30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

in ,
30 Lagu keren The Beatles
The Beatles | Billboard

Kalau kamu masih ingat beberapa bulan lalu, gue membahas 20 lagu dari grup Rock pionir nan legendaris The Beatles, yang menurut gue, adalah lagu yang pas dijadikan pilihan bagi kita-kita yang mungkin masih super awam atau tadinya kurang suka dengan grup asal Liverpool, Inggris ini.

Nah sekarang, gue bakalan bahas lagu-lagu yang gue anggep paling keren dari grup digawangi oleh: John Lennon (Vokal, Gitar), Paul McCartney (Vokal, Bas), George Harrison (Vokal, Gitar), dan Ringo Starr (Vokal, Drum) ini.

The Beatles 152047 Big
The Beatles |Warta Ekonomi

Dan memang, memang guys. Gue tau banget sangat susah untuk menentukan 10, 20, 25, 30, bahkan 50 lagu terkeren dari The Beatles. Karena faktanya, dari puluhan bahkan ratusan lagu-lagunya (termasuk yang b-side dan unreleased), lagu-lagu The Beatles ya enak-enak dan hit-hit semua.

Jadi ya jujur aja nih. Gue emang puyeng banget pas nyusun daftar-nya ini. Namun setelah melalalui berbagai pertimbangan sana-sini yang sangat intens, akhirnya gue bisa nentuin juga 30 lagu terkerennya. Inget ya guys! Daftar ini bersifat SUBYEKTIF.

30. Till’ There Was You (1963)

“Till There Was You” sebenernya adalah instrumentasi yang ditulis oleh Meredith Wilson di tahun 1957 untuk pentas teater musiknya, The Music Man yang dirilis kala itu.

Namun pada tahun 1963, lagu tersebut di-cover oleh The Beatles dengan irama percampuran Pop, Jazz, dan sedikit flamenco. Dan versi cover ini bisa dikatakan lebih enak dan tentunya lebih sukses dari versi orisinilnya.

Hal ini tentunya dikarenakan cover yang dinyanyikan oleh Paul McCartney ini benar-benar terasa adem di kedua telinga.

29. I Saw Her Standing There (1963)

Kalau boleh jujur, gue pribadi lebih nge-fans dengan era pertengahan akhir The Beatles (baca: 1965-1970) alias, era transisi ke musik yang lebih psikadelik dan blues.

Walau demikian, bukan berarti gue gak suka apalagi BENCI dengan era pure Rock N’ Roll awal grup ini. Buktinya, banyak juga kok lagu-lagu Rock N’ Roll mereka yang gue suka dan sering gue nyanyiin (jamming) bareng dengan beberapa band tribute grup ini.

Namun dari semua lagu awal Rock N’ Roll mereka, gak dipungkiri favorit gue baik untuk didengertin atau dinyanyiin, ya lagu dari album perdana mereka, Please Please Me (1963) ini.

Alasannya? Well, kamu juga bisa denger sendiri kan? Setelah Paul selesai meenghitung “1, 2, 3 , 4”, kita langsung disuguhkan full musik yang langsung membuat kita tersenyum, dan kedua kaki menjadi gatal untuk segera melakukan dansa twist-nya.

Dan yang lebih penting sekali lagi, dengan musiknya yang membuat semangat itu, alhasil lagunya bagi siapapun ayng menyanyikan, juga akan terasa asyik banget untuk dinyanyikan berulang-ulang kali.

28. One After 909 (1970)

Dirilis setelah The Fab Four bubar, “One After 909” sukses membuktikan kalau mereka masih bisa mengajak kita untuk twist bersama mereka walau mirisnya untuk terakhir kalinya.

Dengan komposisi yang ter-influens habis-habisan oleh R&B, “One After 909” sekali lagi adalah nomor lantai dansa terbaik di akhir karir Lennon cs.

27. Money (That’s What I Want) (1963)

Juga diambil dari album With the Beatles di tahun 1963 dan, juga merupakan cover, gak dipungkiri kalau lagu yang aslinya milik Barrett Strong di tahun 1959 ini, lebih enak dan lebih ngetop banget ketika dibawakan oleh Beatles.

Terima kasih dengan vokal penuh teriakan berontak Lennon yang alhasil, membuat lagu ini benar-benar terdengar begitu intens nan keren banget.

26. Penny Lane (1967)

Lagu yang pada dasarnya mendeskripsikan keadaan sebuah jalan (street) di Liverpool, Penny Lane ini, gak dipungkiri disukai banget oleh banyak orang (termasuk gue).

Pasalnya komposisi musiknya sangat jenius. Dalam artian, komposisinya sukses membuat kita langsung berimajinasi bahwa Penny Lane adalah lokasi yang colorful dan asyik banget untuk dijadikan tempat main-main kita.

25. Come Together (1969)

Gak heran jika “Come Together” menjadi salah satu lagu Beatles era akhir yang paling di-favoritin banyak orang.

Soalnya lagu ini memiliki komposisi atur tensi yang keren banget. Juga komposiis Rock Blues-nya ketika didengarkan baik-baik, benar-benar membuat kita serasa seperti sedang mendengarkan musik berkualitas di Pub atau Kafe yang bercita rasa high class.