Penjualan Kaset Musik Sukses Dua Kali Lipat di Tahun 2020

in ,
Penjualan kaset musik
Kaset | NME

Tak disangka-sangka, penjualan kaset musik (cassette tape) sukses dua kali lipat di tahun 2020 ini.

Ya siapa sangka walau teknologi musik kini sudah jauh lebih berkembang melalui media seperti CD, MP3, atau bahkan streaming. Minat masyarakat untuk mendengar musik melalui pita kaset masih sangat tinggi.

Padahal kalau dipikir lagi, sudah sedikit banget, yang memiliki pemutarnya alias mini compo atau tape deck. Tapi sekali lagi kenyataannya seperti ini.

157.000 di Inggris

Cassette Tapes Sales On The Rise Surge 2020 Uk Statistics
Kaset | Consequence of Sound

Seperti yang dilansir dari data pengamatan yang diambil oleh The British Phonographic Industry (BPI), mereka telah memproyeksikan kalau kalau di akhir 2020, kurang lebih sebanyak 157.000 kaset tape akan terjual di seluruh Inggris.

Dan menurut mereka, angka tersebut akan tetap tercapai terlepas, situasi lockdown ketat COVID-19 di Inggris saat ini. Mungkin kita menjadi bertanya, kok BPI bisa memprediksi seyakin atau se-detail itu jumlahnya?

Bisa jadi nih dikarenakan mereka melihat fakta mencengangkan dari total penjualan kaset musik di Inggris di 6 bulan pertama tahun 2020 ini.

Naik 103%

Roy101388880 Hd
Kaset | News 1130

Jadi melansir NME, tercatat terdapat kenaikan persentase penjualan kaset hampir sebesar 103% WOW ini hampir sempurna kenaikannya guys. GOKIL!

Dan perlu dicatat kenaikan persentase penjualan kaset yang super ini juga dipengaruhi dengan aktivitas-aktivitas jual beli kasetnya di beberapa “hari nasional kaset sedunia” seperti: LoveRecordStores, Record Store Day, dan National Album Day.

Sebagai tambahan tahun 2020 ini juga tercatat sebagai tahun penjualan terbesar Vinyl di Inggris. Melihat fakta ini, kian terlihat jelas bahwasanya, banyak orang saat ini yang lebih senang untuk balik ke cara dengar musik yang jauh lebih “tradisional”.

Dan kalau memang kita perhatikan, memang semkain kesini zaman, terasa semakin balik lagi kita ke citarasa yang tradisionil. Tidak hanya sebatas penjualan kaset ini saja.

Bahkan banyak artis yang menyertakan atau bahkan benar-benar balik ke sound musik era keemasan musik dulu (baca: 70-90an). Dan kalau menurut gue pribadi, hal ini keren banget.

Tapi itu pendapat gue. Kalau pendapat kalian sendiri bagaimana nih? Apakah kamu dulu juga salah satu yang merasakan dengar musik dari kaset?