Berita TeknologiTekno

Drone Buatan Anak Bangsa Pertama Tanpa Baling-Baling

Dalam beberapa tahun terakhir banyak perkembangan didunia teknologi khususnya pada sebuah alat pesawat tanpa awak ini atau sering disebut dengan drone. Tidak hanya dari perusahaan global saja yang ikut mengembangkannya, ternyata di Indonesia komunitas merakit atau menciptakan pesawat tanpa awak ini sudah menjamur dimana-mana.

Dari sekian perkembangan tersebut, salah seorang remaja berusia 18 tahun telah membuat sebuah drone hasil pemikiran sendiri. Sebut saja namanya Muhammad Rizqy Fauzan, seorang inovator muda yang mampu mengembangkan drone bebeda dengan yang lainnya. Berbeda dari mana? Ia bisa membuat sebuah drone dengan tanpa mengggunakan baling-baling atau disebut dengan Bladeless Drone.

 

Drone Buatan Anak Indonesia (2)

Kalo dilihat memang tidak masuk akal, namun Ia terinspirasi dari Dyson Air Multiplier yang bisa mengudara tanpa menggunakan baling-baling.

Cara kerja drone ini sangat simpel, dimana udara akan diserap melalui bawah melalui sebuah tabung. Kemudian dialirkan ke empat lubang yang berguna untuk menerbangkan drone. Hal tersebut juga berhubungan dengan hukum fisika, Bernoulli.

Read more:  Cara Mudah Mengetahui Password Instagram Pacar

Drone Pertama Tanpa Baling-baling Buatan Indonesia

Drone Buatan Anak Indonesia (3)

Kelebihan dari drone ini adalah tidak memerlukan komponen mekanik seperti baling-baling yang dianggap cukup berbahaya jika mengenai tubuh. Selain itu, ESC, motor DC, juga tidak muncul pada drone Bladeless ini.

Fauzan menyatakan selama ini dirinya mengandalkan mesin yang di impor, untuk frame Ia buat sendiri menggunakan printer 3D. Dan dia sudah menghabiskan dana sekitar Rp 5 juta sebulan untuk membangun sebuah drone miliknya.

Drone Buatan Anak Indonesia (4)

Fauzan berharap drone ini bisa berguna seperti drone untuk pemetaan, penelitian, dan keperluan sinematik lainnya.

 

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications