AnimasiMovieMovie List

6 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Para Avatar, Termasuk Aang

Dalam artikel sebelumnya, kami pernah menyinggung mengenai apa saja tugas seorang Avatar dalam series The Last Airbender. Jadi dengan kata lain, seorang Avatar layaknya hakim besar yang mendapat tugas menjaga keseimbangan dunianya. Baik dunia manusia maupun dunia roh.

Tapi karena Avatar tetaplah manusia biasa, mereka tidak luput dari dosa dan kesalahan. Yang sayangnya, reinkarnasinya lah yang menanggung dan harus mengatasi kesalahan yang telah mereka buat.

Dari 6 Avatar yang telah kita ketahui (termasuk Aang dan Korra), inilah dosa dan kesalahan yang diperbuat oleh para Avatar. Beberapa kesalahan mereka sangalah fatal hingga mengancam keseimbangan dunia. Apa saja? Berikut ini langsung kita mulai pembahasannya.

Oh, ya. Kami tidak akan memasukkan Avatar Szeto dalam daftar ini karena masih banyak yang belum kita ketahui mengenai karakter tersebut.

Kesalahan Yang Dilakukan Para Avatar

1. Avatar Yangchen (Terlalu Berpihak Kepada Manusia)

Avatar Yangchen
Yangchen | Nickelodeon

Sudah merupakan tugas seorang Avatar menjaga dua dunia ini agar tetap hidup dengan damai. Namun, Yangchen sebagai Avatar pendahulu suku Udara sebelum Aang memiliki kesalahan yang membuat Kuruk sebagai reinkarnasinya mati muda.

Dalam novel Kyoshi, Kyoshi membeberkan fakta menarik mengenai Yangchen yang terlalu berpihak kepada manusia. Sehingga keseimbangan dunia roh menjadi sedikit tergoncang. Walau begitu, Yangchen berhasil menjaga perdamaian dunia manusia sebelum Kuruk melanjutkan tugasnya sebagai Avatar selanjutnya.

2. Kuruk (Tidak Berhasil Menjaga Perdamaian Dunia Manusia)

Kuruk Nickelodeon
Avatar Kuruk | Nickelodeon

Kuruk ini berada di situasi yang membuat segala keputusannya menjadi serba salah. Karena kesalahan Yangchen lakukan terhadap dunia roh, Kuruk harus menjadi orang yang berusaha mengembalikannya ke keadaan semula.

Namun, dia lupa jika dunia manusia di Avatar sedang menuju ke arah peperangan. Karena Kuruk banyak melakukan perjalanan ke dunia roh, keadaan di dunia manusia menjadi tidak terkendali. Sudah begitu, dia harus mati pula di usia yang paling muda.

Sekali lagi, kisah mengenai Kuruk dan Yangchen dapat kalian baca di salah satu edisi komik Avatar Kyoshi.

3. Kyoshi (Pemicu Peperangan Dengan Dalih Perdamaian Dunia)

Avatar Kyoshi
Avatar Kyoshi memisahkan wilayah | Nickelodeon

Gejolak peperangan yang sudah tercium pada era Kuruk perlahan semakin terlihat pada era Kyoshi. Karena Kuruk sedikit lupa akan tugasnya di dunia manusia menyebabkan Kyoshi harus mengatasi kesalahannya itu.

Kyoshi ini Avatar yang begitu keras kepala (Ya memang karena dia berasal dari kerajaan bumi, sih). Alih-alih menjadi Avatar yang bijak, Kyoshi agaknya menjadi sosok Avatar yang begitu ditakuti orang-orang pada masa itu.

Walau perdamaian berhasil kembali di era Kyoshi, namun caranya tersebut tentu tidak baik. Terlebih, dia merupakan Avatar pertama yang membuat kerajaan bumi terpecah, yaitu dengan memisahkan sebagian wilayah yang kemudian menjadi Pulau Kyoshi.

4. Avatar Roku (Tidak Bisa Menghentikan Kegilaan Raja Api Sozin)

Sozin Dan Roku
Sozin dan Roku | Nickelodeon

Roku dan Sozin dulunya berkawan baik. Ya setidaknya hingga persahabatan mereka harus berakhir karena takdir. Roku menjadi penerus Avatar selanjutnya menggantikan Kyoshi, lalu Sozin menjadi Raja Api selanjutnya.

Sozin yang ingin memperluas negaranya mengambil langkah ekstrim untuk berperang melawan kerajaan Bumi. Roku yang tidak mengira sahabatnya akan benar-benar melakukan hal tersebut langsung menghentikan tindakannya sebelum terlambat.

Sayangnya, kebaikan Roku mengampuni nyawa Sozin tidak membuat ambisinya padam. Meski terpaksa menunda tujuannya itu, Sozin kembali melanjutkannya segera setelah ia meninggalkan Roku mati pada insiden letusan gunung di tempat tinggalnya.

5. Aang (Membiarkan Perang Terjadi Hingga 1 Abad Dan Mencuri Wilayah Kerajaan Bumi)

Avatar Aang
Avatar Aang | Nickelodeon

Sudahlah Roku tidak menghentikan Sozin, Aang pun malah kabur dan (tidak sengaja) bersembunyi hingga 100 tahun lamanya. Akibatnya, banyak hal yang benar-benar berubah selama Aang menghilang.

Negara Api hampir menguasai dunia. Tidak hanya itu saja, mereka punya pemimpin yang lebih ambisius dari Sozin. Ozai berencana membumihanguskan seluruh wilayah kerajaan bumi dan membuat dia menjadi pemimpin besar dengan gelar Raja Phoenix.

Tidak hanya itu saja, Aang bisa dibilang mencuri wilayah kerajaan bumi untuk menjadi wilayah baru. Wilayah baru itu kemudian menjadi kota metropolitan besar bernama Kota Republik pada masa Korra.

Hingga masa Korra, Kerajaan Bumi masih berpegang teguh jika Kota Republik masihlah wilayah mereka. Hal ini mengindikasikan jika tindakan Aang menjadi dendam yang turun ke generasi selanjutnya.

6. Avatar Korra (Membiarkan Portal Dunia Roh Terbuka Dan Memutus Komunikasi Dengan Pendahulunya)

Avatar Korra
Korra lumpuh | Nickelodeon

Pada masa Korra, dunia Avatar mempunyai banyak perubahan. Sebagian wilayah mengalami modernisasi. Sehingga tugasnya sempat dipertanyakan pada awalnya. Namun itu tidak lebih penting dari keputusan Korra membiarkan portal Dunia Roh terbuka setelah peristiwa Harmonic Convergience.

Selain itu, kecerobohannya yang lain adalah tidak sengaja memutus komunikasinya kepada Avatar pendahulunya. Pada saat pertarungan melawan Unalaq, ia berhasil membuat Korra tidak bisa berkomunikasi baik dengan Aang, Roku, dan avatar-avatar lainnya di masa mendatang.

Hal tersebut mengakibatkan Avatar selanjutnya hanya bisa berkomunikasi dengan Korra. Yang mendapat gelar sebagai Avatar terburuk di Internet.


Nah, itulah tadi berbagai kesalahan-kesalahan yang diperbuat oleh para Avatar semasa tugasnya. Bagaimana pendapat kalian tentang kesalahan para avatar tersebut? Komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.