Berita FilmFilm IndonesiaMovie

Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro, Berdasarkan Mitos Jawa

Berikut ini adalah sinopsis film horor Indonesia terbaru, Sengkolo Malam Satu Suro yang diangkat dari mitos Jawa.

Salah satu film horor Indonesia terbaru yang tayang bulan Juni 2024 ini adalah Sengkolo. Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro bercerita tentang Ibrahim, seorang pemandi jenazah yang berhenti dari pekerjaannya setelah kehilangan keluarganya dengan cara yang tragis.

Sengkolo Malam Satu Suro juga cocok untuk mereka yang ingin mendalami tradisi dan budaya Jawa. Film tersebut tidak hanya menghadirkan cerita horor yang menarik tetapi juga memberikan pembelajaran.

Jika kamu penasaran dengan sinopsis lengkap filmnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Sinopsis Film Sengkolo Malam Satu Suro

Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro, Berdasarkan Mitos Jawa
Image: MVP Pictures

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, cerita dalam film ini berfokus pada kehidupan Ibrahim (Donny Alamsyah) yang bekerja sebagai orang yang merawat jenazah. Namun, Ibrahim sudah lama tidak aktif dalam pekerjaannya setelah kehilangan keluarganya dalam sebuah kejadian tragis.

Pada suatu hari, Ibrahim mengalami peristiwa yang sangat berpengaruh dalam hidupnya. Di desanya, terjadi kematian misterius pada sebuah keluarga yang memiliki kekayaan. Banyak penduduk desa menduga bahwa kematian keluarga tersebut disebabkan oleh praktik ilmu hitam.

Kepala desa meminta bantuan Ibrahim setelah tidak ada warga yang mau memandikan jenazah. Meskipun pada awalnya Ibrahim tidak ingin membantu, akhirnya ia menuruti permintaan kepala desa.

Setelah satu tahun berlalu, Ibrahim akhirnya menemukan petunjuk mengenai kematian anggota keluarganya, dan ia mulai menyelidiki dan menemukan fakta-fakta lainnya.

2. Sekilas tentang Sengkolo

Sengkolo
Image: MVP Pictures

Sengkolo, dalam tradisi kepercayaan Jawa, dianggap sebagai makhluk yang membawa energi negatif yang sering mengganggu manusia, dianggap sebagai sumber ketidakberuntungan, dan dapat menyebabkan bencana terutama pada malam satu suro.

Pada malam pertama dalam penanggalan Jawa ini, Sengkolo dipercaya akan aktif mencari mangsanya, terutama mereka yang lahir pada weton Senin Pahing, Selasa Legi, Kamis Pon, Jumat Pahing, dan Sabtu Kliwon.

Dari film ini, kita tidak hanya dapat merasakan suasana tegang dan menyeramkan yang khas dalam film horor, tetapi penonton juga akan diajak lebih jauh untuk mempelajari tentang mitos Sengkolo yang telah lama menjadi bagian dari tradisi Jawa.

3. Para Aktor dan Jadwal Tayang

Sinopsis Sengkolo Malam Satu Suro, Berdasarkan Mitos Jawa
Image: MVP Pictures

Film garapan sutradara Hanny R. Saputro akan mulai tayang di bioskop pada tanggal 20 Juni 2024. Raam Punjabi, yang merupakan Produser MVP Pictures, telah bekerja sama dengan sejumlah aktor terkenal Indonesia seperti Donny Alamsyah, Fauzan Nasrul, Anantya Kirana, Kenya Nindia, Nesia Weroza Puspa, Dasha March, Rahmet Ababil, dan Dayinta Melira.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.