Kamu pasti punya teman yang selalu minta tolong untuk membersihkan komputer nya yang terinfeksi dengan virus malware bukan? Untuk pertama kali pasti kalian sempat bingung gimana cara mengatasinya. Nah setelah Kamu membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa membantu masalah yang sedang Kamu hadapi sekarang.

Sebelum menghapus malware yang membandel dikomputer (Windows) yang sudah teinfeksi, adakala baiknya kamu harus mengetahui beberapa gejala yang bisa menyebabkan terinfeksi virus jahat tersebut. Supaya kedepan tidak akan terjadi kejadian yang serupa, berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa menyebabkan komputer terinfeksi dengan virus.

Penyebab Komputer Terinfeksi Virus (Adware)

  • Saat Browsing sering ter-inject oleh iklan bukan dari iklan web yang dikunjungi
  • Halaman pada browser secara default dalam pengaturan abal-abal
  • Browser dalam keadaaan pengaturan abal-abal
  • Keseringan muncul pop-up yang sangat menganggu, dan sebagainya.
JANGAN LEWATKAN
Dengan Cara ini, Password Login Windows dan Mac Bisa di curi

Jika dilihat dari gejala diatas sepertinya masalahnya cukup pelik, apalagi bagi pengguna Komputer (Windows) yang awam. Sebenarnya cara membersihkan tidaklah sulit. Kamu bisa membersihkan dengan melalakukan beberapa langkah dibawah ini.

Cara Membersihkan “Adware” di Komputer (Windows)

DafundaTekno disini akan memberikan 3 cara untuk membersihkan virus Adware yang bisa Kamu gunakan salah satunya nanti.

Membersihkan Adware Menggunakan AdwCleaner

cara-membersihkan-adware-di-komputer

Sudah banyak kasus yang DafundaTekno dapatkan mengenai masalah Adware bisa tuntas dengan menggunakan AdwCleaner. Langkahnya kerjanya simpel, Kamu bisa mengunduh atau mendownloadnya kemudian tinggal dijalankan AdwCleaner tersebut. Nantinya tool tersebut akan membersihkan secara otomatis sampai tuntas komputer yang sudah terinfeksi Adware.

Kebanyakan semua toolbar, add-on atau berbagai komponen Adware yang sudah menyerang komputer akan hilang jika sudah menerapkan cara satu ini. Untuk aplikasinya Kamu bisa download melalui link dibawah ini.

JANGAN LEWATKAN
Hati-Hati "Update" Windows 10 Annivesary Dapat Menyebabkan Rusak Webcam Loh!
AdwCleaner For Windows – Via ToolsLib DOWNLOAD
Unduhan langsung diarahkan ke laman resmi aplikasi tersangkut, jadi kemungkinan kecil terjadi kerusakan file.
AdwCleaner For Windows – Via BleepingComputer DOWNLOAD
Unduhan langsung diarahkan ke laman resmi aplikasi tersangkut, jadi kemungkinan kecil terjadi kerusakan file.

Hapus Adware yang Tersisa Di Komputer Windows Kamu

cara-membersihkan-adware-di-komputer

Pastikan di tempat Remove Programs sudah tidak ada sisa aplikasi yang mencurigakan. Jika ada aplikasi yang mecurigakan, segera untuk dihapus. Kebanyakan Adware tersimpan didalam sebuah aplikasi, dan seringnya pengguna selalu yes-yes-yes saat mengintall aplikasi karena kurang teliti.

Nah jika sudah Kamu hapus aplikasi yang mencurigakan tersebut, maka Adware yang bersembunyi di sebuah aplikasi tersebut akan hilang sendirinya. Jadi untuk melakukan uninstall nya Kamu bisa melakukan melalui “Control Panel” di Windows.

JANGAN LEWATKAN
Cara Download ISO Windows 7, 8.1, dan 10 Langsung dari Server Microsoft

Seringlah Membersihkan Browser Setelah Digunakan

browser-terbaik

Apabila beberapa langkah diatas sudah Kamu lakukan, sekarang pastikan untuk mengecek kembali browser yang Kamu gunakan. Pastikan tidak ada ekstensi adware dan add-on yang tersisa di browser. Jika ekstensi tersebut masih tersedia, kamu bisa menghapus secara manual.

Nah jika tidak bisa dihilangkan secara manual, sekarang lakukan reinstall browser Kamu. Hal ini sangat dianjurkan, karena Adware sering menyerang browser.

Kebanyakan kasus yang sudah terjadi mengenai Adware, dengan melakukan 3 cara diatas maka PC kamu akan terhindar dari serangan Adware bahaya.

Jika Kamu ada tambahan mengenai cara membasmi Adware di Komputer, jangan lupa dibagikan melalui kolom komentar oke!

JANGAN LEWATKAN
Cara Mencegah Siapapun (Termasuk Malware) Mengambil ScreenShot Di Laptop/PC Kamu
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...