5 Fakta San Diego Comic-Con Yang Fanboy Wajib Ketahui

in , ,
Fakta san diego comic-con
San Diego Comic-Con International | SkyeGrid Media

Berikut adalah 5 fakta San Diego Comic-Con yang fanboy wajib ketahui.

Walau event San Diego Comic-Con adalah event dari Amerika Serikat, namun event ini gak memungkiri merupakan salah satu event wajib yang harus ditandangi oleh seluruh geek / nerd di seluruh dunia.

Namun seperti kita ketahui, gara-gara pandemi COVID-19 yang melanda, event San Diego Comic-Con sedang berhenti dulu sementara waktu. Dan tentunya besar banget harapan kita agar event nya ini bisa segera dimulai lagi.

Nah sembari menunggu hari itu datang lagi, yuk mari kita simak lagi dulu 5 fakta San Diego Comic-Con yang sebagai fanboy wajib kita ketahui.

1. Shel Dorf

fakta comic-con
ShelDorftribute

Fakta San Diego Comic-Con yang wajib kita ketahui pertama, adalah nama dan sosok Shel Dorf ini.

JANGAN LEWATKAN •
Disney Mulai Event SDCC dengan We Love You 3000 Tour!

Siapakah itu Shel Dorf? Shel Dorf gak lain adalah otak dibalik lahirnya event ini. Motivasi Dorf untuk menciptakan event ini adalah untuk memuaskan seluruh nerd di daerah California Selatan. Alhasil, iapun mengadakan kovensi buku komik pertamanya.

Yap benar sekali guys. Jauh sebelum menjadi mega konvensi nerd seperti sekarang, SDCC adalah konvensi buku komik. Nah dengan motivasi ini dan dibantu oleh pemilik toko buku komik Richard Alf dan publisher komik Ken Krueger, sekali lagi event inipun menjadi terlaksana.

2. Konvensi Besar Comic-Con Pertama

fakta comic-con
Sheldorftribute

Perhelatan Comic-Con pertama diadakan dari tanggal 1-3 Agustus 1970 dan berlokasi di lantai basement U.S. Grant Hotel, San Diego, California.

Kala itu event ini dinamakan Golden State Comic Book Convention. Perhelatan perdana ini kala itu hanya dihadiri 300 pengunjung. Walau demikian, untuk standar sebuah event geeky pertama, jumlah tersebut tergolong sukses.

JANGAN LEWATKAN •
Resident Evil 2 Remake Perlihatkan Kejutan di San Diego Comic-Con

Dan untuk meyakinkan banyak orang kalau event ini gak main-main, Comic-Con pertama langsung menghadirkan 3 figur geeky terkenal sebagai bintang tamunya yaitu: Jack Kirby, Ray Bradbury, dan juga penulis sci-fi top A.E. Van Vogt

3. Cosplay Baru Ada di Tahun 1974

Image 3
Entertainment Weekly

Saat ini, gak lengkap atau bahkan aneh banget rasanya jika konvensi Comic-Con gak ada cosplay-nya.

Tapi memang pada 3 tahun pertamanya, belum ada sama sekali konsep cosplay tersebut. Baru pada tahun 1974, konsep berdandan ala karakter nerd ini diperkenalkan. Dan konsep cosplay pertama ini bernama: Masqurade Ball.

4. Desainer Logo Mata

Sdccpanels Main
Paste Magazine

Salah satu aspek teknis yang terkenal nan ikonik dari event ini gak lain dan gak bukan, adalah logo mata bessrnya itu. Pokoknya kalau melihat logo matanya itu, langsung deh kita tahu itu adalah San Diego Comic-Con.

Kitapun lantas menjadi penasaran, siapakah sosok yang merancang / memiliki ide dari logo yang sangat “eye-catchy” ini? Ternyata sosok tersebut adalah seorang desainer grafis bernama Richard Bruning.

JANGAN LEWATKAN •
Tidak Hanya Muncul Serial TV WandaVision, Scarlet Witch Juga Hadir di Doctor Strange Multiverse of Madness

Tapi Bruning gak sendirian ketika mengkonsepkan dan merancang logonya ini. Pasalnya, ia juga dibantu oleh rekan sesama desainer grafis-nya yang bernama, Josh Beatman.

5. Awal Pindah Ke San Diego Convention Center

Ca Times.brightspotcdn.com
Los Angeles Times

Fakta San Diego Comic-Con yang mungkin belum kamu ketahui selanjutnya adalah terkait San Diego Convention Center yang menjadi “rumah tetap” konvensi ini dalam beberapa tahun belakangan Faktanya, San Diego Convention Center baru menjadi rumah pada tahun 1979.

Awal-awal SDCC, berlokasi di berbagai lokasi umum seperti: U.S. Grant Hotel, University of California, Sheraton Hotel, El Cortez Hotel dan bahkan Harbor Island.

Nah itulah tadi 5 tadi fakta San Diego Comic-Con yang wajib kamu ketahui. Kalau ada fakta yang belum tercantum disini, silahkan share ya guys!