Seagate Rencanakan Buat Hard Drive 120 TB di Masa Depan

in ,
Seagate 120 Tb
Seagate Hard Drive | Seagate

Seiring dengan berkembangnya zaman, pastinya teknologi juga ikut berkembang. Termasuk juga PC dan perangkat game konsol. Untuk kedua platform tersebut pastinya sangat terikat dengan yang namanya ruang penyimpanan. Nah, baru-baru ini Seagate mengungkapkan rencana di masa depan akan buat Hard Drive dengan kapasitas 120 TB.

Sebenarnya, gimana berita selengkapnya mengenai hal ini? Yuk simak artikel ini agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

Seageate Ingin Buat Hard Drive 120 TB di Masa Depan

Pc Gaming
Pc Gaming | Pinterest

Seagate merupakan salah satu pabrikan terkenal yang telah membuat banyak HDD dan SSD untuk berbagai perangkat baik itu PC maupun konsol game. Mereka belum lama ini merilis sebuah pertanyaan bahwa mereka akan membuat sebuah Hard Drive dengan kapasitas 100 TB untuk dekade ini.

Kemudian pada tahun 2030, Seagate juga telah menyiapkan rencana untuk membuat Hard Drive yang mempunyai ruang penyimpanan hingga 120 TB. Sebagai perbandingan, HDD terbesar untuk saat ini berukuran 18TB dan harganya sekitar US$400 atau sekitar Rp5,7 juta.

Informasi ini menegaskan bahwa kebutuhan orang-orang akan kartu penyimpanan HDD dalam jumlah besar sangat tinggi. Apalagi ukuran sebagian game besar saat ini terutama dengan titel triple A yang ukurannya sudah lebih dari 100GB. Sehingga memang HDD dalam ukuran besar akan sangat dibutuhkan di masa depan.

Pengembangan Teknologi Baru Untuk Penyimpanan

Seagate
Seagate

Dalam hal ini juga Seagate mengatakan bahwa perealisasian Hard Drive 120 TB ini sangat tergantung pada kemajuan teknologi penyimpanan baru yang saat ini mereka kembangkan. Teknologi penyimpanan baru tersebut bernama HAMR. Dengan teknologi yang disebut sebagai teknologi magnet, memungkinkan bit data pada hard drive disk dikemas lebih rapat namun tetap stabil secara magnetis.

Jeff Fochtman, Wakil Presiden Senior Seagate, mengatakan bahwa teknologi penyimpanan yang lama yaitu teknologi Perekaman Magnetik Tegak Lurus atau (PMR) kini telah mencapai penggunaan maksimalnya. Teknologi tersebut hanya mampu meningkatkan ruang penyimpanan satu ke dua TB pada satu waktu.

Tetapi dengan teknologi HAMR, ruang penyimpanan HDD dapat meningkat lima kali lipat lebih cepat dari pada teknologi PMR. Dengan kata lain, ada sekitar peningkatan 10TB dalam satu waktu.

Nah, gimana pendapatmu mengenai hal ini? Jangan lupa komen di bawah ya dan kunjungi terus Dafunda atau instal aplikasinya di Play Store untuk terus mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia Game, Anime, Film, dan Pop Culture.

Tinggalkan Balasan

Avatar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.