Barang Impor Banyak Beredar di Toko Online, Begini Penjelasan Rudiantara

in ,
Belanja Online Barang Luar Negeri

Saat kita menjelajahi toko online, pasti banyak barang luar negeri yang hadir bukan? Ternyata hal ini dianggap memberi dampak yang buruk bagi produk lokal. Tapi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo) mengatakan bahwa produk-produk impor ini memiliki sumbangsih untuk negara.

“Katanya saat ini salah satu penyumbang defisit negara adalah e-commerce. Saya katakan ini bisa iya, bisa tidak. Bisa iya kalau e-commerce itu sifatnya business to consumer (B to C) dan membawa barang dari luar negeri,”

Rudiantara

Menurutnya, saat ini yang e-commerce juga ikut menyumbang untuk defisit negara. Biasanya e-commerce memiliki sifat business to consumer, artinya penyedia toko bukan importir, tetapi membeli produk dari agen-agen distributor di Indonesia.

Dengan begitu yang perlu diperhatikan di sini adalah pihak distributor. Supaya mereka tidak melakukan impor barang dalam jumlah banyak dari luar negeri. Menkominfo juga menghimbau agar kita tetap mempertimbangkan produk Indonesia sebelum membeli produk luar.

“Karena kita bangsa Indonesia, usahakan tidak beli barang dari luar negeri. Memang sudah banyak barang impor yang murah. Namun kemungkinan negara lain bisa dumping ke pasar Indonesia”, ungkap Rudiantara saat mengisi acara konferensi pers HUT ke -8 Blibli.com.

Ayo mulai berdiksusi