Berikut ini adalah cara mencegah pengambilan screenshot di Komputer siapa saja (termasuk malware) yang ingin mencuri data di komputer Kamu.

Bagi Kamu yang sering ngoprek-ngoprek komputer atau PC sudah pasti tau cara kerja malware. Malware bekerja dengan berbagai macam cara, mulai dari ransomware yang mengenkripsi file, trojan yang mengumpulkan pasukan botnet. Bahkan juga bisa mencuri berbagai data dan informasi.

Berbicara masalah malware pencuri, memang sangat banyak metode yang digunakan. Salah satu nya menggunakan teknik keylogger, namun ada juga menggunakan metode pengambilan screenshot secara diam-diam dan mengirimkannya ke attacker.

Nah kali ini DafundaTekno akan membahas cara untuk mencegah pencurian data melalui screenshot yang dilakukan oleh malware secara diam-diam. Bahkan selain malware, teman Kamu yang ingin menyimpan screenshot di komputer Kamu juga tidak bisa.

JANGAN LEWATKAN
Microsoft resmi membeli Xamarin!

Kali ini kita akan menggunakan sebuah tool anti-screenshot yaitu ScreenWings. Tool ini sangat sederhana, Kamu tinggal download dan aktifkan saja icon berlogo monitor yang berguna untuk toogle on/off.

Cara Mencegah Pengambilan Screenshot di Komputer (Windows) Oleh Siapapun

Sebelumnya pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi ScreenWings sebagai tool yang akan kita gunakan untuk mencegah siapapun yang ingin mengambil screenshot di komputer Kamu.

ScreenWings for PC DOWNLOAD
Ekstrak terlebih dahulu file .zip nya. Aplikasi ini adalah tool portable, jadi Kamu tinggal menjalankan saja tanpa harus menginstall nya.
  • Jika sudah di download, jalankan aplikasi ScreenWings.

cara-mencegah-screenshot-siapa-saja

  • Ketika aktif logo monitor tersebut, maka akan berubah menjadi warna hitam.
JANGAN LEWATKAN
Cara Menghapus Virus Adware yang Menyebalkan dengan Mudah

cara-mencegah-screenshot-siapa-saja

  • Nah, tool ini akan aktif secara background.

cara-mencegah-screenshot-siapa-saja

  • Segala yang di screenshot di PC kamu bakal menjadi hitam, baik itu screenshot melalui third party apps seperti PickPick, tombol Print Screen, SnagIt, maupun malware sendiri yang melakukan screenshot dibalik layar secara diam-diam.
  • Kamu bisa melihat perbandingan dibawah ini dimana sebelum menggunakan tool ScreenWings yang masih dapat terlihat screenshot layar desktop.

cara-mencegah-screenshot-siapa-saja

  • Namun setelah Kamu mengaktifkan toolnya, maka hasilnya akan berwarna hitam pekat tidak terlihat apa-apa.

cara-mencegah-screenshot-siapa-saja

Catatan: untuk menguji ScreenWings diatas, DafundaTekno menggunakan virtual machine di Windows 10. Karena jika langsung menggunakan PC tentu tidak ada yang bisa discreenshot untuk ditampilkan pada tutorial ini, kecuali hanya gambar dengan warna hitam saja. 😀

JANGAN LEWATKAN
Pengguna Windows 10 Sudah Tembus Angka 200 Juta dan Terus bertambah

Kekurangan dari tool ScreenWings ini adalah besarnya ukuran RAM yang digunakan. mulai dengan 12 MB sampai 175 MB. Namun karena tool ScreenWings ini masih berada di versi 1.0, maka bisa jadi performa akan terus di optimasi seiring waktu.

Nah tunggu apalagi, gunakan cara mencegah pengambilan screenshot di komputer mu ini, sebelum malware menyerang dan mencuri seluruh data penting di komputermu. Jika Kamu masih bingung jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah ini ya!

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...