Apakah Kamu sering merasakan bahwa perjalanan pulang terasa lebih cepat, padahal jarak yang ditempuh saat pergi itu sama ? nyatanya hal tersebut cukup wajar, karena para peniliti sudah lama mengamati fenomena ini dan mereka menyebutnya dengan sebutan “Return Trip Effect“. Dengan demikian sebagian orang bertanya kenapa perjalanan pulang lebih cepat dibandingkan saat pergi ?

waktu perjalanan

Walaupun terasa cepat perjalanan pulang faktanya tidak benar-benar lebih cepat  dari pada perjalanan pergi, faktanya itu semua karena hanya ada didalam otak kita. Saat dalam perjalanan pergi, otak kita cenderung lebih fokus untuk mencerna rute dan objek yang kita temui sepanjang jalan.

waktu perjalanan

Ketika otak kita sedang fokus, persepsi otak kita terhadap waktu juga akan terasa lebih lama. Hal ini juga sering dijumpai oleh para murid SMA otak nya yang jago fokus pada pelajaran matematika di ruang kelas yang merasa, kenapa waktu seperti terhenti dan tak jalan-jalan ?

JANGAN LEWATKAN
Kenapa 1 Menit Itu 60 Detik, Bukan 100 Detik ? Ini Sejarahnya !!

waktu perjalanan

Sedangkan saat pulang jika kita melewati jalan yang sama, maka otak kita sudah lebih familiar dan tak perlu lagi bekerja keras untuk fokus, sehingga persepsi otak kita terhadap waktu juga akan terasa jadi lebih cepat.

Oleh karena itu, sebuah penilitian di Isnlandia Baru menemukan bahwa fenomena ini lebih sering terjadi ketika kita berpergian ke tempat baru yang belum kita kenal, karena otak kita mencoba lebih fokus, sedangkan jika dengan tempat yang sudah kita kenal atau sering kita lalui setiap hari, maka fenomena ini lebih jarang terjadi.

waktu perjalanan

Sedangkan ada pendapat lain mengatakan fenomena ini terjadi, karena saat kita pergi kita memiliki ekspektasi waktu untuk tiba. Sedangkan nyatanya saat perjalanan pergi sering kali kita menemui banyak hal yang membuat kita khawatir, sehingga membuat kita terus mengecek target waktu kita dan membuat efek psikologis, bahwa perjalanan terasa lebih panjang.

JANGAN LEWATKAN
Kenapa Dalam 1 Tahun 12 Bulan, Bukan 20 Bulan ? Ini Jawaban nya !

Sedangkan disaat perjalanan menuju pulang, perjalanan terasa lebih pendek karena kita sering kali tidak terbebani oleh ekspektasi waktu kita untuk tiba.

Jadi semoga artikel ini membuat kamu tidak hanya memahami waktu perjalanan, tetapi juga mengingatkan Kamu untuk selalu menikmati perjalanan Kamu setiap harinya. Namun sekarang Kamu sudah tahu alasan kenapa perjalanan pulang lebih cepat dibandingkan saat pergi ? Jawabanya lebih kurang seperti yang sudah diuraikan diatas.

Ingat, jangan lupa dibagikan ya ? jika memang ada waktu luang, silahkan untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini, terimakasih 😀

SOURCEKok Bisa
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    Iya, ane juga baru tahu gan 😀

  • hanuf

    baru tau yaaa ? hehe sama :v

  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    hanuf tu siapa :v

  • hanuf

    Muhammad Hanif

  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    tau aku broh -_- bsa ubah nama hai