FaktaNewsViral

Mengenal Raja Haji Ahmad, Sosok Pahlawan Indonesia Yang Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini menggunakan gambar karikatur sosok pria paruh baya bernama Raja Haji Ahmad. Siapakah dia? Apa alasan Google memilih orang ini menjadi tema Google Doodle pada hari ini? Simak artikel ini hingga habis, ya!

Sosok Raja Haji Ahmad di pilih untuk menjadi tema Google Doodle pada hari ini, Sabtu 5 November 2022. Jika kalian mengklik gambar Google yang berada di atas kolom pencarian, kalian akan di arahkan ke pencarian dengan kata kunci Raja Haji Ahmad.

Pada artikel berikut ini, kami akan membahas mengenai sosok Raja Haji Ahmad, yang di pilih untuk menjadi tema Google Doodle pada hari ini. Dan tanpa berlama-lama lagi, langsung saja ini dia rangkuman pembahasannya.

Siapa Raja Haji Ahmad?

Pinang Paleo Raja Haji Ali Bin Raja Haji Ahmad
Siapakah Raja Haji Ali bin Raja Haji Ahmad? | Pinang Paleo

Melansir artikel dari Kompas.com. Raja Haji merupakan keturunan Bugis dan Melayu yang Ahmad terkenal dengan karyanya yaitu sajak Gurindam Dua Belas pada tahun 1847. Sosok yang bernama lengkap Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad ini lahir pada 1808 silam.

Dia lahir dari keturunan bangsawan serta cucu dari Raja Ali Haji Fisabilillah. Yang merupakan salah satu pejuang asal tanah Bugis semasa era kolonial.

Sebagai putra Raja Ahmad dan Encik Hamidah binti Panglima Malik Selangor, Raja Ali Haji menempuh pendidikan pertamanya di lingkungan istana Kesultanan Riau-Lingga di Pulau Penyengat. Pada tahun 1822, ia pergi bersama dengan rombongan ayahnya ke Betawi, Di saja, Raja Ali Haji kembali mendapat pendidikan dari luar lingkungan kesultanan.

Kompas mencatat semasa hidupnya, Sosok Raja Ali Haji terkenal sebagai orang pertama yang mencatat dasar-dasar tata bahasa Melayu melalui buku Pedoman Bahasa. Dari sinilah, bahasa Melayu kemudian menjadi cikal bakal dari bahasa Indonesia. Yang kemudian di sahkan melalui Kongres Pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928.

Mengapa Google Memilih Raja Haji Ahmad Sebagai Tema Google Doodle Hari Ini?

Suara Sumedang Raja Haji Ahmad
Alasan Google pilih Raja Haji Ahmad sebagai tema Google Doodle hari ini | Suara Sumedang

Seperti yang kami singgung di awal pembahasan. Sosok Raja Haji Ali bin Raja Haji Ahmad di jadikan sebagai tema Google Doodle hari ini, 5 November 2022. Kira-kira, apa sih alasan kuat Google memilih sosok ini?

Seperti yang kami jelaskan di poin sebelumnya. Sosok Raja Haji Ali bin Raja Haji Ahmad di kenal sebagai sosok sastrawan yang cerdas. Seluruh pemikirannya tertuang dalam berbagai sajak yang telah ia keluarkan. Seperti puisi fenomenal yang pernah berjaya pada tahun 1847, atau dikenal dengan gurindam dua belas yang ia buat sekitar tahun 1847 ketika berusia 38 tahun.

Sebelum karya fenomenal itu, Raja Ali Haji pernah menjabat sebagai Bupati bersama Sultan Muda ketika usianya 32 tahun, Yang kemudian karirnya melonjak menjadi penasehat agama. Sejak saat itu ia mulai menulis beberapa karya, salah satunya yang paling terkenal adalah Tuhfat al-Nafis atau Bingkisan Berharga.

Selain itu, Raja Ali Haji juga menulis beberapa sejarah suku Bugis dengan bahasa Melayu yang berjudul “Silsilah Melayu dan Bugis“. Berkat karir dan pengaruhnya tersebut dan dampaknya kepada khalayak. Akhirnya Pemerintah negara Republik Indonesia Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada 5 November 2004 silam.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment