5 Media Sosial Alternatif Kalau Bosan Dengan Facebook

in ,
Media Sosial Alternatif Facebook
Ganti pakai media sosial ini saja! | Quartz

Berikut adalah 5 media sosial alternatif kalau kamu memang sudah bosan dengan Facebook.

Tak memungkiri, media sosial sejuta umat Facebook, masihlah eksis dan laku banget hingga detik ini. Malah bisa kita katakan sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kita.

Bagaimana tidak? Ada masalah tulis status, baru jadian update status hubungan, bahkan bekerja pun menggunakan FB. Alhasil, gak jarang membuat kita menjadi jenuh dan membutuhkan alternatif media sosial yang jauh lebih menyegarkan.

Nah kalau kamu memang demikian, langsung saja nih simak 5 media sosial alternatif kalau kamu memang sudah bosan dengan Facebook.

1. Mastodon

Screenshot Full.72c270b3
Mastodon | Joinmastodon.org

Launching tahun 2017, Mastodon sukses menjadi salah satu alternatif Facebook. Selain tidak mengumpulkan dan menjual data pribadi, pengguna Mastodon diberikan kebebasan yang sebebas-bebasnya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Membuat Filter Instagram Sendiri yang Mudah

Hal ini karena Mastodon berkonsep free open-source. Pokoknya kamu bebas banget mau membuat profila bagaimanapun.

Kamu juga bebas mau follow siapa saja. Namun perlu kamu ingat, Mastodon ini lebih seperti Twitter ketimbang Facebook. Karakter statusnya pun hanya 500 kata / karakter saja.

2. MeWe

9db1cd6f 3fb4 4997 A2b4 4b474934c4df
MeWe | Mashable

Mewe menjanjikan penggunanya bahwa mereka adalah privacy-based media sosial. Jadi kamu bisa mengendalikan apapun yang kamu lakukan di dalam akun milikmu.

Tapi kalau gue baca dari Solution Suggest, sepertinya walau bebas, tapi kamu gak bisa seenaknya juga. Karena mereka mengatakan kalau Mewe ingin menampilkan konten yang super positif.

Jadi sepertinya, kamu juga gak bisa sih mengunggah yang “aneh-aneh”. Walau demikian sekali lagi, privasi data-data kamu akan tetap terjaga. Tapi ingat nih. Media sosial ini ada versi gratisan dan premium.

Untuk versi premium kamu harus membayar $4.99 per bulan. Dengan fitur premium, kamu nantinya bisa melakukan chat unlimited, 100 GB penyimpanan cloud, dan sebagainya.

JANGAN LEWATKAN •
70 Lebih Hashtag Paling Populer di Instagram Ini Bisa Dipakai Untuk Promosi Produk

3. Parler

116404399 Parler App Plain
Parler | BBC

Parler esensinya seperti Facebook dan Twitter menjadi satu. Situs ini menjadi populer di Amerika ketika beberapa waktu lalu, Facebook mengalami kasus privasi data penggunananya.

Selain itu, kita bisa bebas berkoar macam-macam tanpa takut kena sensor ini dan itu. Patut coba banget untuk menjadi alternatif media sosial kita di tahun 2021 ini.

4. Instagram

media sosial facebook
Instagram | iMore

Gue rasa dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak orang yang beralih ke media sosial unggah foto ini. Selain bisa stalking status selebriti atau sosok viral secara singkat dan memuaskan, IG pada esensinya sudah bisa semuanya.

Mau unggah foto, unggah video, update status beserta foto, semuanya tinggal lewat IG saja. Gue aja walau masih aktif menggunakan Facebook, kini lebih seringnya membuka IG.

5. Twitter

media sosial facebook
Twitter | Malay Mail

Yap inilah alternatif media sosial 2021 selain Facebook yang seperti Instagram, kini lebih banyak yang menggunakannya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Menghentikan "AutoPlay" Video di Browser Apa saja

Selain bisa melihat update singkat dari yang kita follow (teman maupun selebriti favorit), juga restriksi sensor Twitter masih benar-benar enak. Alias apabila kita sedang “ingin nakal” dan mau melihat “itu-itu”, masih sangat “terbuka lebar”.

Namun INGAT! Untuk urusan tweet status, Twitter masih lumayan strict. Pokoknya gak usah deh menulis status berbau SARA, menghina, dan sebagainya. Kalau berani, ya akun kamu bakalan auto banned. Jadi hati-hati ya guys.

Itulah tadi 5 media sosial alternatif kalau kamu memang sudah bosan dengan Facebook. Selamat memilih guys!