Ya namanya aja data skripsi itu memang ada saja alasan untuk menghilang mendadak disaat kita membutuhkan nya. Bisa disebabkan komputer error lah, Flashdisk hilang lah, akun dropbox lupa password lah. Nah buat Kamu yang sedang nyusun skripsi harus bingung nanti data skripsi hilang, sebaiknya Kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut agar data skripsi Kamu tidak bakal hilang. Dan Kamu tidak bakal pusing tujuh keliling jika sempat datanya hilang karena sudah melakukan back up.

Cara Simpan Data Skripsi Supaya Tidak Hilang

1Simpanlah Seluruh Data Lebih Dari Satu Tempat

Kamu bisa melakukan cara yang pertama ini yaitu menyimpan data si berbagai tempat. Mulai di komputer orang tua, pacar, adik/kakak, flashdisk sekeluarga, flashdisk sahabat dekat, kirim ke email sahabat atau teman dekatmu, simpan di Google Drive, masukin di akun dropbox, dan jangan lupa simpan di 4shared. Jangan pernah meremehkan data skripsi, mereka bisa hilang tiba-tiba dengan berbagai cara. Jadi semua bisa Kamu atasi dengan cara yang sudah DafundaGokil sebutkan diatas. Ini serius loh, Oh iya jangan lupa juga simpan di HP Kamu juga, bisa buat tempat penyimpanan juga kan? Jangan abaikan itu.

JANGAN LEWATKAN
9 Aplikasi Untuk Menjaga Kesehatan Mata Terhadap Layar Komputer Atau Gadget

2Simpan Dengan Cara Menulis Di Google Doc

Jika Kamu menulis di Google Doc, tentu nantinya tidak mengalami kesusahan ketika listrik mendadak mati. Karena secara otomatis semua data yang sudah Kamu tulis akan tersimpan di jaringan Google milik Kamu. Ya, menggunakan cara ini memang membutuhkan jaringan internet/koneksi internet. Tapi kan Kamu tidak panik jika sewaktu-waktu listrik padam tanpa memberikan aba-aba. Karena bisa jadi jika seluruh dokumen belum ter-recover disaat laptop/PC padam, kan berabeh urusannya.

3Lakukan Print Setiap Ada Revisi

Revisi jangan hanya digarap aja, tapi jangan lupa di print. Misalkan semua data diatas sudah Kamu kerjakan, namun file nya sempat juga hilang. Dengan adanya hasil print, Kamu bisa memperlihatkan bukti nyata nya. Jadi gak perlu harus mengetik semua lagi, kalau sempat disuruh mendadak untuk revisi lagi lagi, dan lagi.

JANGAN LEWATKAN
Gara-gara Jempol Mantap Jiwa! Bocah ini Jadi artis dadakan di Sosial Media

Itulah yang perlu Kamu antisipasi supaya tidak terjadi kehilangan data skripsi. Kamu bisa melakukan cara diatas buat jaga-jaga. Kita seperjuangan, admin DafundaGokil juga pernah kejadian ‘hilang data’ saat menyusun laporan. Kalau kamu punya cara lain tersendiri untuk menyimpan data yang sering hilang namun membekas dihati seperti mantan. Jangan lupa di share melalui kolom komentar dibawah ya. 😀

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...