Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Neraka Menurut 10 Kepercayaan di Dunia!

in ,
Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Neraka Menurut 10 Kepercayaan Di Dunia! Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Sebagai manusia yang menjalani hidup dengan beragama, pasti bertanya-tanya bagaimana akhir dari kehidupan. Ada agama yang menerangkan bahwa akhir hidup kita adalah di surga atau neraka, ada juga yang tidak ada surga dan tidak ada neraka.

Bagi yang agamanya menjelaskan akan masuk neraka, pasti membayangkan bagaimana bentuk neraka atau gambaran neraka maupun surga kelak, padahal pasti akan jauh lebih mengerikan daripada yang dijelaskan.  Jika misalnya kita beragama islam, pasti juga ingin mencari tahu bagaimana gambaran surga dalam islam itu sendiri.

Neraka dalam agama kristen, Neraka dalam agama yahudi, Neraka dalam agama hindu maupunNeraka dalam agama budha dan Neraka dalam berbagai kepercayaan lainnya. Oleh karena itu, berikut ini 10 Perbedaan Neraka Menurut 10 Kepercayaan di Dunia! Cek di bawah ini.

10 Gambaran Neraka Menurut Berbagai Agama di Dunia!

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Neraka Menurut 10 Kepercayaan Di Dunia! Dafunda Gokil

1. Neraka Swedenborg

Neraka ini diungkapkan oleh seorang ilmuwan, filsuf, mistikus Kristen, dan teolog Swedia yang lahir pada tahun 1688. Swedenborg memiliki karier yang produktif sebagai seorang penemu dan ilmuwan. Pada usia lima puluh enam tahun, ia memasuki fase spiritual dalam hidupnya, dan ia mulai mengalami mimpi yang sangat aneh.

Karena mimpi tersebut, ia mengklaim dirinya adalah telah ditunjuk oleh Tuhan agar menulis doktrin surgawi untuk mereformasi agama Kristen. 
Ia mengklaim bahwa Tuhan telah membuka matanya, sehingga sejak saat itu ia bisa bebas untuk mengunjungi surga dan neraka, dan berbicara dengan para malaikat, setan, dan roh-roh lainnya.

Selama 28 tahun sisa hidupnya, ia menulis dan menerbitkan 18 karya-karya teologis, yang paling terkenal adalah Surga dan Neraka (1758), dan beberapa karya teologis yang tidak diterbitkan. Menurut Swedenborg, neraka tampak seperti kota, kumuh kotor. Orang yang terkutuk dapat pergi kapan saja.


2. Neraka Mictlan

Yang kedua adalah Neraka Mictlan, atau neraka bagi orang yang menganut kepercayaan Mitologi Aztec. Menurut mitologi tersebut, bagi orang yang  meninggal pergi ke Mictlan, meskipun ada kemungkinan lain. Letaknya jauh ke utara dan terdiri dari sembilan tingkat yang berbeda. Perjalanan dari tingkat pertama sampai kesembilan itu sulit dan membutuhkan waktu empat tahun. Dan akan melewati berbagi rintangan mengerikan.

3. Neraka Tartarus

Yang ketiga adalah neraka menurut mitologi Yunani. Neraka Tartarus berada jauh dalam perut bumi. Di neraka ini, orang-orang yang telah melakukan dosa yang diberikan hukuman yang sesuai. Sebuah contoh yang terkenal di Tantalus, ketika dia masih hidup membunuh anaknya sendiri dan mengorbankannya untuk para dewa, dan kejahatan lainnya. 

Sebagai hukuman, ia terpaksa duduk di samping makanan lezat dan minuman yang dia sebelumnya tidak dapat makan atau minum. Neraka ini tidak kekal untuk semua orang tapi dengan satu catatan, orang-orang yang mempunyai dosa-dosa tidak begitu buruk dihukum selama satu tahun, dan kemudian dihanyutkan di salah satu sungai besar yang mengalir diluar Tartarus.

Tidak hanya itu, mereka juga akan berakhir di Danau Akheronian, dan mencapai pantai lainnya, yaitu di luar bagian neraka, dan dari airnya memohon orang-orang yang telah dirugikan dalam hidup mereka untuk merelakan mereka pergi. Jika korban mereka setuju, maka orang-orang berdosa bergabung dengan mereka di pantai. 


4. Neraka Kasyrgan

Dalam kepercayaan Mongolia, jiwa orang yang telah meninggal dinilai menghadap Erkil Khan, pangeran neraka. Jika perbuatan buruk mereka lebih banyak daripada yang baik, maka mereka dikirim ke neraka yang dikenal sebagai Kasyrgan, di mana mereka direbus dalam aspal hitam di dalam kuali raksasa. 

Nah bagi orang yang paling berdosa akan terjebak di sini selamanya. Tetapi orang yang telah melakukan setidaknya beberapa kebaikan dalam hidup mungkin naik secara bertahap menuju permukaan kuali, sampai mahkota kepalanya mencapai permukaan.


5. Neraka Narak

Menurut kepercayaan agama Hindu, neraka ini dibagi menjadi dua puluh lima alam sesuai dengan perbuatan dosa yang membawa orang ke sana. Dan yang terjadi di masing-masing tempat, salah satu alam neraka ini disebut ‘Diarrhea’ dan yang lain disebut ‘Rimba dari pedang dan belati’. 


6. Helheim

Neraka menurut kepercayaan bangsa Viking adalah Helheim. Bukan panas karena api, tapi Helheim ternyata bersuhu dingin. Pintu masuk dijaga oleh anjing bermata empat berlumuran darah yang disebut Garmr, dan seluruh tempat itu diawasi oleh seekor elang raksasa yang disebut ‘si pemakan bangkai’ yang sayapnya menciptakan angin sedingin es.


7. Black Thread Hell

Neraka Black Thread Hell adalah neraka khusus orang yang suka memfitnah, pembohong dan orang-orang yang menganiaya orang tua mereka. Orang-orang berdosa ditandai dengan garis-garis hitam, dan kemudian dipotong sepanjang garis-garis tersebut dengan gergaji terbakar. 

Tapi ika anda berdosa dengan cara yang berbeda, jangan khawatir. Buku neraka ini adalah fitur dalam menggambarkan total enam belas neraka, 8 ‘neraka dingin’ dan 8 ‘panas’. Versi lainnya memiliki nama sesuai dengan jenis penyiksaannya. Semua itu tergantung dosa kita selama ini.


8. House Of Lies

Menurut kepercayaan orang yang menyembah  Ahura Mazda atau “Tuhan yang bijaksana”. Zoroastrianisme merupakan sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. 

Dalam kepercayaan agama ini, jiwa setelah kematian pertama menyeberangi jembatan dan bertemu seorang wanita muda yang mewakili personifikasi dari tindakan mereka dalam kehidupan. Jika orang yang meninggal telah menyebabkan kehidupan yang baik, wanita itu terlihat cantik, sedangkan untuk orang berdosa sebaliknya jadi mengerikan. 


9. Irkalla

Dalam mitologi Babilonia, Irkalla adalah dunia bawah yang tidak ada jalan kembali. Hal ini juga disebut arali, Kigal, Gizal, dan dunia bawah. Irkalla diperintah oleh dewi Ereshkigal dan kekasihnya, dewa kematian Nergal. Kedua dewa dan lokasi yang disebut Irkalla, seperti bagaimana Hades dalam mitologi Yunani.

Untuk memasuki dunia ini, kalian harus melewati 7 gerbang, si mati ini harus menyuap penjaga gerbang dengan sepotong pakaian atau perhiasan. 
Hal yang paling menyedihkan tentang neraka Babilonia, meskipun tidak benar-benar ada hukuman atas kesalahan yang besar tapi semua orang pergi ke sana, kecuali beberapa pahlawan.


10. Avīci, Neraka Tanpa Interval

Yang terakhir adalah neraka menurut kepercayaan agama Budha. Neraka Avici adalah neraka tingkat terendah dari Naraka atau “neraka” dunia, di mana orang mati yang telah melakukan kejahatan berat dapat terlahir kembali. Bentuknya seperti sebuah kubus 20.000 yojana (300.000 kilometer), terkubur di bawah bumi.

Nah jika kalian adalah para penganut kepercayaan Buddhisme Tanah Suci, ini adalah jenis yang terburuk dari neraka, sangat buruk sehingga Anda hanya bisa sampai di sana dengan melakukan salah satu dari 5 ‘dosa besar’. Meskipun secara teknis Avici tidak kekal, neraka ini tidak berakhir hingga triliunan tahun.


Nah itulah 10 Gambaran Neraka Menurut Berbagai Kepercayaan di dunia ini. Tentu memang benar bahwa orang berdosa akan dihukum kelak. Tidak ada yang bisa mengelak hal itu, semua kepercayaan juga menyebut bahwa neraka itu ada. Begitu pula dengan agama Islam dan lainnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua.

Sumber: Daftar Populer Youtube Channel

Ayo mulai berdiksusi