miHoYo Sensor Kata Taiwan dan Hongkong dalam Genshin Impact

in , , ,
miHoYo sensor kata Taiwan dan Hongkong
Genshin Impact | miHoYo

Genshin Impact, game yang baru rilis 28 September lalu ini telah banyak menarik hati para gamer seluruh dunia. Yap, sudah banyak detail unik yang terbuka dalam game ini. Salah satunya adalah miHoYo yang mensensor kata ‘Taiwan’ dan ‘Hongkong’ dalam game-nya tersebut.

Tidak hanya dua kata tersebut, masih ada beberapa kata lagi yang miHoYo sensor. Apa maksud dan tujuan miHoYo mensensor kata-kata tersebut? Untuk mencari tahu kebenarannya, yuk mari kita bahas.

miHoYo Sensor Kata Taiwan dan Hongkong

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu game RPG yang tengah hype saat ini yaitu, Genshin Impact? Pasti semuanya sudah kenal dengan game yang menjadi peluncuran terbesar global dalam sejarah Tiongkok ini.

Nah, baru-baru ini para gamer Genshin Impact dikejutkan dengan penemuan beberapa kata yang disensor dalam chat-in game. Beberapa kata yang miHoyo sensor adalah ‘Taiwan’ dan ‘Hongkong’. Nah, pensensoran dua kata tersebutlah yang membuat para gamer Genshin Impact terkejut.

JANGAN LEWATKAN •
miHoYo Pastikan Genshin Impact Hadir Untuk PS5 Dengan Grafis 4K!

Penemuan ini pertama kali berasal dari seorang jurnalis independen bernama Kazuma Hashimoto. Kemudian, Ia langsung membagikan temuannya ini ke Twitter, dan lantas postingannya tersebut meledak dan banyak mendapatkan respon dari para gamer.

miHoYo tidak hanya mensensor kata ‘Taiwan’ dan ‘Hongkong’, namun juga kata ‘Tibet’, ‘Putin’, ‘Hitler’ dan ‘Stalin’ juga miHotYo sensor. Yang menarik kata ‘Words’ juga ikut miHoYo sensor.

Apa Tujuan miHoYo Mensensor Kata-Kata Tersebut?

Genshine Impact
Genshine Impact | miHoYo

Dari peristiwa ini muncul pertanyaan, apa maksud dan tujuan miHoYo mensensor kata-kata tersebut? Daniel Ahmad, seorang analis game dari China mengatakan bahwa Ia tak terkejut dengan adanya beberapa kata yang miHoYo sensor.

Menurutnya, Genshin Impact merupakan game buatan asal developher China, jadi wajar kata-kata tersebut miHoYo sensor.

Karena miHoYo harus menaati peraturan yang telah pemerintah China tetapkan. Ia juga menambahkan, apapun yang dapat merusak atau mengancam kedaulatan China harus disingkirkan. Termasuk dalam chat-in game dan langkah miHoYo mensensor kata ‘Taiwan’, ‘Tiber’ dan ‘Hongkong’ adalah langkah yang tepat.

JANGAN LEWATKAN •
Game Open-World RPG "Genshin Impact" Closed Beta Dimulai 19 Maret

Kemungkinan besar, analisis dari Daniel Ahmad ada benarnya. miHoYo melakukan hal tersebut demi menjaga agar game-nya tidak digunakan oleh sebagian orang untuk menyalurkan aspirasi politiknya. Mengingat dua kata-kata yang miHoYo sensor merupakan topik yang sensitif dan dapat mengancam kedaulatan dari daratan China sendiri.

Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Jangan lupa komen ya.