GameGame List

7 Fakta Menarik Claude, Protagonis GTA III Yang Tidak Bisa Bicara

Konsol PlayStation 2 yang hadir pada awal dekade 2000-an mensukseskan beberapa franchise game yang bahkan masih bertahan di masa sekarang ini. Grand Theft Auto merupakan salah satu dari beberapa franchise yang namanya semakin melambung berkat kesuksesan konsol PS2, maupun dengan cerita-cerita yang mereka suguhkan.

GTA III merupakan judul franchise GTA pertama di era PS2. Dalam game tersebut, pemain akan memainkan karakter bernama Claude. Seorang laki-laki yang latar belakangnya sangat misterius bahkan hingga akhir cerita game tersebut.

Pada tulisan berikut, kami akan berikan beberapa fakta menarik seputar karakter Claude dari game GTA III. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasannya sekarang juga.

BACA JUGA:

Fakta Claude dari GTA III

1. Bukan Orang Yang Sama Dengan Claude Dari GTA 2

bukan orang yang sama dari gta 2
Claude GTA III bukan Claude yang ada di GTA 2, ya! | Rockstar Games

GTA III bukanlah seri pertama di mana Rockstar memilih nama Claude sebagai karakter utamanya. Dalam game GTA 2 yang rilis di konsol PS1 sebelumnya, karakter yang pemain mainkan juga seorang pria bernama Claude.

Karena Rockstar memisahkan universe mereka sesuai dengan rilisan di konsol-konsolnya. Itu membuat Claude yang ada di GTA 2 bukan orang yang sama dengan Claude yang ada di GTA III. Ditambah, latar cerita dari game GTA 2 sendiri masih belum jelas. Rockstar tidak menyebut ceritanya berlatar di tahun berapa dan nama kotanya secara spesifik.

2. Satu Dari Tiga Protagonis 3D Universe Yang Tidak Bisa Berenang

Pada saat era perilisan GTA III, Rockstar masih belum bisa membuat script yang membuat pemainnya bisa berenang di laut. Sehingga, Claude menjadi salah satu dari tiga protagonis game GTA 3D Universe yang tidak bisa berenang.

Untuk mengakali hal tersebut, Rockstar membuat sebuah narasi yang menyebut jika lautan kota Liberty City (yang menjadi latar tempat GTA III) saat itu beracun. Sehingga tidak akan ada orang yang selamat jika berenang di lautan kota itu.

3. Tidak Banyak Informasi Mengenai Claude

latar belakangnya tidak diketahui
Informasi mengenai Claude sangat sedikit | Rockstar Games

Salah satu daya tarik dari seorang Claude di GTA III adalah background karakternya yang sangat misterius. Rockstar tidak pernah menyebutkan secara jelas berapa usia pria itu. Dan darimana dia berasal. Apalagi, dia juga tidak pernah berbicara sepatah kata apapun sepanjang progress cerita game nya.

Mengutip situs Fandom yang membahas lore GTA, hingga saat ini mereka menduga jika Claude merupakan orang yang berasal dari kota yang tidak diketahui. Dia melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain.

4. Bukan Orang Yang Loyal

Rockstar Games Gta Iii Toni Cipriani Salvatore Leone Claude
Claude bekerja dengan beberapa orang penting di game GTA III | Rockstar Games

Salah satu fakta yang bikin kita lumayan ngeri dengan sosok Claude adalah riwayatnya yang tidak loyal dengan siapapun. Kerennya, dia bisa menutupi hal tersebut tanpa menimbulkan kecurigaan terhadap orang-orang yang selama ini ada di sekelilingnya.

Saat berada di kota Staunton Island, Claude sempat bekerja dengan kelompok Yakuza pimpinan Kenji dan Asuka Kasen. Selain bekerja dengan mereka, Claude juga bekerja dengan tokoh seperti Donald Love. Belum lagi jika kita menghitung keterlibatannya terhadap konflik antara kelompok Triad dengan Diablos di kota Portland.

5. Hampir Membunuh Seluruh Pimpinan Yang Menggunakan Jasanya

Sepanjang progress cerita GTA III, jasa Claude beberapa kali dibutuhkan oleh beberapa pihak. Seperti Mafia Leone, geng Diablos, kelompok Yakuza, Donald Love, bahkan polisi korup bernama Ray Machowski.

Dari semua pihak yang mempekerjakannya, Claude telah membunuh 2 dari 5 orang yang kami sebut. Mereka adalah Salvatore Leone dan Kenji Kasen. Dari dua nama itu, hanya Yakuza yang sama sekali tidak menyadari keterlibatan Claude dalam pembunuhan ketua mereka (Kenji Kasen).

6. Claude-Catalina Saling Memburu Satu Sama Lain

Rockstar Games Gta Iii Catalina Claude
Catalina dan Claude GTA III Definitive Edition | Rockstar Games

Hubungan Claude dengan Catalina awalnya berjalan romantis. Namun karena Catalina berkhianat pada saat melakukan perampokan bank, Claude menjadi sangat dendam kepadanya dan ingin membunuh mantannya itu.

Kocaknya, baik Claude dan Catalina ini saling memburu satu sama lain dengan caranya sendiri. Jika Claude memburu Catalina secara perlahan. Maka Catalina menyewa beberapa orang untuk segera membunuh Claude. Konflik keduanya semakin memanas ketika Claude tiba di Staunton Island.

7. Cameo Di GTA San Andreas

Rockstar Games Gta San Andreas Claude Cj Catalina
Cameo Claude di GTA San Andreas | Rockstar Games

Meski secara perilisan GTA III adalah game pertama GTA di konsol PS2. Tapi secara timeline 3D Universe, GTA III berlatar setelah empat game 3D Universe setelahnya. Yakni GTA Vice City, GTA San Andreas, GTA Liberty City Stories, dan GTA Vice City Stories.

Uniknya, Claude sempat membuat penampilan cameo nya di game GTA San Andreas yang rilis di tahun 2004 silam. Dalam kemunculannya, dia menjadi salah satu peserta balapan ilegal yang berlangsung di sekitar pedesaan Red County.


Itulah tadi sejumlah fakta menarik karakter Claude dari game GTA III. Bagaimana tanggapan kalian mengenai pembahasan di atas?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment