5 Kematian Tragis di Kisah Komik Batman

in , ,
Kematian Tragis Komik Batman
The Mary Sue

Rasanya yang namanya kematian tragis, tidak bisa lepas dari kisah komik Batman. Dengan kealamiahan tone grounded nan kelam yang diusung kisah dan karakternya, gak heran apabila dikatakan demikian.

Dan sekali lagi, sudah banyak contoh kematian tragis yang terjadi di kisah komik Batman sejauh ini. Namun dari semua kematian tragis yang ada, berikut adalah yang benar-benar tragis dan memorable hingga detik ini.

5. Stephanie Brown

Spoilerdies
Kematian Robin | DC Comics

Kematian tragis komik Batman yang pertama adalah sosok yang pernah menjadi Robin ini. Brown bisa menjadi Robin baru, karena ia berpacaran dengan Robin ketiga, Tim Drake.

Awalnya pun Batman gak mau Brown menjadi Robin nya. Namun karena ia ingat Tim dan melihat semangatnya untuk membantu, Batman akhirnya merestuinya.

JANGAN LEWATKAN •
Buruan Download, Epic Games Gratiskan 6 Game Batman Ini

Sayang durasi Brown menjadi Robin cuma sebentar. Setelah ia tidak menuruti perintah Batman, iapun dipecat dari posisinya ini. Namun Brown gak nyerah, ia masih terus memberantas kriminal di kota Gotham demi membuktikan ke Batman kalau dia worth it.

Namun pada akhirnya niatannya ini terhenti ketika Black Mask menangkapnya dan menyiksanya. Di Batman #633 karya Bill dan Kinsun Loh, Brown tewas ketika ia sedang berada di klinik Dr. Leslie Tompkins.

4. Damian Wayne

16426ec53a5812c69eb6ed2e56a2d611066214f8 Hq
Kematian Damian Wayne | DC Comics

Damian adalah anak Batman aka Bruce Wayne dengan Talia Al Ghul. Walau Damian dan ayahnya sering berkelahi karena perbedaan sifat keduanya yang tajam, namun keduanya memanglah saling sayang satu sama lainnya.

Damian sendiri bahkan pernah dan cukup lama menjadi Robin membantu sang ayah. Namun, Batman Incorporated #8 karya Grant Morrison, Damian tewas setelah dibunuh kloning yang diperintahkan oleh ibundanya sendiri. Tak ayal, Batman pun sedih banget.

JANGAN LEWATKAN •
Sebelum Mengundurkan Diri, Zack Snyder Sudah Berencana Membunuh Batman di DCEU

3. Sarah Essen

Joker Kills Sarah Essen
Kematian Sarah Essen | DC Comics

Essen adalah anggota Gotham City Police Department (GCPD) yang juga, menjadi istri kedua dari komisaris polisi, Jim Gordon.

Di seluruh kisah Batman (termasuk adaptasi seri Gotham), Essen gak dipungkiri adalah sosok yang vital banget. Essen pokoknya adalah sosok yang penting dan disegani banget.

Namun sayangnya, tidak demikian di mata Joker. Karena ya Joker memang gak takut sama siapapun (baca: orang gila). Alhasil, gak heran jika ia kemudian membunuh Essen di Detective Comics #741.

Dan proses pembunuhannya pun gila nan gokil banget. Jadi Joker yang bersama Essen berada di dalam ruang penuh bayi, tiba-tiba melempar seorang bayinya. Joker pun memberikan pilihan ke Essen apakah ia akan menyelamatkan bayinya atau memilih Joker.

Tentunya Essen memilih menyelamatkan si bayi. Bayi selamat, tapi setelah itu Joker tetap saja membunuhnya. Gila sih memang sosok villain ini?

JANGAN LEWATKAN •
5 Fakta Keren Dari Detective Comics #27

2. Alfred Pennyworth

Batman 77 Bane Kills Alfred
Kematian Alfred | DC Comics

To be fair, pengasuh tercinta Batman ini di komiknya sudah beberapa kali tewas juga. Namun kematiannya di Batman Vol. 3 #77 tahun 2019 lalu, gak dipungkiri adalah kematian terkelamnya.

Tidak hanya Alfred tewas karena lehernya dipatahkan Bane, namun juga hingga sekarang, Alfred belum dihidup-hidupkan lagi. Hmm, apakah memang Alfred benar-benar sudah dihentikan kemunculannya? Mari kita tunggu dan lihat saja lagi nanti.

1. Jason Todd

kematian tragis komik batman
Kematian Jason Todd | DC Comics

Yap kematian tragis di komik Batman mana lagi yang paling ikonik selain kematian Todd ini?

Dibunuh oleh Joker degan memukulkan linggis berkali-kali ke badannya, Todd langsung tewas saat Batman baru tiba di TKP. Gara-gara ini, Batman pun kerap dirundung penyesalan yang amat sangat. Namun gak lama kemudian, terungkap kalau Todd masih hidup dan kini, menggunakan identitas Red Hood.

Dari 5 kematian tragis komik Batman ini, yang manakah membuatmu benar-benar sedih banget ketika dulu mengetahuinya?