Aplikasi Zoom Versi iOS Ternyata Diam-Diam Mengirim Data ke Facebook

in ,
Download Aplikasi Zoom Untuk Belajar Online Di Laptop
Aplikasi Belajar Online, Zoom | businessinsider.com

Demi memutuskan rantai penyebaran virus corona, kini di berbagai negara mengimbau kepada masyarakat untuk menghabiskan waktu di rumah masing-masing. Termasuk di Indonesia, pemerintah sudah meliburkan seluruh kegiatan belajar mengajar. Diharapkan dapat belajar, dan bekerja di rumah saat ini.

Alternatif yang dapat dilakukan saat ini untuk menunjang aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi group video call. Salah satu aplikasi belajar online yang sedang populer saat ini adalah Zoom.

Semakin populernya aplikasi pilihan dari beberapa negara, ternyata Zoom (versi iOS) ketahuan mengirim data ke Facebook secara diam-diam.

Aplikasi Belajar Online ‘Zoom’ Versi iOS Kirim Data Pengguna ke Facebook Diam-diam

Aplikasi Zoom Untuk Belajar Online
Aplikasi Zoom Untuk Belajar Online | zoom

Setelah Dafunda Tekno kutip dari laporan analisis jaringan Motherboard, data yang dikirim Zoom ke Facebook yaitu sejumlah informasi detail penggunanya.

Informasi yang dikirim Zoom ketika pengguna membuka aplikasi tersebut mulai dari lokasi pengguna, model smartphone yang digunakan, operator seluler yang digunakan. Hingga ID khusus yang digunakan untuk menaruh iklan atau pihak ketiga supaya iklan tertarget pada pengguna.

Tidak tersedia halaman kebijakan pengguna

Lebih dari itu, apa yang telah dilakukan aplikasi Zoom di versi iOS tersebut tidak dimuat oleh sang pengembang di halaman kebijakan pengguna.

Juru bicara Facebook mengatakan kepada Motherboard jika pengembang menggunakan SDK perusahaan. Selain itu, pengembang aplikasi juga perlu transparan serta jelas dengan pengguna soal data yang dikirimkan Facebook.

Sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak pengembang terkait masalah pengiriman data pengguna tersebut. Pengguna berharap kejadian tersebut harus ditindak lanjuti sebelum pengguna aplikasi Zoom murka.

Hal semacam di atas cukup sering terjadi di kala semua informasi data pengguna sudah terkumpulkan. Para pengembang seenaknya memanfaatkan data tersebut untuk kepentingannya. Tidak memikirkan dampak apa yang terjadi setelah data pribadi pengguna dikirimkan.

Nah menurut kamu gimana, apakah kamu salah satu orang yang menggunakan aplikasi Zoom di iOS? lalu bagaimana tanggapanmu tentang kejadian di atas, yuk berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.