Inilah 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Baterai Laptop Kamu Rusak

baterai laptop cepat rusak dengan kebiasaan ini

Laptop/PC adalah sebuah perangkat yang tidak lepas dari pekerjaan sehari-hari khususnya perkantoran, dan sangat banyak orang membutuhkannya. Mulai dari kegiatan mengedit foto, membuat tugas atau hanya sekedar bermain games.

Namun saat ini banyak pengguna melakukan kebiasaan yang sepele namun bisa berakibat fatal pada laptop nya. Salah satu hal yang bisa berakibat fatal pada laptop adalah rusaknya baterai laptop dalam jangka waktu yang masih muda.

Padahal baterai merupakan salah satu elemen terpenting pada laptop. Namun, dikarenakan hal-hal yang kita anggap sepele tersebut dapat menimbulkan hal-hal yang besar seperti kerusakan pada baterai laptop yang dapat berimbas pada laptop itu sendiri karena tidak dapat digunakan sebagaimana semestinya lagi. Nah Dafunda Tekno kali ini akan menjelaskan beberapa kebiasaan sepele yang berdampak akan rusak nya baterai laptop kamu berikut ini.

Hal Sepele Bisa Berakibat Fatal Pada Baterai Laptop

Sering Mencabut Baterai Ketika Laptop Menyala

Sebelum nya Dafunda Tekno juga pernah melakukan hal satu ini. Karena banyak dari kita berpikir bahwa hal tersebut adalah langkah yang tepat ketika terjadi lag. Namun rupanya kebiasaan yang sepele ini bisa menimbulkan cepatnya rusak baterai laptop karena ketika baterai dicabut paksa, maka sumber arus listrik langsung terhubung ke laptop.

Sangat fatal disaat listrik mati secara otomatis laptop yang baterai nya sudah kamu cabut akan ikut mati, dan hal tersebut tidak berdampak pada laptop saja. Namun akan beresiko juga pada komponen hardware lainnya seperti hardisk. Ingat bahaya gusy!

Menggunakan Laptop pada Tempat yang Empuk

Hal yang satu ini pasti sangat sering kita lakukan, karena sangat nyaman untuk menggunakan laptop pada saat bersantai atau pun tidur-tiduran apalagi menggunakan laptop sambil meletakkannya diatas bantal maupun kasur.

Padahal kebiasaan yang satu ini bisa berakibat cepatnya kerusakan pada baterai laptop karena bahan yang empuk seperti bantal dan kasur bersifat menyerap panas dan menutup jalan keluarnya panas pada laptop. Jadi jika hal ini tidak diperhatikan dan terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin laptop kamu akan mengalami over heat dan nantinya akan berpengaruh pada kerusakan baterai laptop.

Mengisi/ Mencharger Baterai Pada Persentase Tinggal 20%

Hal ini sudah menjadi fenomena bagi kita semua. Karena disaat kapasitas baterai tinggal 20 persen, kamu akan malas untuk segera mengisi daya baterai di laptopmu dengan alasan tertentu.

Sebenarnya dengan membiarkan baterai pada saat 20 persen belum terhubung dengan socket pengisi itu tidak baik dan bisa memperpendek usia baterai baterai laptop kamu sendiri loh.

Dafunda Tekno punya solusinya, kamu bisa mengatur Power Options (Pengaturan pada laptop sesuai dengan merek laptop) supaya laptop kamu bisa mati dengan sendirinya sebelum baterai mencapai pada angka 0 atau pada angka yang sudah ditentukan.

Socket atau Charger Laptop Terlalu Lama Menancap Pada Laptop, Padahal Baterai Sudah Penuh

Jika ukur memang benar dampaknya tidak akan terlihat dalam waktu dekat, bila kamu sering membiarkan charger tetap menancap pada laptop dimana daya baterai sudah penuh. Maka pengisian daya akan berlebihan alias tidak sesuai dengan kemampuan menampungnya.

Ternyata hal tersebut bisa membuat komponen hardware lainnya akan panas tidak hanya baterai saja. Hal yang demikian bisa menurunkan performa baterai laptop dan bisa memperpendek usia baterai kamu.

Mencharger tidak Terkontrol

Maksuda dari mencharger tidak terkontrol adalah kebiasaan kita dalam mengisi daya baterai laptop pada tegangan atau voltage yang tidak sesuai. Kadangkala men-charge pada colokan dengan listrik yang terlampau tinggi, hal tersebut bisa membuat baterai cepat soap.

Disaat kamu menggunakan arus yang terlampau tinggi saat mengisi daya baterai, sudah pasti adaptor akan cepat rusak. Disamping itu, pada saat proses pengisian daya kamu akan merasakan lebih lama dan seolah-olah baterai terisi penuh, tetapi sebaliknya.

Bagaimana, masih mau melakukan kebiasaan buruk diatas? Nah mulai dari sekarang usahakan tidak melakukan 5 kebiasaan buruk diatas lagi ya guys!

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

Exit mobile version