Pemerintah Berencana Bangun Server Cloud Sendiri di Indonesia

in ,
Server Cloud Indonesia

Ada rencana baru yang ingin dilakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dimana pemerintah ingin membangun server cloud sendiri di dalam negeri yang dipakai untuk menyimpan segala data strategis.

Server cloud storage tersebut fokus untuk menyimpan data-data penting dari instansi pemerintah. Server itu juga ikut dikelola oleh pemerintah sendiri.

Indonesia Bangun Server Cloud Sendiri Untuk Simpan Data Strategis Negara

“Pemerintah dalam hal ini sedang merencakan cloud, mulai beroperasi pada 2022” ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementriann Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat membahas soal ‘Ada Apa dengan PP No. 71 Tahun 2019 (PP PSTE) di gedung Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Pembangunan server cloud di Indonesia ini dibangun untuk mendukung peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 soal Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik (PP PSTE) yang baru saja diberlakukan. Server Cloud ini nanti akan digunakan sebagai alat penyimpan data-data strategis negara.

“Cloud ini punya pemerintah akan dikelola oleh pemerintah. Data-data strategis hingga layanan umum itu sudah sinergi dengan Pepers sistem pemerintah berbasis elektronik,” jelasnya.

Indonesia Bakal Punya Server Cloud Sendiri

Nanti pemerintah ingin membangun empat data center di Indonesia. Jika nanti pembangunan itu selesai, data-data Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) publik yang berada di luar Indonesia akan dikembalikan.

Semuel juga menyebutkan yang diwajibkan untuk menyimpan data center di Indonesia hanya dari sektor publik yaitu PSE yang sudah ditujuk pemerintah atau lewat APBN. Sedangkan PSE privat itu dibebaskan untuk menempatkan data centernya di dalam atau di luar negeri.

Sedangkan untuk PSE ini, akan diberikan masa untuk transisi selama dua tahun dalam mendata PSE dimana saja dan menyimpan datanya tersebut di luar. Nantinya baru ditarik semua ke Indonesia.

Dengan adanya rencana ini, maka Indonesia bakal memiliki cloud penyimpanan sendiri digunakan untuk kebutuhan negara.

Ayo mulai berdiksusi