Ingin Berbisnis ? Ini 5 Bisnis Ternak Paling Laris Yang Bisa Dicoba

in , ,
Rekomendasi Bisnis Ternak0

Menggeluti usaha peternakan memang terlihat melelahkan, namun sebenarnya jika ditekuni bisnis ini sangat mudah dijalankan. Memang pada awalnya sulit menjalani, sebab perawatan dan pemahaman akan peternakan itu butuh pengalaman. Namun jika sudah paham bisnis akan menjadi mudah dijalankan.

Bicara peluang usaha dibidang peternakan, maka usaha ini diyakini mampu menjamin keuntungan dengan syarat permintaan pasar terhadap komoditas peternakannya cukup tinggi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 peluang usaha dibidang peternakan yang layak dijalani.

1. Ternak Sapi Atau Kerbau

Sejumlah Ternak Sapi Mencari Makan Di Padang Savana Doro Ncanga Kawasan Gunung Tambora Di Desa Doro Peti, Kecamatan Pekat, Dompu, Kabupaten Dompu, NTB, Senin (10/4)

Peternakan sapi maupun kerbau identik dengan modal usaha yang besar dan perlu lahan yang cukup luas.

Akan tetapi, bagi yang ingin mendalami dengan benar peluang usaha peternakan sapi sungguh sangat menjanjikan karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Ratusan juta bisa diperoleh jika usaha peternakan sapi maupun kerbau sudah berhasil.

Rekomendasi Bisnis Ternak1.1

Dengan harga daging sapi maupun kerbau yang lumayan mahal dan permintaan yang tinggi, hal ini tentunya bisa menjadi peluang yang bagus bagi kalian.

2. Ternak Kambing

Rekomendasi Bisnis Ternak1

Untuk ternak kambing memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai masa panen. Akan tetapi, peluang usaha peternakan kambing bakal menghasilkan keuntungan sampai dengan ratusan juta rupiah setiap kali panen.

Peluang usaha peternakan kambing akan semakin untung pada saat musim kurban. Tak hanya daging dan kulitnya yang mendatangkan uang, disisi lain kotoran kambing juga bisa dikembangkan menjadi peluang usaha pupuk kandang.

3. Ternak Ayam

Rekomendasi Bisnis Ternak2

Beternak ayam cukup mudah dan modal usahanya pun murah. Pasalnya untuk beternak ayam tidak butuh lahan yang luas. Ada dua tipe usaha ayam yakni ayam pedaging dan ayam petelur, tinggal tentukan saja kalian mau fokus pada tipe yang mana.

Khusus ayam petelur, ayam akan mulai menelur pada usia 4 sampai dengan 20 bulan. Penghasilan yang diperoleh pun cukup menjanjikan. Sementara modal yang dibutuhkan relatif kecil, mengingat untuk ukuran 300 ekor ayam petelur dibutuhkan modal Rp15-20 juta dengan penghasilan Rp8-10 juta per bulan.

Rekomendasi Bisnis Ternak2

Beternak ayam potong juga cukup menjanjikan karena harganya yang cukup stabil dipasaran. Terlebih akan mengalami kenaikan cukup drastis di moment tertentu seperti pada Hari Raya dan hari-hari libur besar dimana konsumsi daging ayam mengalami kenaikan permintaan.

4. Ternak Bebek

Seorang Peternak Bebek Berpindah Menggembala Bebek Piaraannya Di Persawahan Desa Pucangrejo, Pegandon, Kendal, Jateng,

Peluang pasar yang tinggi membuat banyak orang yang melirik usaha peternakan bebek, terlebih untuk usaha peternakan bebek lumayan murah dan menguntungkan.

Tak heran usaha peternakan bebek menjadi primadona masyarakat kelas menengah kebawah.

Cukup dengan modal awal Rp10 juta penghasilan tetap dari ternak bebek bisa menghasilkan Rp4-5 juta per bulan. Sementara untuk perawatan juga cukup mudah, hanya saja peternakan bebek cukup sensitif terhadap pangan.

5. Ternak Lele

Rekomendasi Bisnis Ternak3

Satu lagi peluang usaha menjanjikan di berbagai wilayah di Indonesia karena permintaan yang cukup tinggi adalah ternak lele. Selain pengelolaannya yang cukup mudah dan tidak ribet tak heran ternak lele sangat digemari.

Untuk modal awal ternak lele cukup murah, mulai biaya operasional sampai dengan panen hanya butuh modal Rp2 juta dengan estimasi pendapatan setelah masa panen bisa sampai Rp3-4 juta per bulan.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis ternak menjanjikan yang bisa kalian tekuni. Memang pada dasarnya semua usaha pasti akan ada kegagalan, namun tidak ada salahnya jika kita tetap berpikir positif bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Ayo mulai berdiksusi