MovieMovie List

5 Sutradara Hollywood Yang Memiliki Gaya Penyutradraan Ikonik

Dari semua sutradara Hollywood yang ada sejauh ini,

Berikut adalah 5 sutradara Hollywood yang memiliki gaya penyutradaraan yang sangat ikonik.

Sama hal-nya seperti aktornya, seorang sutradara juga harus memiliki gaya penyutradaraannya sendiri. Hal ini tentunya agar filmnya bisa terlihat beda dan kelihatan kalau ia yang menyutradarainya atau, beda dengan sutradara kebanyakan.

Ap110511015668
IndieWire

Dan dari semua, berikut adalah 5 sutradara Hollywood yang memiliki gaya penyutradaraan ikonik tersebut.

5. Quentin Tarantino

Sutradara Hollywood yang memiliki gaya penyutradaraan ikonik pertama, adalah sutradara Pulp Fiction (1994) dan Once Upon a Time in Hollywood (2019) ini. Tarantino dikenal sebagai sutradara yang paling “rebel. Spesifiknya di hampir semua filmnya, ia selalu menampilkan alur dan twist plot yang narasinya tidak linear atau sesuka-suka dia aja.

Selain itu ciri khas penyutradaraannya yang lain adalah ia kerap atau lebih tepatnya, suka dengan yang sadis-sadis (gore). Oh ya satu hal lagi, dialognya juga seperti orang luar ngomong sehari-hari aja. Sehingga gak heran banyak kata-kata umpatan kotor juga di setiap filmnya.

Walau gayanya yang ngasal tersebut, namun kerennya, seluruh filmnya sejauh ini hit dan ikonik semua.

4. Alfred Hitchcock

Kerap dijuluki sebagai “The Master of Suspense”, dalam mengarahkan film-filmnya yang sebagian besar ber-genre thriller, Hitchcock terkenal sangat ahli dalam mengatur tensi ketegangang audiens-nya.

Dan Hitchcock melakukan ini semua dengan memanfaatkan posisi angle kamera yang mengambil dari sudut pandang (literally) kedua mata karakternya. Terbukti teknik ini sukses membuat audiens serasa seperti korban yang sedang diteror atau akan tewasnya.

Hitchcock juga sering menampilkan bangunan landmark terkenal saat syuting di lokasi syutingnya. Beberapa contohnya seperti Patung Liberty di film Saboteur, dan Mount Rushmore di film North by Northwest.

3. Woody Allen

Sutradara yang memiliki gaya penyutradaraan ikonik selanjutnya adalah sosok sutradara berkacamata yang super kontroversial ini.

Spesialisasi genre drama komedi romantis (rom-com), Allen dalam menyutradarainya selalu memanfaatkan tata pencahayaan yang “silau men”, dan menampilkan lingkungan lokasi syutingnya dengan lebar dan indah.

Mau pagi, siang, sore, atau malam, lingkungannya benar-benar terlihat indah. Selain itu, Allen juga kerap memanfaatkan musik klasik atau semi-operatik untuk menambah keeleganan dari filmnya.

2. Tim Burton

Terkenal dengan style-nya yang dark dan goth, gak memungkiri membuat sosok Burton sebagai sutradara dengan ciri penyutradaraan yang sangat ikonik.

Selain itu, ia juga kerap menampilkan karakter yang terlihat aneh bin eksentrik. Ya kamu lihat saja lah di film-filmya. Ada Edward and the Scissorhand, Frankenweenie, dan tentunya Jack Skellington, semuanya aneh, tapi keren dan ikonik banget.

1. Christopher Nolan

Dan inilah sutradara  Hollywood yang memiliki gaya penyutradaraan khas dan ikonik bange-banget. Bahkan kita-kita yang awam pun, pastinya tahu banget dengan gaya khas penyutradaraan Nolan-nya.

Selain kerap menampilkan struktur cerita yang non-linear seperti di Memento (2000), secara keseluruhan, kisah film Nolan pada dasarnya seperti ilmu matematik atau fisika dalam sebuah film. Terbukti bahkan film trilogi Batman-nya pun dibuat serumit itu.

Pokoknya kalau kamu gak pusing sendiri menyaksikan film-film Nolan, berarti ya film tersebut memang bukan film milik sutradara asal London, Inggris ini.

Nah dari 4 sutradara dengan gaya penyutradaraan ikonik tersebut, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.
Enable Notifications OK No thanks