7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Kirim Gambar di WhatsApp

in ,
Tidak bisa kirim gambar WhatsApp
Berikut adalah penyebab dan solusinya

Berikut adalah 7 cara jitu apabila kita tidak bisa kirim gambar melalui media chat populer, WhatsApp.

Selain kita gunakan untuk melakukan chat / sosialisasi, WhatsApp juga kita sering gunakan untuk saling kirim gambar.  Entah itu untuk kepentingan kerja atau fun-fun saja, aktivitas kirim gambar menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan apabila kita menggunakan WA.

Namun seperti halnya aplikasi elektronik / online kebanyakan, terkadang kita juga mengalami kegagalan untuk mengirim gambar / fotonya.

Nah apabila hal tersebut terjadi, langsung saja deh kamu simak dan lakukan 7 cara mengatasi tidak bisa kirim gambar WhatsApp nya berikut ini.

1. Rajin Update

tidak bisa kirim gambar whatsapp
Update Whatsapp | WikiHow

Tentunya inilah langkah logis pertama jika menghadapi masalah dalam aplikasi / software apapun termasuk WhatsApp. Jadi apabila tiba-tiba kamu tidak bisa kirim gambar dari WA, jangan panik dulu. Bisa jadi hal ini karena versi WA kamu masih versi lama.

JANGAN LEWATKAN •
Whatsapp Kamu Disadap? Ini Cara Mudah Mengatasi Whatsapp Disadap Di Android

Kalau demikian, ya langsung saja kamu update. Caranya, buka Play Store atau App Store lalu ketik  WhatsApp dalam kolom pencarian. Nah nanti kalau memang versi WA kamu masih lama kolom tombol hijau akan bertuliskan “Update”.

Tapi kalau sudah versi terbaru, kolomnya hanya bertuliskan “Open” saja. Artinya WA kamu sudah versi baru dan bukan poin ini masalahnya.

2. Masalah Koneksi

Tidak bisa kirim gambar WhatsApp
Masalah Koneksi | Permata Indonesia

Masalah utama logis kedua kenapa kita tidak bisa kirim gambar WhatsApp adalah masalah koneksi internet. Bisa saja koneksi kamu memang lagi lemot.

Nah, kamu bisa mengecek kecepatan internetnya melalui beberapa situs. Ada banyak memang rekomendasi situs cek kecepatan internetnya. Namun gue saranin kamu mencek-nya melalui 2 situs berikut: Fast.com atau SpeedTest.net.

3. Tanggal dan Waktu HP Salah

Untitled 1 1
Tanggal dan Waktu HP Salah | WikiHow

Sebenarnya sih ini logika banget. Bahkan seluruh aplikasi bersifat online dalam PC atau laptop saja, gak akan bekerja secara benar apabila masalah ini yang terjadi.

JANGAN LEWATKAN •
Aplikasi WhatsApp Sudah Bisa Dipakai di PC dan Mac

Jadi ya pastikan tanggal dan jam dalam smartphone kamu sesuai dengan keadaan saat itu. Kalau memang salah ya langsung saja kamu betulkan lagi.

4. Memori Kepenuhan

tidak bisa kirim gambar whatsapp
Memori Kepenuhan | FonePaw

Kalau ini memang masalah “klasik” dalam dunia komputer. Jika memori kepenuhan, ya mana bisa aplikasinya mengaktifkan fitur yang membutuhkan kapasitas memori lapangnya.

Jadi gue saranin, apabila ada chat, video atau foto WhatsApp yang sudah tidak terpakai (gak penting lagi), ya hapus saja. Atau kalau memang penting kamu copy-paste saja ke PC atau laptop, lalu setelah itu hapus semua yang memakan memori itu.

5. Jika Menggunakan SD Card, Cabut Lalu Pasang Lagi

Micro Sd 7f2d1490b35a694e5e1c52121958e743 600x400
Cabut SD Card | IDN Times

Apabila kamu menyimpan semua data WA dalam SD Card, bisa jadi memang masalahnya dari ini. Jadi solusinya, kamu cabut lalu pasang lagi kartu memorinya tersebut.

Tapi HATI-HATI ya! Kalau merasa takut nantinya jadi rusak atau error, sebaiknya minta tolong yang lebih ahlinya.

JANGAN LEWATKAN •
Pendiri WhatsApp Ajak Netizen Hapus Facebook

6. Logout – Login

5de91d2afd9db2407b44b71a
Logout Whatapps | Business Insider

Terkadang error gak bisa kirim gambar atau error-error kecil lainnya, terjadi karena aplikasi WA nya yang lagi “error gak jelas” juga.

Jadi solusinya, kamu logout dulu seluruh akun WA, lalu masuk (login) lagi ke akunnya. Biasanya sih metode yang gampang sejuta umat ini, selalu ampuh.

7. Install Ulang

Install Ulang Aplikasi Wa
Install Ulang Whatapps | Leskompi

Yap inilah cara yang paling praktis dan instan gak hanya dalam menangani masalah error komputer apapun. Daripada pusing menganalisa ini dan itu, langsung saja kalian install ulang WhatsApp nya.

Sangat bisa gue jamin, ketika kamu install lagi, kamu bisa lagi kirim-kirim foto narsis cantik dan ganteng itu. Semoga bermanfaat ya tips-nya!