TeknoTips

Inilah 5 Kesalahan Paling Fatal Saat Kamu Mengecas Baterai Ponsel!

Karena jaman sudah semakin canggih, banyak hal-hal yang sudah berkembang termasuk smartphone. Kali ini Dafunda Tekno akan membahas tentang hal yang paling fatal ketika kamu mengecas/mencharger smartphone kamu.

Parah banget loh kalau hal buruk itu menimpa kamu. Jadi jangan sampai terjadi ya hal yang fatal tersebut, kalau terjadi bisa ribet banget deh.

Sekarang sudah banyak barang elektronik yang selalu dipakai oleh manusia, bisa dibilang karena kebutuhan sehari-hari. Jika manusia tidak memegang barang elektronik yang dibutuhkannya itu, bisa saja dia langsung menjadi gelisah, pasti kamu begitu juga bukan?

Langsung saja deh kita simak artikel berikut ini yaitu 5 hal yang paling fatal saat sedang mengecas Smartphone.

BACA JUGA:

5 hal yang paling fatal saat sedang mengecas Smartphone

1. Menggunakan Charger Palsu

Cara Mengenali Charger Palsu

Jangan sekali-kali menggunakan/membeli charger palsu/bajakan, sebab bila kamu mengecas HP kamu dengan charger bajakan itu, perlahan demi perlahan charger itu akan merusak Smartphone kamu.

Contohnya saja saat kamu mengecas smartphone, dan tiba-tiba saja HP kamu memanas, hal itu disebabkan oleh charger palsu/bajakan. Jadi jangan tergiur dengan harga charger yang murah, karena nantinya perbaikkan HP kamu akan lebih mahal dari charger palsu yang kamu beli tersebut.

BACA JUGA: Tips Wajib Kamu Lakukan Supaya Smartphone Tidak Panas Saat Main Mobile Legends


2. Menggunakan Smartphone Sambil Mengecas

Bahaya Charger Sambil Main Game

Pasti banyak dari kalian yang menggunakan Smartphone saat mengecas bukan? Hati-hati loh, saat kamu menggunakan HP saat mengecas buat bermain game atau sosmed, itu bisa berakibat sangat fatal! Kalian juga pasti sudah tahu bukan?

Saat kalian sedang mengecas sambil bermain game, HP tersebut akan memanas dan beresiko untuk meledak.

BACA JUGA: Tips Supaya Baterai Smartphone Awet Saat Main Mobile Legends

3. Menggunakan Power Bank Terlalu Sering

Penyebab Smartphone Cepat Rusak

Saat baterai HP sedang kritis dan tak ada tempat buat mengecas, pastinya kita akan membutuhkan power bank. Tapi, lebih baik jangan gunakan power bank terlalu sering, karena dapat menyebabkan beterai kembung.

Jadi, power bank tidaklah baik untuk HP kamu jika digunakan terus menerus, lebih baik kamu mengisi penuh baterai kamu sebelum bepergian. Jadi lebih baik memakai pengisian yang biasa dan pastikan kamu menggunakan power bank hanya saat dalam keadaan darurat saja.

BACA JUGA: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja di Depan Layar


4. Mengecas Smartphone Semalaman

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Rusak

Pastinya banyak orang yang bermain HP sampai larut malam dan mengecas HP nya semalaman agar besok bisa digunakan kembali bukan?

Hentikan kebiasaan itu! Sebab, baterai akan melebihi kapasitas dan memanas, dan juga pastinya akan beresiko meledak! Segeralah hentikan kebiasaan itu, nantinya pasti akan berakibat sangat fatal jika kamu meneruskan kebiasaan mengecas HP semalaman.

BACA JUGA: 4 Tips Jitu Memperkuat Sinyal HP yang Jarang Orang Ketahui


5. Mengecas Smartphone Dari 0-100%

Penyebab Baterai Smartphone Tidak Awet

Pastinya kamu sering banget bukan melakukan hal ini, yaitu, menunggu baterai tersisa 5% atau 0% baru mengecas nya.

Sebenarnya hal tersebut sangat tidak diperbolehkan, karena dapat memperpendek umur baterai dan menyebabkan tambahnya tegangan yang dapat membuat baterai menjadi tertekan dan beresiko kembung.

Sebenarnya baterai ponsel sudah dirancang dengan baik pada kapasitas 30-80%, jadi, pastikan kamu mengecas baterai ponsel kamu saat tersisa 20-30% karena hal itu akan menjaga baterai ponsel kamu tetap bagus.

BACA JUGA: 6 Pengaturan Smartphone Android yang Wajib Untuk Anak Dibawah Umur


Itulah 5 hal yang sangat fatal dilakukan jika sedang melakukan pengisian daya baterai di smartphone. Nah setelah kamu tahu, apa kamu masih mau melakukan kebiasaan buruk di atas?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment