Berita TeknologiTekno

Begini Potret Kalimantan Jika Dilihat Dari Luar Angkasa

Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini menjadi daerah yang tengah hangat-hangatnya dibicarakan setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ibu kota terbaru Indonesia. Sudah tahun belum jika potret Kalimantan sebelumnya pernah diabadikan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dari luar angkasa? Nah begini potret Kalimantan dari luar angkasa.

Memang tidak spesifik hanya untuk Kalimantan Timur saja, NASA mengambil potretnya secara keseluruhan. Begitulah hasil dari penelurusan Dafunda Tekno mengenai arsip foto yang dimiliki oleh NASA.

Selain itu seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Visible Earth, ada sebuah laman yang telah disediakan oleh NASA terkait foto beserta animasi planet Bumi dan memperlihatkan dua gambar Kalimantan.

Foto pertama, terlihat Kalimantan secara utuh yang di dalamnya terlihat Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Di dalam gambar itu pula juga terlihat sebuah pulau yang disebut Borneo, menunjukkan wilayah Sarawak (negara bagian Malaysia) dan Brunei Darussalam.

Potret Kalimantan Dari Luar Angkasa

Potrait Kalimantan Timur
Source: NASA

Masih dengan foto yang sama, terlihat keindahan yang dihasilkan dari Kalimantan dengan diselimuti awan putih dan dikelilingi laut China Selatan, laut Sulu, laut Sulawesi, dan laut Jawa. NASA mengambil foto ini tepatnya pada pertengahan Mei 2002.

NASA juga memiliki foto terkini dari tampilan pulau dengan luas 743 kilometer, tepatnya diambil pada 5 Agustus 2014. Namun sayangnya, foto tersebut tidak begitu jelas jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Gambar yang diambil langsung dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan lebih fokus kepada kondisi badai yang terjadi di atas Borneo. Terlihat jelas juga lengkungan Bumi yang melukiskan keindanhn Kalimantan jika dilihat dari luar angkasa.

Foto Kalimantan Dari Luar Angkasa
Source: NASA

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.