5 Album Queen Terkeren Sepanjang Masa

in ,
album queen
Album Queen | Ultimate Classic Rock

Berikut adalah 5 album grup Rock legendaris, Queen terkeren sepanjang masa (all-time).

Di sepanjang karir Queen bersama vokalis orisinil mereka (alm) Freddie Mercury, tercatat bawah grup Rock asal London, Inggris ini telah merilis 15 album.

Dan seluruh albumnya bisa dikatakan hit dan legendaris semua (termasuk juga lagu / single-single nya). Ke-15 albumnya bisa dikatakan sekali lagi keren-keren semua. Tapi kalau mau mempersempitnya lagi, dari 15 tersebut, hanya 5 yang menurut gw terkeren.

Berikut adalah 5 album Queen terkeren sepanjang masa yang gue maksud tersebut.

5. The Miracle (1989)

Merupakan salah satu dari dua album rilisan terakhir Queen sebelum Freddie meninggal dunia di tahun 1991 akibat penyakit AIDS yang dideritanya.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Ciptaan Freddie Mercury Yang Keren Banget

The Miracle juga merupakan album Queen yang mana untuk pertama kalinya, Freddie cs tidak mengadakan tur / konser untuk mempromosikan album mereka. Walau tidak mengadakan tur sama sekali, namun The Miracle masih sukses mencuri perhatian.

Pasalnya album ini terasa sangat colorful, nyiur, dan megah. Ya itulah yang bisa gue deskripsikan. Bukti dari pernyataan tersebut dibuktikan dari 10 lagu utamanya. Terlebih, lagu penutup “Was it All Worth it” yang benar-benar terdengar super megah itu.

4. Jazz (1978)

Dari seluruh album Queen, mungkin album inilah yang dikenal banyak orang (bahkan oleh awam). Soalnya semua lagunya memang enak dan hit semua.

“Mustapha”, “Jealousy”, “Don’t Stop Me Now”, dan “Bicycle Race”. Hmm, rasanya gak mungkin bukan kalau kamu gak tau dengan lagu-lagu tersebut. Freddie di album ini, dalam menciptakan beberapa lagunya juga sudah terlihat kian cuek dan nyantai.

JANGAN LEWATKAN •
Rami Malek Guncang Panggung Musik Lewat Trailer Bohemian Rhapsody

Oh ya, jangan lupakan juga lagu penutupny, “More of That Jazz” yang bernuansa progresif metal dengan ekstra rekap 12 lagu sebelumnya yang di-mix secara jenius.

3. Made in Heaven (1995)

Umumnya jika band merilis album dan vokalis utamanya telah meninggal dunia, kualitas serta resepsi albumnya akan biasa-biasa saja. Tapi gokilnya gak demikian dengan Made in Heaven.

Walau dirilis kurang lebih 4 tahun setelah kematian Freddie, Mad in Heaven, sukses menjadi salah satu albim Queen terkeren sepanjang masa. Dan tak heran memang. Karena semua lagu-lagu di dalamnya benar-benar ear-catchy dan nikmat banget.

2. News of the World (1977)

Dirilis sebelum Jazz dan sesudah A Day at the Races (1976), News of the World, merupakan album Queen terkeren dari kedua album tersebut.

Karena menurut gue, di News of the World inilah Queen musiknya, masih terdengar “Queen banget”. Dengan kata lain, masih ada elemen megahnya, rebellious, independen, namun mulai terasa ear-catchy.

Pasalnya masuk Jazz hingga A Kind of Magic (1986), sound Queen mulai benar-benar komersil (bahkan nge-dikso). Selain itu well, album ini memuat lagu-lagu yang bervariasi genre-nya.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren Dekade 1970an: Disko Dan Eksplorasi Gelombang Baru Bermusik

Ada Rock, Pop, Hard Rock, bahkan standar Jazz klasik di lagu penutupnya, “My Melancholy Blues”.

1. A Night at the Opera (1975)

Dan inilah yang menurut gue adalah album Queen terkeren sepanjang masa. Dan rasanya bagi kamu-kamu yang sudah nonton film Bohemian Rhapsody (2018), juga tahu alasannya kenapa A Night at the Opera dianggap demikian.

Yap benar sekali. Melalui album inilah, kita melihat kenekadan sekaligus kejeniusan Freddie dalam menggabungkan elemen Rock, Progresif, dan Metal, dengan banyak sentuhan genre opera tradisional itu.

Rock dengan Opera? Mana ada di pertengahan 70an yang kepikiran untuk menggabungkan kedua genre yang sangat bertolak belakang ini? Hanya Freddie cs yang kepikiran.

Dan sekali lagi kerennya, album ini menjadi sukses besar hingga detik ini
(termasuk juga lagu “Bohemian Rhapsody” nya). Jadi ya gak heran bukan? Dari kelima album Queen ini, yang manakah yang bagi kamu, adalah yang terkeren?