3 Karakter Ikonik Batman Yang Tidak Debut di Komik

in , ,
Karakter Batman Tidak Debut di Komik
Harley Quinn | YouTube / IGN

Berikut adalah 3 karakter Ikonik Batman yang tidak melakukan debut di komik.

Gak dipungkiri bahwa hampir seluruh karakter komik Batman, melakukan debutnya di komiknya. Tentunya hal ini masuk akal. Karena ya karakter Batman, awalnya dari komik.

Akan tetapi, nyatanya banyak juga karakter-karakter ikonik Batman yang justru melakukan debut perdananya di luar media ini. Dan berikut adalah 3 karakter ikonik Batman yang tidak melakukan debut nya di komik tersebut.

3. Terry McGininnis

McGinnis adalah sosok Batman tahun 2039 (wah 19 tahun dari sekarang dong nih). Ia ditunjuk oleh Bruce Wayne yang kini sudah tua renta. Bruce tentunya sudah pensiun sebagai Batman.

Nah semua kisah ini terjadi pertama kali di seri animasi Batman Beyond (1999). Walau serinya sampai tahun 2001, namun karakter dan serinya ini sukses menjadi cult classic.

Dengan kesuksesan yang didapat, terang saja jika kemudian ia ditampilkan dan di-retcon kan ke komiknya. Dan debut komiknya, adalah Batman Beyond#1 yang diterbitkan di bulan Maret 1999.

JANGAN LEWATKAN •
Christopher Nolan Bangga Jadi Bagian dari Ledger Heath Joker di The Dark Knight

2. Renee Montoya

Ya detektif polisi wanita ini ternyata bukanlahkarakter orisinil komik. Melainkan, ia adalah karakter yang pertama kali tampil di seri animasi Batman hit, Batman: The Animated Series (1992).

Dan semenjak debutnya, karakternya pun dikembangkan lebih jauh lagi. Sukses, iapun langsung diangkat sebagai karakter komik dan melakukan debutnya di Batman #475 (1992).

Tak disangka resepsi pembaca sangat positif ke dirinya. Alhasil iapun menjadi salah satu karakter pendukung favorit DC sepanjang masa. Iterasi teranyarnya, adalah di film Birds of Prey (2020) yang diperankan Rosie Perez.

1. Harley Quinn

Yap karakter ikonik Batman yang tidak debut di komik yang pastinya banyak dari kamu yang sudah dengar atau bahkan tahu, adalah si pacar Joker ini.

Bahkan dari semua karakter Batman atau DC sekalipun, adalah Harley Quinn yang merupakan karakter super ngetop, yang awalnya justru gak debut di komik. Dan tak dipungkiri hal ini sangatlah keren banget.

JANGAN LEWATKAN •
Joker Ungkap Identitas Asli Bat-Family

Seperti Renee Montoya, Quinn juga pertama kali debut di seri animasi Batman: The Animated Series. Dan ketika debut dengan menggunakan kostum jester merah hitam nya itu, Quinn langsung disukai banget baik oleh fans serinya maupun fans murni komik DC / Batman.

Tak heran. Selain penampilannya yang sangat eye-catchy, personality Quinn sangatlah kompleks, tragis, namun tentunya, sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Belum lagi Tara Strong sangat pas dalam menyuarakannya.

Alhasil sekali lagi, gak heran jika karakter ini kemudian auto populer ketika akhirnya ditampilkan juga di komik dan tentunya oleh Margot Robbi di adaptasi live-action DCEU nya.

Nah itulah tadi 3 karakter ikonik Batman yang tidak melakukan debut di komik. Bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?