Ranking Ulang 3 Seri The Walking Dead Yang Ditayangkan Sejauh Ini

in ,
Ranking Ulang Seri The Walking Dead
The Walking Dead | Ankit2World

Yuk mari kita ranking ulang 3 seri The Walking Dead yang ditayangkan sejauh ini.

Gak dipungkiri semenjak melakukan debutnya di tahun 2010, adaptasi serial televisi The Walking Dead, sukses besar.

Padahal kalau dipikir, seri ini ya tidak ada bedanya dengan komik, seri, atau film zombie kebanyakan. Premis dasar seri The Walking Dead hanya satu: Bertahan hidup di dunia yang sudah hancur minah akibat wabah virus zombie misteriusnya.

Tapi yang sedikit membedakan The Walking Dead, adalah kelihaian kreator-nya, Robert Kirkman, dalam menciptakan cerita latar menari bagi tiap-tiap karakternya.

Bahkan bukan cerita latar saja. Masing-masing karakternya juga memiliki ciri khas identik tersendiri baik itu atribut fisik bawaan maupun, atribut pelengkap luarnya.

Dan satu lagi, tidak seperti seri atau film zombie lain, The Walking Dead lebih mengedepankan konflik antara manusia dengan manusia lainnya ketimbang terus-terusan manusia dengan zombie.

JANGAN LEWATKAN •
Jaringan Bioskop Amerika Serikat Tuntut Negara Bagian New Jersey, Ada Apa Nih?

Memang sedikit kontroversi pernyataan tersebut. Tetapi kalau kita melihatnya dari kacamata produser televisi, langkah ini justru adalah resep sukses banget.

Nah dikarenakan kesuksesan seri The Walking Dead orisinil, gak heran jika kemudian jaringan penayang, AMC Network, bersama Kirkman menciptakan lagi seri-seri spin-off nya. Dan sejauh tulisna ini diunggah, terdapat dua seri spin-off: Fear the Walking Dead dan The Walking Dead: World Beyond.

Ketiga-tiganya memang bagus dan keren dengan caranya. Walau demikian, rasanya gak ada salahnya bukan jika kita kini melakukan ranking ulang ketiga serinya ini?

Well tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah ranking ulang 3 seri The Walking Dead yang ditayangkan sejauh ini tersebut.

3. The Walking Dead: World Beyond

Seri spin-off The Walking Dead kedua ini ditayangkan 4 Oktober 2020 dan sedianya, hanya akan sampai 2 season saja.

JANGAN LEWATKAN •
State of Survival Kedatangan Karakter 'Daryl Dixon' dari The Walking Dead

Hal ini dikarenakan World Beyond hanyalah sebatas seri pelengkap saja dari kisah lanjutan karakter utama The Walking Dead, Rick Grimes (Andrew Lincoln).

Spesifiknya, dua musim World Beyond akan menjelaskan asal-usul grup Civic Republic Military (CMR) yang di episode 5 season 9 The Walking Dead, menyelamatkan Rick yang terluka berat. Kala itu ia berangkat bersama Jadis (Pollyanna McIntosh).

Di 10 episode musim pertama World Beyond, bisa dikatakan kita baru diberikan perkenalan awal terhadap CMR. Sembari di saat yang sama kita berkenalan dengan karakter-karakter baru dengan petualangan barunya.

Nah bisa dipastikan di musim kedua mendatang, detail lebih jauh baik dari CMR maupun karakter-karakternya, akan digali lebih mendalam. Menurut kabar, kesimpulan akhir seri ini nantinya, akan men-setup film solo layar lebar Rick mendatang.

Dan menurut gue terlepas memiliki premis demikian, sayangnya World Beyond berakhir terlalu teeny, angsty, coming-of age. Maksudnya terlalu seperti sinetron remaja.

JANGAN LEWATKAN •
Todd McFarlane Gait Produser The Walking Dead Jadi Tim Efek Spawn Reboot

Memang sih 4 karakter utamanya, adalah seorang remaja labil dengan berbagai latar belakang sekaligus masalah mereka masing-masing. Dan memang juga penceritaan latarnya dikemas dengan baik.

Tapi ya itu tadi guys, jadinya seri ini feel-nya terlalu “teeny” banget. Bahkan adegan membunuh zombie pun disini seperti hal yang super tabu. Bayangkan untuk menghindari zombie, si karakter ya hanya berlari atau “menggeser” si zombie-nya.

Ada memang nanti adegan bunuh zombie. Namun mungkin karena karakter dan target audiens-nya adalah anak 9-10 tahun sampai remaja 16 tahun, adegan tebas kepala zombie seakan terlalu sadis.

Tapi pada akhirnya, kalau kita suka kisah zombie yang gak terlalu sadis, atau yang berbau kisah “hormonal remaja”, dijamin pasti suka sih. Terlebih, bagi kamu yang memang penasaran dengan kondisi Rick pasca diangkut oleh helikopter CMR.

JANGAN LEWATKAN •
The Walking Dead: A New Frontier Meluncurkan Trailer Resminya

2. The Walking Dead

Seri yang memulai semuanya, “THE OG”. Sekali lagi, siapa yang menyangka adaptasi serinya ini bisa sesukses komiknya?

Tapi ya seperti yang dikatakan di pembuka, semua ini dikarenakan kejeniusan Kirkman dalam mengolah seluruh plot dan juga kisah masing-masing karakternya. Setiap karakter (sekali lagi, SETIAP KARAKTER), memiliki kisah latar yang menarik.

Dan poin tersebutlah yang nantinya diteruskan di Fear dan World Beyond. Tapi selain aspek tersebut, aspek lainnya jugalah kejeniusan seri ini dalam mengelola twist dan cliffhanger-nya.

Mau itu cliffhanger minor seperti Glenn Rhee (Steven Yeun) yang kala itu terjepit zombie di dalam tempat sampah, atau ketika menampilkan misteri siapa yang kepalanya akan dipukul oleh Negan (Jeffrey Dean Morgan), semuanya dikemas dengan sangat jenius.

Sayangnya entah mengapa semakin kesini, kisahnya semakin membosankan bahkan, terlihat memaksakan. Terlebih ketika serinya mematikan Rick, sudah kelihatan banget kalau seri The Walking Dead hanya tinggal menunggu umur saja.

JANGAN LEWATKAN •
Trailer Promo Fear the Walking Dead Season 3B

Dan benar saja guys seri ini akhirnya akan berakhir di musim 11 yang sedianya akan tayang dari tahun 2021 hingga 2022 mendatang. Semoga saja season finale nya bisa menutup perjalanan seri ini dengan sangat baik.

1. Fear the Walking Dead

Dan inilah seri The Walking Dead terkeren yang ditayangkan sejauh ini. Ditayangkan perdana Agustus 2015, gue pribadi langsung hook banget dengan Fear.

Salah satu aspek utamanya adalah premis prekuel yang diusung serinya di awal-awal episode. Dan memang walau masih belum menjelaskan asal-usul virus zombie-nya, setidaknya seri ini menampilkan awal pandemi / kepanikannya.

Walau beberapa musim awal seakan masih mencari identitas, tapi dengan karakter-karakternya yang terlihat lebih likeable dan masih mempertahankan aspek dunia nyatanya, gak heran jika gue tetap setia dengan serinya ini.

Dan kesetiaan semakin menggila ketika karakter seri The Walking Dead, Morgan Jones (Lennie James) menjadi karakter utama serinya ini. Tapi yang paling membuat gue kian betah, adalah berbagai inovasi yang disajikan di tiap episode / musim nya.

JANGAN LEWATKAN •
Tampilan Baru Membuat The Walking Dead Season 3 Menarik Untuk Diikuti

Pokoknya showerunner Andrew Chambliss dan Ian Goldberg, kreatif banget saja dalam menyegarkan serinya ini. Dan dengan arahan serinya yang lebih ke genre dan feel koboi (western), Fear kian menarik dan memiliki arahan yang kian jelas saja.

Nah itulah tadi ranking ulang 3 seri The Walking Dead yang ditayangkan sejauh ini. Dari ketiga serinya ini, seri The Walking Dead manakah yang merupakan favorit kalian?