Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word Secara Otomatis

in , ,
Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Kembali lagi dengan artikel tutorial bersama dengan Dafunda Tekno. Kali ini Dafunda Tekno akan membagikan tutorial cara membuat nomor halaman di word secara otomatis. Tentu dengan menggunakan penomoran di halaman dokumen Microsoft Word maka akan memudahkan saat mencari sebuah materi di dalam dokumen tersebut.

Membuat nomor halaman di Word adalah poin yang sangat penting saat kamu membuat tugas baik itu berupa tugas laporan, makalah, skripsi, tesis dan laporan lainnya. Nah bagi kamu yang belum tahu cara membuat penomoran halaman di Microsoft Word secara otomatis yuk simak caranya berikut ini.

BACA JUGA:

Cara Membuat Nomor Halaman di Word Otomatis

Time needed: 5 minutes.

Tutorial cara membuat nomor halaman di Word ini bisa kamu aplikasikan di Word 2007, 2010, 2013 dan 2016. Tutorial ini akan membahas beberapa poin penting dalam membuat nomor halaman di Microsoft Word. Nah langsung saja simak beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Microsoft Word di laptop atau PC kamu

    Lalu masuk ke menu Insert lalu pilih Page number

  2. Nanti akan muncul menu untuk memilih letak page number. Disini kamu bisa memilih apa ingin berada di bagian atas halaman, dibawah halaman dan posisi lainnya.

    Lalu arahkan kursos ke salah satu menu, lalu pilih desain page number yang kamu inginkan.

  3. Selanjutnya klik tipe page number yang kamu inginkan

    Sekarang nomor halaman sudah berhasil kamu buat

  4. Namun jika kamu tidak melakukan pengaturan lain maka jika ada cover di dalam dokumen tersebut terdapat penomoran juga di covernya.

    Tentu cover tidak mungkin ada nomor bukan? Nah lalu bagaimana cara menghilangkan nomor pada cover? kamu bisa simak berikut caranya.

  5. Klik dua kali pada footer atau page number yang sudah kamu buat tadi

    Kemudian centang di bagian Different first page

  6. Nah page number pada halaman pertama pun hilang

  7. Nah jika sampai langkah di atas saja, tentu halaman lain ke bawah akan memulai penomoran dari angka 2.

    Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  8. Klik pada halaman awal

    Lalu masuk ke menu Page Layout dan pilih Breaks

  9. Selanjutnya pilih Next Page

    Nanti kamu akan melihat page 2 dari lembar dokumen kamu menjadi kosong. Hal tersebut dikarenakan kamu mencentang opsi Different first page

  10. Sekarang klik dua kali di bagian footer halaman tadi

    Lalu hilangkan centang di Defferent first page

  11. Namun halaman tadi akan tetap di penomoran yang sama yaitu dimulai dari angka 2

    Nah mengapa hal tersebut bisa terjadi? hal ini karena kita belum mengatur ulang penomoran halamannya. Kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  12. Klik dua kali di bagian footer

    Lalu klik lagi pada nomor halaman dan klik pada opsi Format page number, bisa kamu lihat bahwa page number penomorannya masih lanjut pada section sebelumnya sehingga halaman cover tadi masih terhitung.

  13. Nah untuk mengubahnya, klik Start at

    Lalu pada field isikan angka 1 untuk memulai penomoran dari angka 1.

  14. Kamu sudah berhasil membuat nomor di Microsoft Word

    Halaman cover pun tidak akan muncul nomor.

Selain menggunakan angka, kamu juga bisa menggunakan format lain untuk penomoran seperti angka romawi atau huruf alphabet. Cara mengubhanya di format page number seperti yang kita lakukan di atas. Lalu klik Number format dan pilih penomoran halaman menggunakan nomor yang kamu inginkan.


Itulah cara membuat nomor di Word otomatis. Apakah tutorial di atas membantu kamu soal memberikan nomor di halaman Microsoft Word? jika ada yang tidak mengerti langsung saja ditanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan