TeknoTips

4 Situs Yang Cocok Banget Bagi Kita Yang Suka Menulis

Situs-situs ini cocok banget bagi kamu yang suka menulis!

Bagi kamu-kamu yang suka menulis, berikut adalah 4 situs (websites) yang cocok dan dan bisa kamu gunakan.

Dalam 1 dekade belakangan, tren menulis di sebuah situs (website) kian meninggi saja. Mau itu hanya sekedar menulis santai untuk menumpahkan keluh kesah, atau yang memang untuk mencari penghasilan, sekali lagi tren menulis online ini kian menggila.

Oleh karenanya, gak heran jika kini kian banyak pilihan / alternatif situs yang memang khusus untuk menulis.

Nah bagi kamu yang suka menulis dan masih bingung untuk menggunakan situs yang mana, langsung saja simak pembahasan 4 situs yang cocok banget bagi kita yang suka menulis berikut ini.

1. LiveJournal

20160228170350livejournal Home Page 5 4 13
LiveJournal | Archieveteam

Inilah situs menulis / blogging website yang paling tua dalam daftar ini. Muncul tahun 1999, LiveJournal adalah wadah online pertama yang digunakan banyak orang untuk mencurahkan isi kepala dan hatinya.

Dan kerennya, hingga sekarang situs ini masih ada dan juga masih banyak yang menggunakan. Salah satu kelebihan LiveJournal, adalah bisa berdiskusi / berinteraksi dengan blogger LiveJournal lainnya, membahas tulisan satu sama lain.

Cuma masalahnya nih, karena sudah jauh lebih banyak situs-situs blogging lain, kini sudah sedikiti yang menggunakan Live Journal.

Kalau memang tujuanmu agar tulisan dibaca banyak orang, sebaiknya jangan menggunakan situs ini. Tapi, kalau memang tujuannya untuk sekalian kenalan dengan blogger atau yang hobi menulis juga, maka yap LiveJournal adalah pilihan yang tepat.

2. Wix.com

Z2adckrtv3wfs9ukapxaqc
Wix.com | TechRadar

Dalam seumur-umur gue kenal dunia komputer dan dunia per-blogging an, kayaknya gak ada situs yang sejak muncul, langsung digandrungi habis-habisan seperti Wix ini.

Diluncurkan tahun 2006, situs yang dibuat oleh trio developer Israel ini pada tahun 2010 sudah memiliki 3.5 juta pengguna. Mungkin kamu mengatakan 4 tahun adalah waktu lama.

Tapi percayalah guys. Kalau kamu punya situs sendiri lalu dalam 4 tahun sudah dapat sampai 3 juta pengguna, itu sama saja seperti kamu naik jabatan kantor dalam 6 bulan saja alias cepet meroket banget.

Dan kini Wix menjadi salah satu situs favorit gak hanya untuk blogging, namun juga sebagai website builder. Pokoknya kalau kamu memiliki cita-cita untuk memiliki situs media online sendiri, bisa banget menggunakan ini.

Selain karena menyediakan banyak template tampilan situs profesional (banyak macamnya), juga penggunaan situsnya juga sangat praktis.

Tinggal klik, ketik, drag-drop saja. Untuk urusan SEO pun sudah mereka tangani. Pokoknya kalau yang suka praktis-praktis aja (gak mau ribet), Wix sangat cocok untuk kita.

3. Blogger

situs menulis
Blogger | TechPrevue

Alasan utama mengapa Blogger banyak banget yang pakai / favoritkan, adalah kemudahan dalam menggunakannya.

Bahkan bagi kamu yang notabene super awam dengan blogging atau urusan komputer, jamin langsung bisa deh. Pokoknya tinggal pilih tema / template halaman situs blog kita, dan langsung deh nulis sana-sini.

Cuma kalau kamu adalah sosok yang lebih mementingkan tampilan desain profesional seperti media-media online kebanyakan, maka sebaiknya jangan gunakan Blogger. Ada sih template halaman yang terlihat seperti situs resmi itu, tapi ya harus bayar.

Tapi kalaupun sudah menggunakan template berbayar pun, menurut gue tetap saja dari segi tampilan, Blogger masih kalah keren sehingga, membuat blog / situs kita terlihat seperti “main-main”.

Tapi memang, keuntungan menggunakan Blogger adalah gratis, mudah digunakan, dan gak memiliki batasan (limit) jumlah artikel yang bisa ditulis dan foto yang bisa diunggah. Ya intinya, suit yourself guys.

4. Wordpress

situs menulis
Wordpress.org | Wordpress

Ya situs yang cocok bagi kita yang suka menulis manalagi yang sangat pas dan keren digunakan selain Wordpress. Perlu kamu ketahui, hampir 80-90% situs di seluruh dunia menggunakan Wordpress sebagai website builder mereka.

Bahkan Dafunda saja menggunakan WP. Kenapa banyak yang menggunakan? 1 kata: Customizable. Ya kamu bisa mengatur ini itu dengan segudang plug-in yang bisa kamu install sana sini. Kalau analoginya dengan OS PC, Wordpress itu Windows XP.

Selain itu kita juga bisa meng-install plug-in Search Engine Optimization (SEO) yang berguna agar tulisan dan situs kamu terdeteksi dalam mesin pencarian Google.  Dan hal lainnya lagi tentu adalah pilihan tampilan template nya yang terlihat super profesional.

Pokoknya kelihatan banget seperti media online resmi deh. Kamu mau kan situs / blog kamu bisa terlihat seperti itu oleh orang banyak?

Nah tapi perlu kamu ingat banget nih. Wordpres ada 2 macam: Wordpress.com dan Wordpress.org. Apa sih bedanya?

Perbedaan Wordpress.com dan Wordpress.org

situs menulis
Wordpress.com | WhoIsHostingThis

Wordpress.com bahasa gampangnya adalah Wordpress versi super gratis dan diperuntukkan bagi mereka yang sekedar ingin sharing-sharing saja. Pokoknya nulis, sharing udah. Dan gak peduli apakah blog / situsnya laku banget atau gak.

Tapi, memang bisa juga kita modifikasi (tentunya dengan rencana berbayar) menjadi full website lengkap dengan domain .com, .org, .id. Karena kalau versi gratisan domain belakang situs kamu ya domain Wordpress nya alias, .wordpress.com.

Wordpress.org adalah Wordpress yang seharusnya (menurut gue dan kebanyakan). Kalau kamu ingin memiliki situs (mau itu blogging, media, jualan, dl) yang ingin sesuai desain keinginan, maka gunakan Wordpress.org.

Apalagi, kalau kamu memang mau menjadikan hobi tulisan ini menghasilkan uang banyak, maka gunakanlah Wordpress.org. WP ini sebenarnya juga gak bayar kok. Kamu bisa unduh, install, terus otak-atik deh sendiri.

Nah yang masalah gratis atau bayarnya itu adalah pada sisi web hosting nya. Web hosting bahasa gampangnya adalah tempat penampungan seluruh file dan alamat situs / blog WP kita.

Kalau tidak ada web hosting situs kita bagaikan kita yang gak punya rumah untuk tinggal. Memang banyak penyedia web hosting gratisan. Tapi yeah segratis-gratisnya, ada batasannya juga. Oleh karenanya kalau memiliki dana lebih, lebih baik langganan web hosting  saja.

Memang harganya sangat lumayan. Tapi kalau kamu yakin situs blog kamu ini bisa menghasilkan, well kenapa gak untuk berkorban dulu bukan? Tapi pada akhirnya semua keputusan berada dalam tangan kalian.

Itulah tadi 4 situs yang cocok banget bagi kita yang suka menulis. Dari 4 ini, situs  manakah yang rasanya ingin kalian gunakan?

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks