TeknoWindows

4 Microsoft Office Dari yang Gampang Hingga Susah Banget Untuk Dipelajari

Inilah 4 Microsoft Office dari yang gampang hingga yang susah banget untuk dipelajari.

Bukan rahasia lagi kalau aplikasi Microsoft Office milik Microsoft, adalah aplikasi perkantoran yang seharusnya sudah kita kuasai. Karena apabila belum, bagaimana nantinya kita bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk itu?

Namun  kenyataannya, masih lumayan banyak dari kita yang belum menguasai sepenuhnya seluruh aplikasi Microsoft Office-nya. Dan faktanya untuk bisa menguasai aplikasi ini, kita memang harus belajar dan berlatih terlebih dahulu.

Microsoft Office
Microsoft Office | e-Careers

Nah dari sekian banyak sub-sub aplikasi Microsoft Office, biasanya hanya 4 saja yang kerap digunakan di perkantoran: Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan Microsoft Access.

Berdasarkan seluruh pernyataan tersebut dan apabila kalian memang ingin mempelajari keempatnya, berikut adalah penjelasan 4 Microsoft Office dari yang gampang hingga susah banget untuk kita pelajari tersebut.

4. Microsoft Power Point

Microsoft Office dari yang gampang hingga yang susah banget untuk dipelajari yang pertama dan paling mudah untuk kita pelajari adalah Power Point.

Memang Melalui Power Point kita juga bisa membuat video atau animasi layaknya seperti di aplikasi video editing pada umumnya. Lebih jauh, untuk bisa melakukan hal tersebut kita memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun mari kita lupakan dulu fitur tersebut dan mengingat kembali fungsi dasar dari Power Point yang sesungguhnya. Yap benar sakali. Power Point pada dasarnya adalah aplikasi untuk melakukan presentasi slide demi slide.

Dan setahu gue ya, sebagian besar perusahaan atau institusi pendidikan, menggunakan Power Point untuk melakukan presentasi dengan kata atau gambar saja. Paling maksimal, menggunakan klip audio atau video.

Super duper jarang presentasi yang melibatkan animasi bergerak. Sehingga dengan pernyataan tersebut, maka jelaslah kalau kita hanya ingin mempelajari fungsi-fungsi dasar Power Points, maka pembelajarannya sangat gampang.

Pasalnya, kita hanya mempelajari bagaimana memasukkan slide, video, audio dan juga menyertakan variasi transisi dari satu slide ke slide lainnya.

3. Microsoft Access

Microsoft Office dari yang gampang hingga yang susah banget untuk dipelajari selanjutnya adalah Access. Sebenarnya aplikasi Microsoft Office ini lumayan susah juga untuk dipelajari. Namun, karena hanya beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan, maka gue tempatin pada posisi ini.

Tapi sekali lagi, jangan dikira enteng untuk mempelajari Access. Terlebih rata-rata dari kita sangat jarang menggunakan aplikasi ini. Sebelum menjelaskan alasan mengapa penguasaannya cukup sulit, gue akan jelaskan dulu terkait fungsi program ini.

Micrsoft Access gampangnya adalah aplikasi Office untuk membuat dan menyimpan basis data (data base). Biasanya industri / pekerjaan yang menggunakan adalah rumah sakit WALAU, banyak juga industri non rumah sakit yang juga menggunakannya.

Sebagai gambaran, katakanlah kita bekerja sebagai staf rumah sakit. Lalu salah satu dokter spesialis kanker, memerintahkan kita untuk membuat data / daftar pasien yang menderita kanker otak.

Memang, kita mungkin bisa atau membuat datanya melalui tabel di Microsoft Word atau Excel. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa metode ini sedikit ribet nantinya. Apalagi kalau data daftar pasiennya banyak detil spesifik lain seperti alamat, jenis kelamin, dan stadium yang diderita.

Dengan menggunakan Access, kamu tinggal membuat tabel dengan kata kunci dan beberapa keyword lainnya dan nanti ketika kita mengetikkan kata kunci, apa yang kita cari langsung tersortir secara spesifik.

Misalkan kita mencari pasien kanker otak yang sudah stadium 4 dan tinggal di Jakarta. Nah melalui Access, kita tinggal masukkan salah satu kata kuncinya tersebut, langsung deh kamu menemukan pasien stadium 4 yang tinggal di Jakarta tersebut. Bagaimana enak bukan?

Tapi ya itu tadi, untuk bisa membuat semua ini kamu haru mempelajarinya secara seksama terlebih dahulu. Dan bisa gue katakan mempelajarinya susah-susah gampang. Tapi nantinya kalau sudah bisa, bakalan enak banget deh.

2. Microsoft Word

Gue yakin pasti masih ada dari kalian yang menganggap sudah bisa atau menguasai aplikasi Office sejuta umat ini. Dan gak apa-apa sih guys. Gue juga dulu awalnya seperti ini. Karena ya pada saat itu gue merasa gue bisa mengetik dengan baik.

Toh pada dasarnya aplikasi ini memang untuk menulis / ketik bukan? Well, ketika akhirnya pada tahun 2005 silam gue melakukan kursus komputer, betapa malunya diri ini akan kesombongan yang amat sangat tersebut.

Memang sekali lagi Word adalah aplikasi untuk menulis / ketik. Namun kenyataannya banyak banget fungsi dan trik rahasia dari aplikasi ini. Selain bisa membuat banyak surat (mail merge), tahukah kamu kalau Word juga bisa melakukan perumusan matematis?

Juga, tahukah kamu kalau Word bisa merubah tulisanmu menjadi teks dalam halaman web? Selain itu kalau kamu belum memahami bagaimana mengetik dengan benar dan rapih, maka tentunya kamu harus mempelajari dulu seluruh Microsoft Word-nya.

Dan percayalah, mempelajari ini semua apalagi belajar ketik rapih, tidaklah semudah yang kita bayangkan. Jadi ya, gak salah bukan jika gue menempatkan Word di posisi ini?

1. Microsoft Excel

Akhirnya inilah program Microsoft Office yang dari dulu sampai sekarang, kerap menjadi momok kita semua. Bagaimana tidak? Excel pada dasarnya adalah aplikasi matematika / berhitung milik Microsoft Office.

Dan seperti halnya belajar matematika, walau pada dasarnya semua telah dijalankan dengan komputer, tetap saja adalah kita yang menghitung dan memasukkan rumusnya lagi. Apalagi jika kita akan melakukan perhitungan yang kompleks nan ribet. Pokoknya kita, harus benar-benar hafal dengan semua rumus-rumus matematisnya.

Dengan pernyataan tersebut, maka gak heran jika banyak pekerja yang sebisa mungkin menghindari penggunaan Excel. TERKECUALI, jika bidang kerjanya memang berhubungan dengan hitung-menghitung seperti akuntan atau bagian finance sebuah perusahaan.

Apakah kita bisa mempelajari Excel secara otodidak? Hmm, mungkin bisa saja. Tapi kalau gue saranin alangkah baiknya kalian kursus saja entah online atau offline dengan bimbingan tutornya. Karena tutor atau guru akan lebih bisa memberikan kita bimbingan yang sangat perlahan tapi tepat sasaran (langsung bisa).

Atau ya bisa juga memang kalau mau melihat berbagai kanal YouTube belajar Excel itu. Ya pada akhirnya hanya kalian yang bisa memutuskan langkah terbaik untuk belajarnya.

Itulah tadi 4 Microsoft Office dari yang gampang hingga yang susah banget untuk dipelajari. Semoga pembahasannya bermanfaat!

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment