OtakuAnime & MangaOtaku List

10 Manga Tertua Sepanjang Sejarah, Apakah Kamu Punya Komiknya?

Seperti yang kita ketahui, manga merupakan salah satu hiburan yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Soalnya manga ini mempunyai berbagai macam genre dan cerita yang cocok untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Berbicara soal manga, kali ini kita akan membahas manga tertua sepanjang sejarah.

Manga merupakan komik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di sana pada akhir abad ke-19. Istilah manga merujuk kepada komik yang aslinya diterbitkan di Jepang.

BACA JUGA:

Berikut Daftar Manga Tertua Sepanjang Sejarah

Jadi manga apa saja yang paling tua dalam sejarah? Kalau kamu ingin tau, kamu bisa melihat daftar dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Choju Jinbutsu Giga

Choju Jinbutsu Giga | Manga tertua sepanjang sejarah
Choju Jinbutsu Giga | en.wikipedia.org

Manga tertua sepanjang sejarah yang pertama adalah Choju Jinbutsu Giga. Tidak ada yang pasti kapan manga Choju Jinbutsu Giga ini diciptakan, tapi menurut sejarahnya manga Choju Jinbutsu Giga sudah ada sejak abad ke-12 atau 13.

Arti dari Choju Jinbutsu Giga yaitu Gulungan Kuno Tentang Manusia dan Hewan Bermain. Beberapa ahli sejarah percaya kalau manga ini memperlihatkan gambar binatang ciptaan pelukis Toba Sojo. Namun banyak juga yang yang menyebutkan kalau manga ini dibuat oleh orang lain.

Selected for you
Tambah Wawasan! Inilah 8 Fakta Menarik Tentang Anime Yang Harus Kamu Tahu

2. Toba Ehon

Toba Ehon | Manga tertua sepanjang sejarah
Toba Ehon | honolulumuseum.org

Manga tertua sepanjang sejarah selanjutnya adalah Toba Ehon. Menurut informasi yang kami dapatkan, Toba Ehon merupakan kumpulan gambar yang proses penciptaannya terjadi pada tahun 1603 sampai 1867.

Ada banyak seniman yang terlibat dalam pembuatan manga ini, dan orang-orang menyebut mereka dengan sebutan Ehon. Katanya, Toba Ehon ini cikal bakal manga mondern yang mempunyai gaya gambar yang lebih Imajinasi.

3. Shiji no Yukikai

Shiji No Yukikai | Manga tertua sepanjang sejarah
Shiji No Yukikai | britishmuseum.org

Manga tertua sepanjang sejarah berikutnya adalah Shiji no Yukikai. Menurut sejarah, Shandou Kyouden pertama kali merilis karyanya pada tahun 1798 yang berjudul Shiji no Yukikai. Manga tersebut merupakan kumpulan karyanya yang ia buat ketika punya waktu senggang sebagai pemilik toko tembakau.

Awalnya ia membuat Shiji no Yukikai sebagai bentuk promosi. Namun banyak orang yang membeli tembakau miliknya karena karyanya tersebut. Arti dari Shiji no Yukikai sendiri adalah Empat Musim, mangkanya gambar Shandou Kyouden lebih banyak memperlihatkan kehidupan sehari-hari di Jepang pada saat itu.

4. Manga Hyakujo

Manga Hyakujo | Manga tertua sepanjang sejarah
Manga Hyakujo | artsandculture.google.com

Kemudian ada Manga Hyakujo. Jadi Manga Hyakujo ini rilis pada tahun 1814, komik ini berhasil kembali membangkitkan ketertarikan masyarakat Jepang kepada lukisan kuno. Soalnya pencipta Manga Hyakujo yaitu Aikawa Minwa.

Menggunakan gaya ilustrasi yang kurang lebih sama seperti lukisan pada abad ke-12. Kalau kita artikan, Manga Hyakujo ini artinya Seribu Wanita, oleh karena itu karya seni yang satu ini lebih banyak mengangkat kisah tentang kehidupan wanita Jepang pada saat itu.

Selected for you
Menteri Susi pudjiastuti Muncul Dalam Rilisan Terbaru Komik Golgo 13 Buatan Jepang

5. Hokusai

Manga Hokusai | Manga tertua sepanjang sejarah
Manga Hokusai | library.princeton.edu

Manga tertua sepanjang sejarah selanjutnya yaitu Manga Hokusai. Karya seni yang satu ini merupakan manga Jepang karya dari Hokusai. Awalnya Hokusai mengilustrasikan situasi di sekitarnya pada saat itu, mulai dari sketsa wajah manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Semua gambar tersebut ia buat dari tahun 1814 sampai 1878, yang dimana pada akhirnya Hokusai mengumpulkan semua gambar yang telah ia buat dan menjadikannya sebagai yang dikenal sebagai Hokusai Manga.

6. Eshinbun Nipponchi

Eshinbun Nipponchi
Eshinbun Nipponchi | teepublic.com

Manga tertua sepanjang sejarah berikutnya yaitu Eshinbun Nipponchi. Menurut informasi yang kami dapatkan Eshinbun Nipponchi artinya berita bergambar. Jadi pada tahun 1874, Kanagaki Rubun dan Kawanabe Kyosai merilis sebuah majalah Jepang.

Manga ini masih menggunakan bahasa Jepang kuno dalam setiap gambarannya. Alasannya karena Kyosai adalah anak dari samurai yang telah melalui periode Edo dan Meiji, sehingga ia sering kali membawa beberapa tradisi kuno Jepang dalam karyanya.

7. Astro Boy

Astro Boy
Astro Boy | theslingsandarrows.com

Kemudian ada Astro Boy, siapa sih yang tidak tau dengan serial yang satu ini? Meskipun banyak yang tau soal manga ini, tapi banyak juga yang belum tau kapan edisi pertama Astro Boy rilis. Menurut informasi yang kami dapatkan, manga Astro Boy rilis pertama kali pada tahun 1952.

Manga ini bercerita tentang seorang robot anak-anak, meskipun ia cuman seorang robot, tapi seiringnya berjalan waktu perlahan-lahan robot tersebut mulai mengembangkan perasaannya layaknya seperti manusia.

8. Chiisana Koi no Monogatari

Chiisana Koi No Monogatari
Chiisana Koi No Monogatari | collectr.blogspot.com

Manga tertua sepanjang sejarah selanjutnya adalah Chiisana Koi no Monogatari. Buat kamu yang belum tau, Chiisana Koi no Monogatari merupakan komik komedi romantis karya dari Mitsuhashi Chikako yang rilis pada tahun 1962.

Selected for you
Gantungnya Bakal Terasa Banget, 7 Mangaka Ini Meninggal Dunia Sebelum Menyelesaikan Karyanya!

Bercerita tentang seorang anak sekolah bernama Chiiko yang menyukai Sally. Sayangnya Sally sudah punya pacar yang bernama Tonko. Karena hal tersebut, terjadilah cinta segitiga antara Chiiko, Sally, dan Tonko.

9. Golgo 13

Golgo 13
Golgo 13 | animenewsnetwork.com

Manga tertua sepanjang sejarah berikutnya yaitu Golgo 13. Pasti kamu tidak asing dan pernah mendengar nama Golgo 13 bukan? Manga yang satu ini merupakan karya dari Takao Saito yang rilis pada tahun 1968.

Golgo 13 bercerita tentang seorang pembunuh bayaran bernama Togo, ketika sedang menjalankan aksinya, ia selalu menggunakan senjata laras panjang M16. Sebelum Takao Saito pada tahun 2021, ia berharap karyanya ini masih terus berlanjut dan departemen editorial Saito Production masih melanjutkan manga Golgo 13.

10. Sazae-san

Sazae San
Sazae San | windowology-exhibitions.madoken.jp

Manga tertua sepanjang sejarah yang terakhir adalah Sazae-san. Sama seperti Astro Boy kamu pasti tau dong dengan serial yang satu ini atau minimal tidak asing dengan namanya. Jadi Sazae-san ini merupakan manga cerita pendek yang memuat cerita kehidupan sehari-hari.

Dulu Machiko Hasegawa harus bekerjasama dengan penerbit koran lokal Fukunishi Shinbun, untuk merilis karyanya tersebut. Sejak saat itu Sazae-san menjadi salah satu andalan dari penerbit Fukunishi Shinbun.


Demikianlah daftar manga tertua sepanjang sejarah. Setelah membaca artikel ini dan melihat daftar manganya, kira-kira nih apakah kamu mengkoleksi salah satu serialnya? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda.

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications