TeknoBerita Teknologi

MEME TAO, Platform DeFi Investasi yang Mudah, Aman dan Menyenangkan

MEME TAO, hedge fund berbasis DeFi pertama yang dirancang agar investasi kripto mudah, aman, dan menyenangkan.

Pada tahun 2022 lalu, industri kripto menerjang badai yang sangat deras dipicu oleh tiga masalah besar yaitu runtuhnya FTX, kejatuhan mata uang Terra dan Luna, serta kegagalan Three Arrows Capital yang juga turut berinvestasi di Terra Luna mencapai US$ 559,6 juta. Kombinasi ketiga masalah itu membuat harga Bitcoin serta hampir semua mata uang kripto terjun level terlemahnya sejak pertengahan 2020 yaitu US$15.603 pada November 2022.

Serangkaian kontroversi tersebut membuat para investor kripto angkat kaki dan berpikir dua kali bahkan lebih untuk menggunakan lagi uang mereka di sektor kripto. Para investor memikirkan bagaimana cara mereka mendapatkan keuntungan stabil seperti halnya investasi tradisional yang punya dana kelolaan besar dengan perlindungan nilai aset.

Maka dari itu hadir MEME TAO, hedge fund berbasis DeFi pertama yang dirancang agar investasi kripto mudah, aman, dan menyenangkan. Selain itu MEME TAO juga dibangun di atas DAO yang mana pengguna atau komunitas punya kendali dan andil atas apa yang dilakukan oleh MEME TAO, ke mana akan dibawa project ini.

Basis DAO yang Saling Menguntungkan

Melihat dari Whitepaper MEME TAO, ini berbeda dari platform DeFi lain, MEME TAO memanfaatkan DAO untuk memilih investor atau trader profesional yang tergabung untuk mengelola empat kategori/gaya investasi yang ada di MEME TAO dengan tingkat risiko berbeda-beda. Para investor profesional tersebut dinamai “Daoshi”. Daoshi di sini seperti layaknya manajer investasi. Mereka adalah seorang profesional dan punya pengalaman dalam mengelola investasi kripto. Dengan adanya Daoshi ini, orang awam tidak perlu khawatir akan terjadinya skema pump dan dump juga margin call yang biasanya terjadi saat kita melakukan trade sendiri tanpa mentor atau manajer portofolio.

Bedakan dengan mencari sendiri koin atau proyek kripto mana yang benar-benar stabil dan menguntungkan. Investor perlu melakukan riset mendalam, membuka whiterpaper proyek yang diincar dan membaca hingga selesai, bergabung dengan komunitas, menganalisis satu per satu tim di proyek tersebut dan banyak hal lainnya. Sangat merepotkan dan belum tentu analisis yang ditepat, apalagi investasi kripto ini hanya dijadikan untuk sampingan saja.  Di MEME TAO hal tersebut sudah diwakili oleh para Daoshi dan para investor hanya perlu memilih gaya investasi atau profil risiko investor.

Dengan basis DAO seperti ini, menjadikan para trader dan investor yang sudah berpengalaman menjadi Daoshi, bertanggungjawab untuk mengelola aset yang diinvestasikan di MEME TAO untuk mendapatkan keuntungan sesuai profil risiko semuanya diuntungkan. Gaya investasi ini dirancang dengan hati-hati oleh tim MEME TAO untuk menjamin bagian untuk semua orang.

Pemilihan Daoshi juga tidak sembarangan. Melalui DAO, para pemegang token $MTAO dapat menentukan investor atau trader mana yang akan mengelola masing-masing dari empat kategori atau gaya investasi di MEME TAO. Tentu, artinya setiap investor yang terpilih tersebut dipercaya bahwa mereka punya kapabilitas dan rekam jejak investasi mereka di kripto sebagai portofolio dan diberikan kesempatan untuk memimpin gaya investasi yang mereka pilih.

Namun juga walaupun mereka dipilih menjadi Daoshi, mereka tidak dapat semena-mena untuk berpuas diri. Pemegang token $MTAO tetap dapat memilih Daoshi baru dan diberikan kesempatan untuk meninjau kinerja para Daoshi. Apabila Daoshi tidak memenuhi ekspektasi, maka dia bisa diturunkan dan digantikan sesuai mayoritas suara pemegang token $MTAO.

Berbagai Gaya Investasi sesuai Profil Risiko

Seperti pada investasi tradisional, masing-masing orang juga punya profil risiko masing-masing. Jika tipe investor konservatif, dirinya tidak akan mengambil risiko besar dengan keuntungan cepat, melainkan mengambil aset investasi dengan risiko rendah dengan keuntungan yang cukup lama namun stabil. Ada juga tipe investor agresif, tipe yang mengambil risiko besar dengan keuntungan besar yang cepat, namun seperti namanya agresif gaya investasi ini punya risiko yang tinggi.

Di MEME TAO, semua gaya investasi tradisional tersedia. Pengguna tidak diberikan batasan mengenai bagaimana cara mereka berinvestasi. Hal ini memungkinkan siapa pun untuk membangun portofolio yang seimbang sesuai keinginan. Gaya-gaya tersebut antara lain Degenerator, Blue Paws, lalu gaya yang ketiga berfokus pada proyek baru, dan terakhir MEME Liquidity Pools.

Bagi investor yang punya profil risiko investasi tinggi atau agresif, gaya yang pertama cocok untuk investor. Gaya Degeneratif di MEME TAO berfokus pada permainan jangka pendek dan keuntungan sangat tinggi dengan dana kelolaan terdiri dari 20% dari total aset yang dikelola oleh MEME TAO. Untuk investor investor dengan profil risiko menengah ada gaya Blue Paws dan gaya yang berfokus pada proyek-proyek baru yang menjanjikan di dunia memecoin.

Gaya Blue Paws fokus dalam investasi koin dan token blue-chip dengan alasan stabilitas dan kinerja jangka panjang. Sedangkan gaya ketiga yaitu Pink Paws berfokus pada proyek baru yang menjanjikan di dunia memecoin. Lebih dari 60% dari total aset kelolaan MEME TAO digunakan untuk dua gaya ini. Gaya ini punya risiko menengah dan juga keuntungan menengah. Cocok untuk investor yang masih ingin main aman namun tetap mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi.

Lalu yang terakhir adalah MEME Liquidity Pools sebagai gaya investasi paling aman dan paling rendah risiko. Di MEME Liquidity Pools, MEME TAO menawarkan gaya investasi aman dengan return kecil namun stabil dan berkepanjangan sebagai imbalan penyedia likuiditas $MTAO. Investor dapat membeli token $MTAO di Uniswap dan menaruhnya di melakukan staking di dashboard staking MEME TAO.

Jika ditarik kesimpulan, kehadiran MEME TAO dalam dunia kripto adalah win-win solution bagi semuanya. Masih banyak orang yang skeptis akan masa depan kripto ditambah banyak kontroversi yang terjadi. MEME TAO menawarkan hal baru, membuat investasi kripto menjadi mudah, aman dan menyenangkan dengan berbagai pilihan gaya investasi ditambah sistem DAO yang saling menguntungkan. Tim proyek MEME TAO tidak punya andil atas aset kelolaan di sana, namun DAO lah yang mementukan segalanya. Kemana aset investasi akan disalurkan dan siapa yang dapat dipercaya mengelola aset investasi di MEME TAO.

Dengan begitu para investor tidak perlu khawatir lagi akan hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi. Mereka juga dapat menyesuaikan gaya investasi seperti halnya investasi tradisional.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.