Shazam Vs Superman, Siapa Yang Lebih Kuat?

Superman Vs Shazam Dc

Shazam atau superhero yang dulu dikenal sebagai Captain Marvel akan segera membuat debut film layar lebarnya sendiri. Kali ini penonton dan penggemar akan mengagumi prestasi superhero yang pernah lebih populer di kalangan pembaca buku komik pada tahun 1940-an daripada Superman.

Tidak hanya itu, Shazam benar-benar mengalahkan Superman untuk film live-action. The Adventures of Captain Marvel memulai debutnya sebagai film seri penuh tujuh tahun sebelum Superman mendapatkan film seri sendiri pada tahun 1948.

Sementara persaingan antara Superman dan Shazam terus berlanjut, penggemar juga bertanya-tanya siapa yang paling kuat diantara mereka?.

Jadi kali ini Dafunda Komik akan membandingkan siapa yang lebih kuat antara Shazam vs Superman berdasarkan fakta yang ada dalam komik.

(CATATAN: Kami akan menggunakan nama “Shazam” dan “Captain Marvel” secara bergantian dalam artikel ini)

Shazam vs Superman

Kemunculan Komik Pertama Superman

Alasan utama mengapa ada kebingungan tentang bagaimana Superman dan Shazam dibandingkan satu sama lain adalah karena Shazam cukup jelas diciptakan sebagai versi Superman milik Fawcett Comics sendiri.

Superman telah memulai debutnya pada awal 1938 di Action Comics # 1 dan karakter itu langsung menjadi fenomena budaya baru. Pada awal 1940, Superman sangat terkenal sehingga dia sudah memiliki strip komik nasional dan program radio nasional. Penjualan buku komikpun meroket.

Action Comic #1
Action Comics No.1

Tentu saja, perusahaan lain menginginkan popularitas yang baru ditemukan ini sehingga sejumlah penerbit buku komik baru mencoba membuat versi Superman mereka sendiri.

Kemunculan Komik Pertama Shazam

Fawcett Publications, Inc. adalah penerbit fiksi pulp populer yang mengikuti perusahaan lain dengan juga menambahkan divisi buku komik ke dalam bisnis mereka. Fawcett Comics meluncurkan versi Superman mereka sendiri dengan nama Masterman dalam Master Comics # 1.

Master Comic

Penerbit Action Comics (saat itu disebut Detective Comics, Inc.) mengancam akan menuntut dan Fawcett mundur. Namun, kemudian pada tahun 1939, Fawcett mencoba lagi dengan Captain Marvel di Whiz Comics # 2 (oleh Bill Parker dan C.C. Beck).

Whiz Comics

Jangan salah, Captain Marvel sangat berbeda dari Superman dalam banyak hal. Salah satu yang paling menonjol yaitu Captain Marvel adalah seorang anak laki-laki yang mendapatkan kekuatan dengan mengucapkan kata ajaib, Shazam. Maksud awalnya adalah untuk membuat versi Superman milik Fawcett sendiri.

Captain Marvel
Whiz Comics Shazam

Namun, apa artinya bagi Shazam untuk memiliki “Kekuatan Hercules”? Karena Superman dan Shazam diterbitkan oleh berbagai perusahaan buku komik, mereka tidak pernah memiliki kesempatan untuk membandingkan bagaimana “kekuatan Hercules” dibandingkan dengan kekuatan Krypton yang diturunkan oleh Superman.

Apakah Shazam, Manusia Terkuat lebih perkasa daripada seorang Krypton?

National Comics (DC)

Namun, banyak hal berubah setelah National Comics (sekarang DC) memenangkan gugatan mereka terhadap Fawcett dengan tuduhan pelanggaran hak cipta atas Shazam.

Fawcett baru saja menghapus garis komik superhero mereka sepenuhnya (menarik penjualan) dan setuju untuk berhenti menerbitkan Shazam.

Dua puluh tahun kemudian, DC kemudian melisensi karakter dari Fawcett untuk seri Shazam baru yang sedang berlangsung. Sementara Superman dan Shazam tidak bertemu dalam buku komik itu sendiri, mereka pernah berada di sampul yang sama.

Shazam!

Beberapa tahun kemudian pada tahun 1976, kedua superhero itu pertama kali bertemu secara nyata dalam sebuah peristiwa crossover antara Earth-1 ( Bumi utama DC) dan Bumi Shazam di halaman Justice League of America # 134-137.

Namun di Justice League of America # 137 (oleh Martin Pasko, E. Nelson Bridwell, Dick Dillin dan Frank McLaughlin), Pasko secara cerdik menghindari pertarungan yang sebenarnya antara Shazam dan Superman yang marah dengan Kryptonite Merah dengan membuat Shazam berubah menjadi Billy Batson.

Crossover Shazam Superman
Justice League Of America

Pertarungan Pertama Superman vs Shazam

Namun, tak lama setelah itu Gerry Conway memberikan apa yang diinginkan para penggemar di All-New Collectors Edition # 58 tahun 1978.

Conway, Rich Buckler dan Giordano mengungkapkan pertarungan langsung pertama antara Superman dan Shazam. Superman berhasil mengalahkan Shazam dalam edisi ini.

Superman Vs Shazam
Shazam Vs Superman

Akan tetapi kemudian Wizard mencatat bahwa karena pertarungan itu ada di alam semesta Superman, Shazam tidak bertarung dengan kekuatan penuhnya. Tentu akan ada kemenangan yang lebih pasti antara keduanya.

Superman Vs Shazam!

Pertarungan Kedua Shazam vs Sperman

Pada tahun 1984 All-Star Squadron # 36 (oleh Roy Thomas, Rich Buckler dan Richard Howell), Shazam jatuh di bawah kendali Nazi dan dipaksa untuk melawan Superman dan anggota Justice Society of America.

Sekarang ini adalah Earth-2 Superman, tetapi ia memiliki semua kekuatan dan kelemahan yang sama dengan Earth-1 Superman. Jadi ini masih dianggap sebagai pertempuran yang adil antara Shazam dan versi “utama” dari Superman. Disini Shazam yang mengalahkannya dengan cukup baik.

Superman Vs Shazam Komik
Shazam Vs Superman Komik
Shazam Kalahkan Superman

Superman melakukan sedikit lebih baik dalam pertandingan ulang di edisi berikutnya. Akan tetapi pertarungan terhenti ketika mereka menyelamatkan Shazam dari cuci otaknya.

Pertarungan Ketiga Shazam vs Superman

Di Kingdom Come # 4 (oleh Mark Waid dan Alex Ross), sekali lagi Superman harus bertarung dengan Shazam yang dicuci otak. Kali ini Shazam melempari Superman dengan kilat ajaib yang muncul ketika Shazam berubah menjadi Billy Batson dan kembali menjadi Captain Marvel.

Shazam Vs Superman Nazi
Shazam Vs Superman Dc
Shazam Vs Superman Dc Comics

Namun, Superman memenangkan pertarungan ketika dia meraih tenggorokan Billy Batson sebelum dia bisa berubah lagi.

Superman Vs Shazam! Komik

Siapa yang Menang?

Secara umum, kita berbicara tentang pertarungan dari dua pahlawan yang bertarung dalam beberapa dekade terakir. Namun pertarungan tersebut berhenti sebelum mereka dapat menentukan pemenang.

Bahkan ada bagian di mana mereka gulat lengan dan tidak ada pemenangnya. Mereka terlalu seimbang, tampaknya pertanyaan tentang siapa yang lebih kuat antara Shazam dan Superman sulit dijawab.

Fakta yang ada adalah Superman memiliki kelemahan khusus pada sihir. Dengan demikian, jika dia menghadapi seseorang dengan kekuatan sihir, dia akan berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

Seperti yang pernah Shazam lakukan, dia memukul Superman dengan pukulan sihirnya dan membuat Superman pingsan.

Shazam Kalahkan Superman Komik

Sisi lain adalah bahwa Superman tidak memiliki masalah khusus dengan sihir. Dia hanya tidak memiliki kekebalan terhadapnya. Jadi sihir memengaruhinya sama seperti sihir akan memengaruhi orang lain, tetapi tidak lebih dari itu.

Mereka benar-benar tampak cukup setara. Akan tetapi karena harus ada pemenangnya, maka kami lebih memilih Shazam sebagai juaranya. Superman mungkin bisa dengan cepat menahan Billy mengucapkan kata Shazam agar tidak berubah.

Namun jika kata Shazam telah diucapkan dan dengan kekuatan sihir dari penyihir kuno, maka Superman akan kesulitan melawan sihir Shazam yang merupakan salah satu kelemahan Superman.

5/5 (1 Review)

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Years Of Membership
Content Author

Ayo mulai berdiksusi