberadaan manusia dan makhluk-makhluk di dunia ini.

Dalam setiap episode dari Nightmares and Daydreams, muncul misteri yang mengelilingi setiap karakternya yang terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Hal ini lah yang akan menjadi benang merah dari episode satu ke episode lainnya.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.