Mesut Ozil di Hapus dari Daftar Pemain FIFA dan PES di China!

in ,
Mesut Ozil Dihapus Dari Fifa Dan Pes Di China
Mesut Ozil | 90min.com

Gamer di negara tirai bambu tidak bisa lagi memainkan karakter gelandang serang The Gunners. Kecaman yang dilontarkan oleh Mesut Ozil pada akun media sosialnya membuat negara China marah. Pasalnya kecaman tersebut tertuju bagi penganiayaan Muslim Uighur yang ada di China.

Karena aksi mengecam tersebut, Mesut Ozil kini telah dihapus dalam daftar pemain yang ada dalam video game sepakbola. Ozil kini tidak dapat ditemukan pada game FIFA dan Pro Evolution Soccer di negara China.

Mengapa Mesut Ozil dihapus dari FIFA 20 & PES?

Ozil Di Hapus Dari Fifa Dan Pes
Tempo.co

Keputusan menghapus Ozil dari game tersebut muncul setelah sebuah pos media sosial yang dibuat oleh pemain internasional Jerman. Dia mengecam Cina atas tuduhan penganiayaan terhadap Muslim Uighur di wilayah barat laut negara tersebut.

Seperti yang dilaporkan bahwa sejumlah besar etnis minoritas ditahan di kamp-kamp penahanan. Atas kejadian yang tidak manusiawi tersebut membuat Ozil geram dan menyoroti laporan tentang kejadian tersebut di internet.

“Turkistan Timur, umat terluka, menentang para penganiaya yang berusaha memisahkan mereka dari agama mereka. Mereka membakar Quran mereka. Mereka menutup masjid mereka. Mereka melarang sekolah mereka. Mereka membunuh orang di dalam kelompok.”

Ungkap Mesut Ozil

“Para lelaki dipaksa masuk ke kamp dan keluarga mereka dipaksa untuk tinggal bersama lelaki Tionghoa. Para wanita dipaksa menikahi pria Cina.”

Lanjut Ozil

“Tapi Muslim diam saja. Mereka tidak akan mengeluarkan suara. Banyak orang meninggalkan mereka. Tidakkah mereka tahu bahwa memberikan persetujuan untuk penganiayaan adalah penganiayaan itu sendiri? “

Tutup Mesut Ozil

NetEase, perusahaan yang mempromosikan Pro Evolution Soccer di Cina, memilih untuk menghapus Ozil dari franchise mereka. Arsenal, yang memiliki kepentingan bisnis di Asia Timur pun bergerak cepat dengan menjauhkan diri dari komentar Ozil.

JANGAN LEWATKAN •
Gameplay FIFA 21 Bocor di Internet!

Melalui Weibo (platform media sosial China yang populer) pihak Arsenal mengeluarkan pernyataan bahwa pandangan pemain mereka tidak mewakili pandangan klub.

Apakah Mesut Ozil dihapus dari semua game FIFA & PES?

Apakah Ozil Dihapus Dari Semua Game Fifa Dan Pes

Jawabannya tidak, penggemar Arsenal di luar negeri China akan tetap dapat memainkan playmaker hebat tersebut. Ozil tetap hadir di dalam game, baik dalam skuad Arsenal untuk mode online dan offline.

Satu-satunya pemain lain yang telah dikeluarkan dari game untuk sementara adalah Marco van Basten. Dia mendapat kecaman karena komentar-komentar buruk yang dibuat di internet saat menjalankan tugas punditry di televisi Belanda.

EA Sports membuat keputusan untuk menangguhkan item ICON Van Basten yang tersedia dalam mode Ultimate Team FIFA 20. Mereka menyatakan: “Kami mengetahui komentar terbaru yang dibuat oleh Marco van Basten. Kami memiliki komitmen terhadap kesetaraan dan keragaman ditegakkan di seluruh game kami.”

“Dengan demikian, kita akan menangguhkan item ICON Marco van Basten agar tidak tersedia dalam paket, SBC, dan draft FUT sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

Tutur EA Sports

Selain Marco, ada pemain lain yang telah di hapus dari game. Dia adalah mantan striker Nantes Emiliano Sala, yang tidak lagi tersedia dalam game setelah tragedi yang merenggut nyawanya.